Customer Data Platform
Bisnis & Industri

Customer Data Platform (CDP): Manfaat, Jenis, dan Cara Kerja

Data pelanggan yang terkumpul dengan baik dan dikelola secara efektif dapat memberikan banyak manfaat, termasuk memahami pelanggan lebih baik, menyusun strategi pemasaran yang lebih efektif, dan meningkatkan pengalaman pelanggan secara keseluruhan. Salah satu alat yang dapat membantu bisnis dalam mengelola data pelanggan adalah Customer Data Platform (CDP).

CDP merupakan sebuah aplikasi yang menggabungkan data dari berbagai sumber, seperti situs web, aplikasi seluler, media sosial, dan sistem manajemen hubungan pelanggan (CRM), ke dalam satu database pelanggan terpusat. Database ini kemudian dapat disegmentasikan dalam berbagai cara untuk membuat kampanye pemasaran yang lebih dipersonalisasi dan efektif.

Apa Itu Customer Data Platform (CDP)?

Customer Data Platform (CDP) adalah platform yang diciptakan untuk mengumpulkan, mengelola, dan menganalisis data pelanggan dari berbagai sumber. CDP menggabungkan data pelanggan dari berbagai saluran seperti situs web, aplikasi seluler, media sosial, dan CRM.

CDP memungkinkan tim kamu untuk melihat dan mengelola data pelanggan dalam satu platform. Data ini digunakan untuk membuat profil pelanggan atau buyer persona, yang membantu dalam mempersonalisasi kampanye pemasaran dan memahami pasar dengan lebih baik.

CDP bekerja dengan menghubungkan ke sumber data, seperti profil media sosial dan catatan layanan pelanggan. Kemudian, data tersebut diverifikasi, digabungkan, dan diperbarui untuk membentuk buyer persona yang lengkap dan terbaru.

Dengan CDP, kamu dapat mengumpulkan informasi perilaku pelanggan di website bisnis, aplikasi seluler, dan saluran lainnya. Anda juga dapat melacak transaksi pelanggan, seperti pembelian dan pembatalan produk atau layanan. Selain itu, CDP memungkinkan kamu untuk mengumpulkan data demografis pelanggan, seperti nama, usia, dan alamat.

Dengan menggunakan CDP, kamu dapat memiliki pemahaman yang lebih baik tentang pelanggan dan mengambil langkah-langkah yang lebih tepat dalam mempersonalisasi pengalaman mereka dengan bisnis.

Manfaat Customer Data Platform (CDP) bagi Bisnis

Ada banyak manfaat lain yang bisa didapatkan bisnis kamu dengan menggunakan CDP:

1. Memahami Kebutuhan Pelanggan dengan Lebih Baik

Dengan menggunakan CDP, bisnis dapat mengumpulkan dan mengelola data pelanggan dari berbagai sumber, sehingga memungkinkan mereka untuk memahami kebutuhan dan preferensi pelanggan dengan lebih baik.

2. Menyusun Strategi Pemasaran yang Lebih Efektif

Dengan memiliki akses ke data pelanggan yang lebih akurat dan komprehensif, bisnis dapat menyusun strategi pemasaran yang lebih tepat sasaran dan efektif.

3. Meningkatkan Personalisasi dalam Pemasaran

CDP memungkinkan bisnis untuk melakukan personalisasi yang lebih baik dalam kampanye pemasaran mereka. Dengan memiliki profil pelanggan yang lebih lengkap, bisnis dapat membuat pesan dan penawaran yang lebih relevan dan menarik bagi pelanggan mereka.

4. Meningkatkan Pengalaman Pelanggan

Dengan menggunakan data pelanggan yang terkumpul melalui CDP, bisnis dapat meningkatkan pengalaman pelanggan mereka dengan menyediakan layanan dan produk yang lebih sesuai dengan kebutuhan dan preferensi pelanggan.

5. Meningkatkan Efisiensi dalam Pengelolaan Data

CDP membantu bisnis dalam mengelola data pelanggan dengan lebih efisien. Dengan memiliki satu platform yang menggabungkan data dari berbagai sumber, bisnis dapat menghemat waktu dan tenaga dalam mengelola data pelanggan.

Jenis-Jenis Customer Data Platform (CDP)

Ada beberapa jenis CDP yang dapat digunakan oleh bisnis, tergantung pada kebutuhan dan tujuan bisnis tersebut. Berikut adalah beberapa jenis CDP yang umum digunakan:

1. Analytics CDP

Jenis CDP ini menjadi kunci dalam mengungkap potensi data pelanggan. Analytics CDP fokus pada pemanfaatan data untuk analitik yang lebih menyeluruh, seperti mengidentifikasi tren, melakukan segmentasi pelanggan otomatis, dan pemodelan prediktif. Analisis ini membantu perusahaan membuat keputusan yang lebih cerdas dan responsif terhadap perubahan pasar.

