Contoh Kecerdasan Buatan
Bisnis & Industri,  Software

10+ Contoh Kecerdasan Buatan (AI) Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Contoh Kecerdasan Buatan – kita akan memasuki dunia AI (Artificial Intelligence) dan menggali lebih dalam tentang beragam contoh kecerdasan buatan yang telah menyelip dalam berbagai aspek kehidupan sehari-hari kita. Bersiap-siap untuk dibawa ke dalam alur cerita yang melibatkan robot, aplikasi pintar, dan teknologi canggih lainnya yang membentuk masa depan kita.

Contoh Kecerdasan Buatan (AI) Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Berikut beberapa kecerdasan buatan yang dapat kita temui di kehidupan sehari-hari diberbagai bidang.

1. Robot Vacuum Cleaner (Kipas Debu Cerdas)

Mari awali perjalanan kita dengan “Robot Vacuum Cleaner” atau kipas debu cerdas. Alat yang satu ini tak hanya sekadar penyedot debu, tetapi juga memahami lingkungan sekitarnya. Dibekali dengan rangkaian sensor navigasi, robot vacuum cleaner dapat menyesuaikan diri dengan kondisi rumah saat bergerak. Tak hanya itu, kemampuan sensor waktu juga membuatnya mampu bergerak sesuai pengaturan waktu yang kita tentukan.

2. Fitur GPS yang Mengagumkan

Kita tak bisa melewatkan peran besar kecerdasan buatan dalam fitur GPS. Berbasiskan big data, GPS tidak hanya memberikan estimasi waktu kedatangan, tetapi juga mampu mendeteksi kemacetan jalanan dengan akurat. Dengan mobil yang dilengkapi kamera 360 derajat, pengguna dapat melihat pemandangan tiga dimensi langsung dari layar smartphone mereka.

3. Streaming Music dan Video

Selanjutnya, mari berbicara tentang kesenangan hidup modern – streaming music dan video. Layanan ini bukan hanya sebagai penyedia hiburan, tapi juga memiliki kecerdasan buatan yang luar biasa. Program ini dapat dengan cepat mengakses konten berdasarkan riwayat penelusuran, memberikan rekomendasi yang sesuai dengan selera pengguna.

4. Mesin Pencari yang Mengetahui Segalanya

Siapa yang tak kenal dengan mesin pencari? Meskipun seringkali dianggap sebagai “pengetahuan segalanya,” mesin pencari sebenarnya memiliki kecerdasan buatan yang mampu membandingkan dan menyajikan informasi dengan akurat. Algoritma yang disematkan membantu dalam pencarian jawaban yang relevan dari berbagai sumber.

5. Fitur Selfie

Masuk ke ranah fotografi, fitur selfie pada kamera ponsel juga menggunakan kecerdasan buatan. Dengan kemampuan mendeteksi wajah, warna, dan kualitas gambar, fitur ini memberikan lebih dari sekadar filter. Bahkan, kini kecerdasan buatan dapat membantu pengguna menghapus latar belakang secara otomatis tanpa perlu campur tangan manual.

6. Pemesanan Ojek Online

Pemesanan ojek online menjadi salah satu contoh penerapan kecerdasan buatan dalam kehidupan sehari-hari. Proses pemilihan driver, penentuan lokasi, hingga manajemen jadwal driver dilakukan secara otomatis berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan. Program ini terus diperbarui untuk mengurangi penyalahgunaan dan memberikan pengalaman terbaik bagi pengguna dan driver.

7. Perkembangan Video Game

Dunia video game telah mengalami perkembangan pesat, dan kecerdasan buatan berada di jantungnya. Dengan menyematkan teknologi AI, game sekarang dapat memberikan pengalaman bermain yang dinamis dan menyesuaikan diri dengan tingkat keterampilan pemain. NPC (Non-Player Character) dalam game dapat bereaksi secara dinamis terhadap tindakan pemain.

8. Internet Marketing

Dalam dunia pemasaran daring, kecerdasan buatan memainkan peran penting. Iklan yang diberikan kepada pengguna didasarkan pada riwayat penelusuran dan perilaku online. Ini memungkinkan pemasar untuk menargetkan audiens yang tepat dengan lebih efektif.

9. Media Sosial

Media sosial bukan hanya tempat untuk berbagi momen, tetapi juga merupakan contoh nyata dari kecerdasan buatan dalam tindakan. Kemampuannya mencari dan merekomendasikan teman berdasarkan nomor kontak yang tersimpan di ponsel merupakan fitur yang mungkin sering terlewatkan.

