Air Panas Grao Sakti
Sumatera

Air Panas Grao Sakti: Daya Tarik, Fasilitas, dan Harga Tiket

Air Panas Grao Sakti terletak di Desa Renah Kemumu, Kecamatan Jangkat, Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi. Meskipun perjalanannya mungkin agak sulit, namun keindahan yang akan di temui sepanjang perjalanan akan membuat setiap usaha sepadan.

Jarak sekitar 130 kilometer dari Kota Bangko dan 40 kilometer dari Danau Pauh, mungkin membutuhkan waktu 4-5 jam dengan mobil pribadi melalui medan sulit dan hutan lebat Desa Renah Kemumu. Tidak hanya perjalanan biasa, petualangan ini merupakan tantangan nyata dengan jalur setapak yang hanya bisa dilalui oleh motor trail atau mobil off-road.

Petualangan ini memang menghadirkan tantangan tersendiri, menyusuri hutan yang belum banyak diinjak manusia, kita akan merasakan kesejukan yang meranggas dan ketidakpastian cuaca yang kadang membuat perjalanan lebih sulit. Bagi para penggemar petualangan, medan yang berat akan menjadi bagian tak terpisahkan dari pengalaman di Air Panas Grao.

Air Panas Grao Sakti bukan hanya tempat wisata biasa. Tempat ini menyimpan kisah mistis dari masa lalu. Konon, tempat ini sering digunakan dalam ritual-ritual pengiriman santet. Meskipun saat ini sudah menjadi destinasi wisata, namun cerita-cerita mistis masa lalu masih menghiasi udara, menambah nuansa magis di sekitar Grao Sakti.

Daya Tarik Air Panas Grao Sakti

Air Panas Grao Sakti
Sumber Gambar: Instagram Explore Merangin

Sesampainya di lokasi, mata kita akan disambut oleh panorama alam yang memukau. Semburan air panas dari celah bebatuan besar menciptakan pemandangan yang tak terlupakan. Keunikan dari Air Panas Grao Sakti tidak hanya terletak pada semburan air panas yang megah, tetapi juga pada pengalaman berendam yang tak terlupakan di kolam alami di sekitar sumber air panas utama.

Airnya sangat jernih, merupakan campuran sempurna antara air panas dan air sungai yang dingin. Aktivitas di sekitar Air Panas seperti bersantai di kolam alami, menikmati kehangatan air, dan merasakan suasana alam yang menenangkan. Kita bahkan dapat memasak telur, pisang, dan mie instan di sumber air panas, menciptakan momen yang tak terlupakan.

Pengalaman di Air Panas Grao Sakti bukan hanya sekadar berendam di air panas. Anda akan merasakan keajaiban alam dengan semburan air panas yang mencapai ketinggian 30 meter jika dipanggil oleh pawangnya. Aroma belerang yang segar, panorama hijau hutan yang masih asri, semuanya menciptakan atmosfer yang sulit dijelaskan dengan kata-kata.

Fasilitas di Air Panas Grao Sakti

Air Panas Grao Sakti
Sumber Gambar: Instagram Explore Merangin

Sayangnya, fasilitas di sekitar Air Panas Grao Sakti masih terbatas. Tidak ada kamar mandi, ruang ganti, atau mushola di sekitar lokasi. Pengunjung disarankan untuk membawa perbekalan sendiri, termasuk makanan, karena tidak ada warung di sekitar area tersebut.

Peta Lokasi

Harga Tiket

Belum ada informasi resmi dari Pemerintah Kabupaten Merangin atau pihak pengelola masyarakat setempat.

Jam Buka

Destinasi wisata ini di buka 24 jam, jadi kita dapat berkunjung kapanpun.

Tips dan Pertimbangan Wisata

Air Panas Grao Sakti
Sumber Gambar: Instagram Explore Merangin

Sebelum memulai perjalanan menuju Grao Sakti, ada beberapa tips yang perlu dipertimbangkan berdasarkan hasil pengalam kita berkunjung ke sana.

  • Persiapkan fisik sebelum berangkat, karena perjalanan memerlukan usaha ekstra.
  • Gunakan kendaraan motor seperti motor trail atau mobil off-road karena jalan menuju air panas ini masih berupa tanah.
  • Berhati-hatilah saat berada di dekat sumber air panas induk, karena suhu air yang mencapai titik didih bisa membahayakan.

Dengan medan perjalanan yang menantang, keindahan alam yang memukau, dan nuansa mistis dari masa lalu, Air Panas Grao Sakti menjadi destinasi yang tidak boleh dilewatkan bagi para petualang sejati. Selamat berpetualang ya, terimakasih.

Baca juga:

Bambang Niko Pasla

A seasoned writer in the fields of industry, business, and technology. Enjoys sports and traveling activities.