2. Delivery CDP

Jenis CDP ini fokus pada pengiriman pesan yang dipersonalisasi kepada pelanggan. Hal ini membantu perusahaan mencapai tingkat interaksi yang lebih tinggi dan meningkatkan pengalaman pelanggan.

3. Data CDP

Merupakan fondasi dari jenis CDP lainnya, Data CDP mengumpulkan data pelanggan dari berbagai sumber. Tugas utamanya adalah mengkonsolidasikan data agar dapat diakses oleh berbagai departemen dalam perusahaan.

4. Campaign CDP

Jenis ini memahami bahwa setiap pelanggan memiliki perjalanan yang berbeda. Campaign CDP tidak hanya menganalisis segmen pasar, tetapi juga mengelola materi pemasaran dan pesan dengan pendekatan yang lebih personal. Hal ini memungkinkan perusahaan merancang kampanye pemasaran yang lebih efektif dan relevan bagi setiap pelanggan.

Cara Kerja Customer Data Platform (CDP)

Customer data platform bekerja dengan mengumpulkan data pihak pertama dan mencocokkan identitasnya dari berbagai sistem. Kemudian, CDP menyatukan data tersebut untuk membuat profil individu yang konsisten dan akurat. Platform ini juga memberikan komunikasi yang dipersonalisasi untuk berbagai saluran.

Untuk membuat profil pelanggan yang sempurna, CDP menggunakan baseline dan algoritma yang tepat. Profil yang dibuat kemudian dapat digunakan dalam berbagai proses dan sistem pemasaran, termasuk marketing automation, A/B testing, Customer Relationship Management (CRM), analitik, pembuatan dan personalisasi konten, serta penjangkauan media sosial. CDP terhubung dengan berbagai platform teknologi, sumber data, dan saluran melalui konektor, SDK, webhook, dan API bawaan. Mereka mengintegrasikan data dari berbagai sumber, seperti data profil, data interaksi real-time (data perilaku, data transaksional), data kampanye, data produk, data dukungan pelanggan, seluler, POS, pemasaran, perangkat, dan internet-of-things (IoT).

Platform data pelanggan mengintegrasikan data tersebut untuk membuat profil pelanggan terpadu. Proses integrasi ini disebut resolusi identitas atau penyatuan data, yang melibatkan algoritme canggih untuk menggabungkan pengidentifikasi dari berbagai sistem. Data divalidasi, dibersihkan, dan dihilangkan duplikasinya selama proses penyatuan, menciptakan tampilan pelanggan tunggal. Profil diperkaya dengan data pihak pertama, kedua, dan ketiga untuk mengisi atribut yang hilang dan memperbarui atribut lainnya.

CDP juga mampu menganalisis dan mengelompokkan profil pelanggan menggunakan aturan atau pembelajaran mesin, serta melakukan penilaian prediktif. Beberapa CDP yang lebih canggih juga menyediakan pembelajaran mesin (ML) dan kecerdasan buatan (AI) untuk analisis prediktif dan segmentasi audiens. Dengan orkestrasi perjalanan pelanggan, pemasar dapat menganalisis interaksi pelanggan untuk menyampaikan pesan yang tepat, pada waktu dan saluran yang tepat.

Akhir kata, semoga informasi ini dapat bermanfaat buat kamu ya, terimakasih sudah membaca.

Baca juga:

Referensi

  1. Edeh, J. N. (2022). Customer Relationship Management and Business Performance: Do Digital Platform Capabilities Matter?. In Digital service delivery in Africa: Platforms and practices (pp. 81-105). Cham: Springer International Publishing.
  2. Lei, Z., Chen, Y., & Lim, M. K. (2021). Modelling and analysis of big data platform group adoption behaviour based on social network analysis. Technology in Society65, 101570.
  3. Machado Nardi, V. A., Jardim, W. C., Ladeira, W., & Santini, F. D. O. (2020). Customer interaction in business relations: a meta-analysis approach. Marketing Intelligence & Planning38(2), 239-253.
  4. Kihn, M., & O’Hara, C. B. (2020). Customer data platforms: Use people data to transform the future of marketing engagement. John Wiley & Sons.
  5. Campbell, C., Sands, S., Ferraro, C., Tsao, H. Y. J., & Mavrommatis, A. (2020). From data to action: How marketers can leverage AI. Business horizons63(2), 227-243.
  6. Salwitzek, C., & Steuer, C. (2020). Data transformations from CMS to CDP enriched by semantics. In SHS Web of Conferences (Vol. 77, p. 03006). EDP Sciences.
  7. Stone, M., Aravopoulou, E., Gerardi, G., Todeva, E., Weinzierl, L., Laughlin, P., & Stott, R. (2017). How platforms are transforming customer information management. The Bottom Line30(3), 216-235.
Bambang Niko Pasla

A seasoned writer in the fields of industry, business, and technology. Enjoys sports and traveling activities.