Jaringan Komputer
Hardware

Jaringan Komputer: Definisi, Jenis, dan Manfaat

Jaringan komputer (computer network) telah menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari kita. Dari toko-toko yang menyediakan jasa percetakan hingga warung internet, computer network memainkan peran penting dalam mendukung berbagai aktivitas. Namun, apa sebenarnya yang dimaksud dengan computer network, jenis, dan manfaatnya?.

Pengertian Jaringan Komputer

Jaringan komputer adalah sistem yang menghubungkan beberapa komputer untuk berbagi informasi (data) dan sumber daya. Komputer dan perangkat lain yang saling terhubung memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi dengan lebih mudah. Untuk membuat jaringan, beberapa komputer dengan perangkat lainnya disambungkan menggunakan media kabel atau nirkabel. Selain menggunakan hardware, pembuatan computer network juga memerlukan pemasangan perangkat lunak atau software tertentu. Software ini digunakan untuk mendeteksi perangkat yang berada dalam satu jaringan. Secara sederhana, dalam sebuah computer network, terdapat komputer Server yang berperan sebagai pusat pengaturan dan komputer Host sebagai tempat pengguna beroperasi. Fungsi computer network yang paling sederhana adalah memudahkan pembagian beban kerja perangkat untuk menjalankan sebuah program. Selain itu, fungsi lainnya adalah menghemat sumber daya. Contohnya, dengan computer network, beberapa komputer bisa mencetak dokumen melalui satu perangkat printer yang sama, sebagaimana dilansir oleh GeeksforGeeks.

Jenis Jaringan Komputer

Computer network memiliki berbagai jenis yang dibagi lagi menjadi beberapa bagian. Berikut adalah jenis-jenis computer network beserta penjelasannya.

1. Berdasarkan Hubungan dan Peranannya Mengolah Data

Computer network juga dapat dibedakan berdasarkan hubungan setiap komputer dan perannya dalam mengolah data, yaitu:

  • Jaringan Client-Server
    Terdiri dari beberapa komputer klien dan satu komputer server yang berperan sebagai penyedia sumber daya.
  • Jaringan Peer to Peer
    Tidak ada sekat yang berarti antara server dan klien, sehingga semua komputer bisa berinteraksi secara langsung.

2. Berdasarkan Jangkauan Geografis

Computer network dapat dibedakan berdasarkan jangkauan geografisnya. Beberapa jenis computer network yang umum digunakan adalah:

a. Internet

Merupakan jaringan tercanggih yang menghubungkan komputer di seluruh dunia dengan jarak yang sangat jauh.

b. PAN (Personal Area Network)

Personal Area Network (PAN) adalah jenis jaringan komputer yang umumnya menghubungkan berbagai perangkat elektronik pribadi yang dikelola oleh pengguna itu sendiri. Contoh sederhana dari penggunaan PAN adalah menghubungkan printer ke komputer atau mengaitkan komputer dengan speaker Bluetooth.

c. LAN (Local Area Network)

LAN (Local Area Network). LAN adalah jaringan yang menghubungkan perangkat dalam jarak yang biasanya berdekatan dan menggunakan kabel sebagai saluran utama. LAN umumnya digunakan untuk menghubungkan beberapa perangkat dalam satu rumah atau beberapa komputer yang tersambung dengan kabel tetapi masih berada dalam satu bangunan. LAN juga digunakan di warnet yang menghubungkan banyak komputer ke satu server, di ruang kantor untuk menghubungkan beberapa perangkat ke satu komputer, server, printer, dan sebagainya.

d. WAN (Wide Area Network)

Wide Area Network atau WAN adalah jenis jaringan komputer yang menghubungkan beberapa perangkat, komputer, atau berbagai jenis jaringan lainnya (seperti LAN dan WLAN), dalam jarak yang cukup jauh, bahkan antar negara. Dengan WAN, data dari komputer yang berlokasi di Indonesia, misalnya, dapat ditransfer dengan mudah dan cepat ke komputer di negara lain, seperti Amerika Serikat (AS). Contoh penerapan WAN yang umum adalah internet, di mana WAN menghubungkan perangkat dengan komputer atau server di negara lain.

e. MAN (Metropolitan Area Network)

Metropolitan Area Network atau MAN, sesuai dengan namanya, adalah jaringan yang menghubungkan berbagai komputer atau perangkat dalam area sebuah kota. Jaringan ini memiliki jangkauan lebih besar dari LAN dan dapat digunakan untuk menghubungkan komputer di berbagai lembaga dalam satu wilayah administratif.

f. VPN (Virtual Private Network)

Virtual Private Network (VPN) adalah jaringan yang digunakan untuk membuat kegiatan internet pengguna lebih aman dan tidak dapat dilacak. Jaringan VPN memungkinkan koneksi internet pengguna terhubung ke jaringan pribadi yang dimiliki oleh perusahaan atau server. Dengan demikian, koneksi internet atau data yang dikirim pengguna akan diteruskan melalui server atau komputer yang ingin dikomunikasikan, sehingga data seolah-olah dikirimkan dari lembaga tersebut, padahal sebenarnya dikirimkan oleh pengguna.

g. CAN (Campus Area Network)

