Cara Cek Plagiarisme di Turnitin
Tips

Cara Cek Plagiarisme di Turnitin dan Melihat Hasilnya

Cara Cek Plagiarisme di Turnitin – Turnitin adalah sebuah software yang digunakan untuk mendeteksi plagiarisme dalam sebuah karya tulis. Dengan menggunakan Turnitin, pengguna dapat mengunggah dokumen yang ingin diperiksa ke dalam sistem Turnitin, dan software ini akan melakukan perbandingan teks dokumen tersebut dengan database Turnitin yang berisi jutaan dokumen dari berbagai sumber, seperti jurnal ilmiah, buku, dan situs web. Hasilnya, Turnitin akan memberikan laporan yang menunjukkan persentase kemiripan antara teks dokumen dengan sumber-sumber yang ada dalam database Turnitin.

Mengapa Harus Mengecek Plagiarisme dengan Turnitin?

Mengecek plagiasi dalam karya tulis sangat penting karena dapat membantu menghindari tindakan plagiasi yang dapat berdampak buruk pada reputasi akademik seseorang. Dengan menggunakan Turnitin, pengguna dapat memastikan bahwa karya tulis yang dibuat adalah hasil karya orisinal dan bukan merupakan hasil penjiplakan dari karya orang lain. Selain itu, menggunakan Turnitin juga dapat membantu meningkatkan kualitas karya tulis dengan mendorong pengguna untuk lebih berhati-hati dalam mengutip dan merujuk sumber-sumber yang digunakan. Oya, untuk cek turnitin gratis, kamu dapat publikasi di Jurnal Prajaiswara BPSDM Provinsi Jambi dengan link website https://prajaiswara.jambiprov.go.id/index.php/file2. Ambang batas maksimal plagiat di Junrnal Prajaiswara sebesar 35%, berhubung Jurnal tersebut sudah terakreditasi Nasional (SINTA).

Cara Cek Plagiarisme di Turnitin

Cara Cek Turnitin
Pada gambar terlihat angka plagiarisme sebesar 12%

Berikut merupakan langkah-langkah untuk menggunakan Turnitin untuk mengecek plagiarisme dalam sebuah karya tulis:

  • Kunjungi website Turnitin di https://www.turnitin.com/.
  • Login dengan akun Turnitin.
  • Setelah login, kita akan diarahkan ke halaman utama Turnitin.
  • Klik menu “Submit” di bagian kanan atas halaman.
  • Setelah itu, kita akan dibawa ke halaman unggah file tunggal. Isilah informasi yang diminta, seperti Nama Depan, Nama Belakang, dan Judul Pengajuan.
  • Pilih dokumen yang ingin Anda unggah dari komputer, Google Drive, atau Dropbox melalui menu “Choose From This Comp”.
  • Dokumen dapat diunggah dalam format file seperti .doc, .docx, .pdf, dan lain-lain.
  • Selanjutnya memilih file, klik tombol “Upload” dan tunggu beberapa saat hingga file berhasil diupload.
  • Setelah proses upload selesai, klik tombol “Confirm” dan kembali ke menu “Assignment List”.
  • Turnitin akan melakukan proses pengecekan terhadap dokumen tersebut dengan database Turnitin. Proses ini biasanya membutuhkan waktu beberapa menit tergantung pada ukuran dokumen dan jumlah dokumen dalam antrian.
  • Setelah itu, kita dapat melihat hasilnya dengan mengklik menu “View”. Pada tampilan ini, kita dapat melihat bagian-bagian yang terindikasi plagiat atau sama dengan sumber lain. Jika ditemukan kesamaan kata, kalimat, atau sumber, segera lakukan revisi dengan mengganti kalimat atau mengubah struktur kalimatnya.

Cara Melihat Hasil Cek Turinitin

Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam hasil laporan keaslian dari Turnitin:

  • Pada bagian pojok kanan atas laporan, akan terdapat persentase keseluruhan konten yang dianggap non-asli. Persentase ini menunjukkan seberapa banyak konten dalam dokumen yang dianggap plagiarisme.
  • Sedikit di bawah persentase keseluruhan, terdapat bagian ringkasan yang mencantumkan tautan ke setiap sumber konten asli yang dijadikan referensi dalam dokumen. Selain itu, akan terdapat juga persentase dari jumlah total kiriman dari setiap sumber, yang menunjukkan seberapa besar kontribusi dari masing-masing sumber dalam dokumen.
  • Pada panel utama laporan, akan terdapat konten dalam dokumen yang disorot. Konten yang disorot ini mencerminkan apa yang ditemukan dalam sumber eksternal. Warna sorotan dan angka kecil yang muncul di atas setiap sorotan merupakan tautan ringkasan yang cocok dengan sumber asli. Dengan memperhatikan warna dan nomor yang sama, pengguna dapat melacak konten yang diambil dari sumber eksternal.

Cara Membaca Hasil Turnitin

Berikut adalah cara membaca hasil pengecekan Turnitin:

  • Warna biru (similarity index 0%)
  • Warna hijau (similarity index 1% – 24%)
  • Warna kuning (similarity index 25% – 49%)
  • Warna oranye (similarity index 50% – 74%)
  • Warna merah (similarity index 75% – 100%)

Similarity index adalah ukuran seberapa miripnya tulisan dengan sumber lain yang telah diperiksa. Semakin tinggi persentasenya, semakin besar kemungkinan bahwa karya tersebut merupakan hasil plagiat.

Tips Menggunakan Turnitin

Untuk menggunakan Turnitin dengan efektif, berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu pengguna dalam menggunakan Turnitin:

1. Mengunggah Dokumen Sebelum Batas Waktu

Penting untuk mengunggah dokumen sebelum batas waktu yang ditentukan oleh dosen atau institusi pengguna agar memiliki cukup waktu untuk melakukan revisi jika diperlukan.

2. Memeriksa Kesalahan Penulisan

Sebelum mengunggah dokumen, pastikan untuk memeriksa kesalahan penulisan seperti ejaan, tata bahasa, dan gaya penulisan agar dokumen terlihat lebih profesional.

3. Mengutip Sumber dengan Benar

Saat mengutip sumber, pastikan untuk mengutipnya dengan benar sesuai dengan aturan penulisan yang berlaku atau gunakan tools seperti Mendeley atau Google Scholar

4. Menghindari Plagiasi

Usahakan untuk menghindari plagiasi dengan membuat karya tulis yang orisinal dan tidak menjiplak dari karya orang lain.

Dengan mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas, pengguna dapat menggunakan Turnitin dengan efektif untuk mengecek plagiasi dalam karya tulis mereka. Semoga tips cara cek plagiarisme di turnitin ini bermanfaat ya, terimakasih.

Baca juga:

Bambang Niko Pasla

A seasoned writer in the fields of industry, business, and technology. Enjoys sports and traveling activities.