Danau Kumbang
Sumatera

Danau Kumbang: Sejarah, Daya Tarik, Fasilitas, dan Harga Tiket

Secara administratif, Danau Kumbang berada di kawasan Gunung Masurai, dengan titik awal pendakian di Desa Sungai Lalang, Kecamatan Lembah Masurai, Sungai Tenang, dan Jangkat. Menikmati pesona danau ini memerlukan perjalanan sekitar 100 kilometer atau 3 jam perjalanan dari Kota Bangko. Menggunakan bus umum atau kendaraan pribadi, kamu akan sampai di Desa Sungai Lalang, titik awal petualangan.

Sejarah danau Kumbang

Danau Kumbang
Sumber Gambar: Instagram Explore.Merangin

Menurut sumber dari situs resmi Pemerintah Kabupaten Merangin, bahwa sejak 33.000 tahun yang lalu, kaldera Gunung Masurai menjadi saksi bisu dari perubahan dramatis dalam lanskap geologisnya. Dengan diameter mencapai 7 kilometer, kaldera ini menyimpan sejarah erupsi pada periode I dan II yang membentuk wilayah ini menjadi apa yang kita nikmati sekarang. Puncak tertinggi di ketinggian 2.737 meter dan bibir kaldera setinggi 2.220 meter menjadi saksi bisu dari kekuatan alam yang luar biasa.

Setelah periode erupsi yang mengguncang bumi pada masa lalu, muncul pusat aktivitas vulkanik baru dengan kawah yang menakjubkan seperti Kawah Kumbang dan Kawah Mabuk. Dengan lava basalt-andesite, keduanya memberikan pemandangan yang spektakuler. Dampak erupsi hanya tersebar di sekitar puncak, menciptakan danau indah yang kita kenal sebagai Danau Kumbang. Melalui perjalanan waktu, danau ini menjadi tuan rumah bagi pesona dan keunikan alam yang memikat.

Daya Tarik Danau Kumbang

Danau Kumbang
Sumber Gambar: Instagram Explore.Merangin

Terselimuti oleh hutan lebat, Danau Kumbang memukau dengan panorama indahnya. Airnya yang berwarna hijau menambah keeksotisan danau ini. Meskipun belum begitu dikenal di kalangan wisatawan, bagi pecinta alam Jambi, Danau Kumbang adalah surga yang tak terbantahkan. Panorama danau ini dapat bersaing dengan keindahan Danau Ranu Kumbolo atau Danau Gunung Tujuh di Kerinci.

Perjalanan dimulai melewati ladang dan perkebunan kopi, menciptakan pengalaman mendaki yang memukau. Setelah melewati jalan setapak dan semak belukar, pendakian akan disertai oleh kicauan burung yang merdu. Perjalanan melalui Shelter 1, dengan sumber air yang menyegarkan, memberikan kesempatan untuk beristirahat dan menikmati keindahan sekitar.

Petualangan terus berlanjut melalui medan yang semakin ekstrim dan menanjak, melalui hutan lumut yang lembab dan basah. Meskipun medan sulit, komunitas pecinta alam setempat telah memberikan petunjuk jalan yang memandu pendaki menuju Danau. Salah satu tantangan terbesar adalah melewati Tanjakan Syaithon, sebuah jalur yang curam dan membutuhkan kehati-hatian ekstra.

Setelah perjalanan yang menantang, hamparan danau dengan air jernih, pepohonan hijau yang memantulkan keindahan di sekitarnya, menciptakan pemandangan layaknya lukisan alam. Meskipun perjalanan memakan waktu, ketenangan dan kedamaian Danau Kumbang membuatnya layak dijelajahi. Danau ini berada pada ketinggian 2.560 meter di atas permukaan laut, menjadikannya salah satu danau tertinggi di Indonesia.

Aktivitas Menarik di Danau Kumbang

Danau Kumbang
Sumber Gambar: Instagram Explore.Merangin

Berikut ini beberapa aktivitas wisata yang dapat kita lakukan selama di Danau Kumbang.

1. Menikmati Keindahan Alam dan Gunung Masurai

Gunung Masurai dan Danau Kumbang menyuguhkan panorama yang alami dan terjaga. Minimnya jumlah wisatawan membuat tempat ini tetap bersih dan bebas dari sampah. Selama perjalanan, kita akan disuguhi hutan yang rimbun dengan pohon-pohon hijau yang mempesona. Menikmati keindahan danau dari puncak atau tepi danau akan menjadi pengalaman luar biasa.

2. Hunting Foto

Danau menjadi surga bagi para fotografer. Cekungan air, hutan hijau, pepohonan yang dipenuhi lumut, dan batuan di tepi danau menciptakan latar belakang yang sempurna untuk memotret. Berbagai sudut danau memberikan kesempatan untuk mengabadikan momen-momen magis dan keindahan abadi.

3. Bercamping di Pelukan Alam

Di Danau Kumbang, lahan luas memungkinkan pendaki untuk mendirikan tenda dan bermalam di tepi danau. Saat malam tiba dan dingin mulai terasa, membuat api unggun di pinggir danau akan menjadi pengalaman tak terlupakan. Menikmati keindahan alam seiring pagi tiba, sembari menghirup udara segar, akan menciptakan kenangan yang abadi.

Fasilitas di Danau Kumbang

Berada dekat puncak gunung, fasilitas di sekitar Danau sangatlah minim. Namun, shelter-shelter menyediakan sumber air untuk mengatasi dahaga. Desa Sungai Lalang juga memberikan fasilitas yang cukup lengkap, termasuk penitipan kendaraan, jasa guide, serta warung makan. Homestay di desa ini memberikan alternatif akomodasi saat pendaki turun gunung.

Peta Lokasi Danau Kumbang

Harga Tiket

Sampai saat ini kita belum mendapatkan informasi yang pasti terkait tike ke Danau Kumbang, yang ada biaya menyewa pemandu lokal sesuai dengan kesepakatan bersama.

Jam Buka

Danau kumbang beroperasi selama 24 jam tapi ada baiknya untuk menuju lokasi tersebut pada waktu terang hari, jam 07.00 hingga 17.00 WIB.

Tips Berwisata

  • Mendaki gunung memerlukan persiapan fisik, jadi pastikan untuk mempersiapkan diri dengan baik sebelum perjalanan.
  • Ajak teman atau bergabung dengan komunitas pecinta alam setempat untuk mendapatkan pengalaman yang lebih aman dan menyenangkan.
  • Hindari membawa barang terlalu banyak agar perjalananmu lebih ringan.
  • Selalu bawa mantel saat cuaca hujan.
  • Jagalah kehati-hatian selama mendaki, dan waspadai keberadaan hewan liar di hutan.
  • Berkontribusi pada kelestarian alam dengan tidak merusak keindahan danau, serta membawa kantong plastik untuk sampah.

Demikianlah informasi tentang objek wisata Danau Kumbang, semoga bermanfaat ya.

Baca juga:

Bambang Niko Pasla

A seasoned writer in the fields of industry, business, and technology. Enjoys sports and traveling activities.