Campus/Corporate Area Network (CAN) adalah jaringan yang menghubungkan berbagai perangkat dan komputer dalam instansi pendidikan seperti sekolah, kampus, universitas, institut, dan sejenisnya. CAN juga digunakan untuk menghubungkan perangkat dalam satu bangunan perusahaan yang memiliki banyak ruangan. Pada lingkungan sekolah, CAN digunakan untuk mempermudah proses administrasi dan akademik, seperti pengolahan nilai, pencatatan kinerja siswa, dan sebagainya.

h. SAN (Storage-Area Network)

Storage-Area Network (SAN) adalah jaringan yang menghubungkan komputer dengan media penyimpanan (storage) berkemampuan tinggi dalam sebuah server. Perangkat dapat mengakses jaringan SAN ini dan mengambil data yang tersimpan di dalamnya jika terhubung dengan server yang menjadi jembatan untuk media penyimpanan tersebut.

i. POLAN (Passive Optical Local Area Network)

Jaringan POLAN (Passive Optical Local Area Network) digunakan sebagai alternatif dari LAN. Bedanya, POLAN menggunakan kabel fiber optik untuk mentransmisikan data antar perangkat, bukan kabel biasa. Kabel fiber optik dikenal memiliki performa transmisi data yang cepat. Jaringan POLAN umumnya menghubungkan fiber optik ke perangkat router, sehingga internet dapat disalurkan ke perangkat lain melalui jaringan WLAN.

j. EPN (Enterprise Private Network)

Enterprise Private Network (EPN) digunakan untuk menghubungkan perangkat, storage, komputer, dan lainnya dalam satu perusahaan besar. EPN biasanya digunakan untuk keamanan, sehingga cocok digunakan oleh perusahaan yang menyimpan data penting, seperti data pribadi pengguna. Contoh penggunaan EPN adalah menghubungkan jaringan perusahaan cabang dengan kantor pusat, mentransfer data antar bangunan di sebuah kampus tanpa internet, dan sebagainya.

3. Berdasarkan Jenis Transmisi

Computer network juga dapat dibedakan berdasarkan jenis transmisinya, yaitu:

  • Wired Network
    Menggunakan kabel untuk mengirim data antar perangkat.
  • Wireless Network
    Menggunakan gelombang elektromagnetik untuk mengirim data tanpa kabel.

Topologi Jaringan Komputer

Topologi computer network mengacu pada cara di mana komputer dalam jaringan tersebut terhubung satu sama lain. Beberapa topologi computer network yang umum digunakan antara lain:

  • Topologi Tree
    Gabungan antara topologi bus dan star, menyerupai anatomi akar pohon.
  • Topologi Bus
    Terdiri dari kabel coaxial yang menghubungkan komputer dalam satu jaringan.
  • Topologi Mesh
    Setiap komputer terhubung dengan semua komputer lainnya.
  • Topologi Star
    Terdapat hub pusat yang mengontrol komunikasi antar komputer.
  • Topologi Ring
    Komputer terhubung membentuk pola lingkaran atau cincin.

Manfaat Jaringan Komputer

Berikut adalah beberapa manfaat computer network:

  • Meningkatkan efisiensi dan volume penyimpanan data.
  • Memproses data dengan cepat ke beberapa komputer.
  • Mempercepat proses komunikasi antar komputer.
  • Menyimpan data dengan lebih terorganisir.
  • Membagi akses pada sumber daya secara efektif.
  • Menghemat biaya penyediaan sumber daya perangkat keras.
  • Memungkinkan berbagi informasi atau data antar komputer secara fleksibel.
  • Menghemat biaya penyediaan sumber daya perangkat lunak.

Perkembangan Jaringan Komputer

Computer network terus mengalami perkembangan yang pesat seiring dengan kemajuan teknologi. Salah satu perkembangan terbaru dalam computer network adalah adopsi teknologi 5G, yang menjanjikan kecepatan internet yang lebih tinggi dan koneksi yang lebih stabil.

Selain itu, computer network juga mulai merambah ke bidang-bidang baru, seperti Internet of Things (IoT) dan jaringan sensor. IoT mengacu pada jaringan perangkat yang saling terhubung dan dapat saling berkomunikasi, seperti mobil pintar, rumah pintar, dan perangkat wearable.

Dengan terus berkembangnya teknologi computer network, kita dapat menjangkau lebih banyak kemungkinan dan manfaat yang dapat membantu memajukan kehidupan kita di masa depan.

Demikianlah ulasan tentang computer network, semoga bermanfaat.

Referensi

  1. Dong, C., Xiong, X., Xue, Q., Zhang, Z., Niu, K., & Zhang, P. (2024). A survey on the network models applied in the industrial network optimization. Science China Information Sciences67(2), 121301.
  2. Alamsyah, D., Fithara, D., Illahi, R., & Permata, R. I. (2024). LAN NETWORK DESIGN SIMULATION IN TWO LABORS USING CISCO PACKET TRACER SOFTWARE. JComce-Journal of Computer Science2(2).
  3. Singh, P., & Verma, S. (2015). Network Topologies. IJRDO-Journal of Computer Science Engineering1(5), 01-09.
  4. Liu, Q., & Liu, Q. (2014, October). A study on topology in computer network. In 2014 7th International Conference on Intelligent Computation Technology and Automation (pp. 45-48). IEEE.
  5. Santra, S., & Acharjya, P. P. (2013). A study and analysis on computer network topology for data communication. International Journal of Emerging Technology and Advanced Engineering3(1), 522-525.
Bambang Niko Pasla

A seasoned writer in the fields of industry, business, and technology. Enjoys sports and traveling activities.