Telaga Biru
Sumatera

Telaga Biru Jangkat: Sejarah, Daya tarik, dan Harga Tiket

Telaga Biru Jangkat berlokasi di Desa Tanjung Alam, Kecamatan Jangkat, Kabupaten Merangin, Jambi. Tempat ini bukan hanya sekadar danau biasa, Telaga Biru Jangkat merupakan keajaiban alam yang ditemukan secara tak sengaja oleh warga setempat.

Perjalanan menuju Telaga Biru dimulai dari Kota Jambi dengan menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat menuju Kabupaten Merangin. Setelah mencapai Bangko, pusat kota Kabupaten Merangin, perjalanan dilanjutkan ke Desa Tanjung Alam, titik awal untuk menjelajahi pesona Telaga Biru. Dari desa ini, perjalanan berlanjut dengan berjalan kaki selama 1-2 jam, memasuki kawasan Hutan Produksi Lainnya dan berbatasan langsung dengan Taman Nasional Kerinci Seblat.

Sejarah Telaga Biru

Telaga Biru Jangkat

Legenda dimulai ketika seorang penduduk setempat, dalam pencarian burung di sekitar hutan adat, menemukan keindahan alam yang tidak tergantikan ini. Awalnya disebut “Danau Hijau” oleh masyarakat lokal, Telaga Biru mendapatkan namanya yang indah dari Bupati Merangin, Al Haris, pada kunjungannya tahun 2016. Ketinggian 2033 meter di atas permukaan laut dan berdiameter sekitar 20 meter, tempat ini menjadi daya tarik utama di Provinsi Jambi.

Daya Tarik Telaga Biru

Telaga Biru Jangkat

Salah satu daya tarik utama Telaga Biru adalah airnya yang berwarna biru dan sangat jernih. Kejernihan air memungkinkan pengunjung melihat hingga ke dasar telaga, menciptakan suasana yang damai dan menenangkan. Telaga ini sering dianggap sebagai mata air terbersih, terjenih, dan terdingin di Provinsi Jambi.

Di salah satu sudut telaga, pohon melintang dan jembatan pohon menambah pesona alami tempat ini. Pengunjung sering memanfaatkan keindahan alam ini sebagai spot foto yang mengesankan. Jembatan pohon yang menghubungkan dua bagian telaga, dibangun oleh warga setempat, menawarkan pengalaman unik bagi pengunjung.

Ketika melihat ke dasar Telaga Biru, Anda akan disuguhkan dengan deretan lumut hijau yang tumbuh dengan indahnya. Hal ini menambah keindahan bawah air dan menciptakan pesona tersendiri bagi para penyelam atau mereka yang hanya ingin menikmati keindahan bawah permukaan air.

Terletak di dalam kawasan Hutan Produksi Lainnya yang berbatasan dengan Taman Nasional Kerinci Seblat, Telaga Biru menawarkan lingkungan alami dan terlindungi. Pepohonan di sekitarnya memberikan rasa sejuk dan kesejukan. Berjalan-jalan di sekitar telaga adalah pengalaman yang menenangkan dan memungkinkan Anda merasakan alam dalam bentuknya yang paling alami.

Hanya 20 menit perjalanan dari Telaga Biru, terdapat air terjun 15 tingkat yang menakjubkan di Desa Tanjung Alam. Air terjun ini mengundang pengunjung untuk menikmati aliran derasnya dari satu tingkat ke tingkat lain sambil berenang atau sekadar menikmati keindahan alam yang indah.

Peta Lokasi

Harga Tiket

Dengan harga tiket yang terjangkau, berkisar antara Rp 5.000 hingga Rp 10.000 per orang, pengunjung dapat menikmati keindahan Telaga Biru.

Jam Buka

Jam operasionalnya bervariasi, biasanya dari pukul 08.00 pagi hingga pukul 17.00 sore, memberikan cukup waktu bagi pengunjung untuk menjelajahi dan menikmati suasana.

Tips Berwisata ke Telaga Biru Jangkat

  • Pastikan kondisi fisik yang baik karena perjalanan membutuhkan kekuatan fisik yang cukup.
  • Bawa perbekalan yang cukup untuk mendukung perjalanan.
  • Ajak teman-teman untuk pengalaman yang lebih menyenangkan.
  • Jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan momen indah di Telaga Biru.

Telaga Biru Jangkat, sebagai bagian dari kekayaan alam Jambi, menawarkan keindahan yang luar biasa bagi para pengunjung. Dengan keunikan alaminya, destinasi ini bukan hanya tempat bagi pecinta alam, tetapi juga menjadi inspirasi untuk menjaga kelestarian alam dan lingkungan.

Baca juga:

Bambang Niko Pasla

A seasoned writer in the fields of industry, business, and technology. Enjoys sports and traveling activities.