Manfaat Balance Scorecard
Bisnis & Industri

7 Manfaat Balance Scorecard bagi Perusahaan

Manfaat Balance Scorecard – Dalam dunia bisnis yang kompetitif, perusahaan harus memiliki strategi yang jelas dan terukur untuk mencapai kesuksesan. Salah satu alat yang telah terbukti efektif dalam membantu perusahaan mencapai tujuan mereka adalah Balance Scorecard (BSC). BSC tidak hanya memberikan gambaran menyeluruh tentang kinerja perusahaan dalam berbagai aspek, tetapi juga membantu dalam merencanakan strategi, meningkatkan komunikasi, dan memastikan keselarasan antara tujuan dan tindakan perusahaan.

Pengenalan tentang Balance Scorecard (BSC)

BSC merupakan alat manajemen strategis yang digunakan untuk mengukur dan memantau kinerja perusahaan dalam mencapai tujuan-tujuan strategis mereka. Berbeda dengan pendekatan yang hanya memperhatikan aspek keuangan, BSC juga mempertimbangkan aspek-aspek lain yang krusial bagi keberhasilan jangka panjang perusahaan, seperti pelanggan, proses internal, dan pembelajaran serta pertumbuhan.

Manfaat Balance Scorecard bagi Perusahaan

Mari kita mulai dengan merinci manfaat utama dari penerapan BSC di perusahaan.

1. Perencanaan Strategi yang Lebih Baik

Salah satu manfaat utama dari penggunaan BSC adalah kemampuannya untuk membantu perusahaan dalam merencanakan strategi yang lebih baik dan terstruktur. Dengan BSC, perusahaan dapat merancang kerangka kerja yang kuat untuk membangun dan mengkomunikasikan strategi mereka. Ini membantu manajer dalam memahami hubungan sebab-akibat antara berbagai tujuan strategis, sehingga rencana bisnis dapat disusun dengan lebih terstruktur dan berkesinambungan.

2. Peningkatan Strategi Komunikasi

BSC juga berperan penting dalam meningkatkan strategi komunikasi di dalam perusahaan. Dengan adanya BSC, alur komunikasi antar departemen atau divisi dalam perusahaan menjadi lebih lancar dan terkoordinasi. Hal ini tidak hanya meningkatkan efisiensi dalam pelaksanaan strategi, tetapi juga membantu dalam menyampaikan pesan-pesan strategis secara lebih jelas dan efektif kepada seluruh karyawan dan stakeholder perusahaan.

3. Kesesuaian antara Proyek dan Rencana

BSC memungkinkan perusahaan untuk memetakan semua proyek dan rencana bisnis yang mereka miliki, kemudian menyesuaikannya dengan tujuan perusahaan secara keseluruhan. Dengan demikian, BSC membantu dalam memastikan bahwa semua kegiatan dan proyek yang dilakukan oleh perusahaan sesuai dengan visi dan tujuan bisnis yang telah ditetapkan sebelumnya.

4. Penyampaian Informasi Lebih Jelas

Informasi yang disajikan melalui BSC cenderung lebih jelas dan terfokus pada aspek-aspek yang benar-benar dibutuhkan oleh perusahaan. Dengan adanya Key Performance Indicators (KPIs) yang terukur dan termonitor secara teratur, perusahaan dapat menilai kinerja mereka dengan lebih baik dan membuat keputusan yang lebih tepat waktu.

5. Laporan Performa yang Lebih Baik

BSC juga membantu perusahaan dalam menyusun laporan performa yang lebih baik dan lebih terperinci. Laporan-laporan ini mencakup evaluasi kinerja perusahaan dan anggota di dalamnya, serta membantu dalam pemantauan dan pemantauan performa perusahaan secara keseluruhan. Dengan demikian, BSC memungkinkan perusahaan untuk meminimalkan kesalahan dan memaksimalkan efisiensi dalam proses bisnis mereka.

6. Keselarasan Struktur Organisasi

Struktur organisasi yang jelas dan terkoordinasi adalah kunci keberhasilan perusahaan dalam mencapai tujuan strategis mereka. BSC membantu dalam memastikan keselarasan antara struktur organisasi perusahaan dan tujuan strategis perusahaan. Dengan demikian, BSC memastikan bahwa setiap anggota organisasi memiliki pemahaman yang sama tentang tujuan bisnis perusahaan dan bagaimana mereka dapat berkontribusi pada pencapaian tujuan tersebut.

7. Keselarasan Proses Bisnis

Terakhir, BSC membantu dalam mengarahkan dan mengkoordinasikan semua proses bisnis perusahaan agar sesuai dengan tujuan dan strategi yang telah ditetapkan. Hal ini mencakup semua aspek bisnis, mulai dari produksi, distribusi, pemasaran, hingga keuangan. Dengan demikian, BSC memastikan bahwa semua kegiatan bisnis perusahaan berkontribusi pada pencapaian tujuan perusahaan secara keseluruhan.

Demikianlah ulasan tentang manfaat Balance Scorecard (BSC), semoga dapat berguna.

Baca juga:

Referensi

  • Usman, A., Mediaty, M., Ansar, A. D. A., Utami, A. P., Nurafifah, I. P., & Nasution, N. (2022). Manfaat Pengimplementasian Balanced Scorecard: Sebuah Literatur. Economics and Digital Business Review3(2), 432-452.
  • Hadiansah, D., Ahmadi, E., Rahayu, Y. N., Tanjung, R., Dasmana, A., Kurniasih, N., … & Rachman, B. A. (2021). Membaca Perspektif Balanced Scorecard.
  • Koesomowidjojo, S. R. (2018). Balance scorecard. Raih Asa Sukses.
  • Alimudin, A. (2017). Analisis Pencapaian Strategi Menggunakan Balanced Scorecard. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis (JPEB)5(2), 194-205.
  • Pratiwi, U. (2016). Balanced scorecard dan manajemen strategik. Jurnal Manajemen dan Akuntansi11(2).
Bambang Niko Pasla

A seasoned writer in the fields of industry, business, and technology. Enjoys sports and traveling activities.