10. Translator

Penerjemah saat ini tidak hanya berhenti pada teks, melainkan juga mencakup rekaman suara. Dengan fitur rekam suara, pengguna dapat dengan mudah menerjemahkan ucapan mereka ke dalam bahasa yang diinginkan. Beberapa aplikasi bahkan dilengkapi dengan fitur kamera, memungkinkan pengguna menerjemahkan tulisan hanya dengan mengambil gambar.

11. Asisten Virtual

Asisten virtual seperti Siri, Bixby, dan OK Google bukan lagi sekadar mimpi futuristik. Mereka adalah teman setia yang memahami rutinitas harian pengguna dan memberikan saran atau informasi secara real-time. Kecerdasan buatan di balik asisten virtual ini memberikan pengalaman interaksi yang semakin mendekati komunikasi antar manusia.

12. GPS Navigation

Teknologi GPS bukan hanya memberikan petunjuk arah, tetapi juga memahami kondisi jalanan dengan menggunakan big data. Kemampuannya memberikan opsi rute tercepat berdasarkan tingkat kemacetan dan menyajikan tampilan tiga dimensi membuat perjalanan semakin mudah.

13. Filter Instagram

Fitur filter dalam media sosial, seperti yang ditemukan di Instagram, merupakan contoh kecil dari kecerdasan buatan yang menyempurnakan tampilan foto. Menghilangkan noda, menghaluskan kulit, atau memberikan efek yang dramatis, semuanya dilakukan secara real-time.

14. Keyboard Virtual

Fungsi autocorrect pada keyboard virtual telah berkembang menjadi lebih canggih. Seiring waktu, fitur ini belajar dari pola mengetik pengguna, memberikan prediksi kata yang lebih akurat. Hanya dengan mengetik satu atau dua huruf, keyboard dapat memberikan beberapa opsi kata yang sesuai.

15. Layanan Hiburan

Dalam layanan musik, film, dan streaming lainnya, kita sering menemui fitur “rekomendasi konten.” Hal ini bukan kebetulan, melainkan hasil dari kecerdasan buatan yang memahami pola dan preferensi pengguna. Rekomendasi konten ini menjadi semakin akurat seiring dengan waktu dan penggunaan.

16. Layanan Konsumen Virtual atau Chatbot

Chatbot menjadi solusi efisien dalam layanan konsumen. Mampu mengenali frasa atau kata kunci, chatbot memberikan respons yang sesuai dengan trigger yang diberikan. Dalam dunia bisnis online, penggunaan chatbot dapat membantu perusahaan menyediakan pelayanan pelanggan 24/7 tanpa harus mengeluarkan biaya besar.

17. Pencarian di Internet

Mesin pencari, seperti Google dan Bing, adalah contoh klasik dari kecerdasan buatan. Mereka memahami kebiasaan pencarian pengguna dan memberikan rekomendasi yang relevan bahkan sebelum pengguna menyelesaikan kueri mereka. Ini membantu menyederhanakan proses pencarian informasi di internet.

18. Media Sosial

Media sosial tidak hanya tentang membagikan momen, tetapi juga tentang koneksi yang lebih dalam. Kecerdasan buatan di media sosial dapat membantu dalam menyaring berita palsu, memberikan rekomendasi berita atau topik yang mungkin menarik berdasarkan aktivitas pengguna, dan membuat pengalaman bersosial lebih personal.

19. Iklan Produk

Iklan online semakin mengandalkan kecerdasan buatan dan algoritma khusus untuk menyajikan iklan yang sesuai dengan preferensi pengguna. Dengan menganalisis produk yang pernah dibeli atau dicari sebelumnya, iklan dapat menjadi lebih relevan dan mengena.

20. Game Online

Dalam game online, kecerdasan buatan memberikan pengalaman yang dinamis dan menantang bagi para pemain. NPC dalam game dapat bereaksi secara real-time terhadap tindakan pemain, menciptakan pengalaman bermain yang lebih seru dan mendalam.

21. M-Banking

Dalam M-banking, kecerdasan buatan memberikan peringatan ketika saldo berkurang atau ketika kartu kredit digunakan untuk pembelian. Ini membantu dalam memastikan keamanan dan memberikan verifikasi untuk setiap transaksi, mencegah penggunaan yang tidak sah.

22. Translator

Aplikasi translator dengan kecerdasan buatan memungkinkan pengguna menerjemahkan teks atau rekaman suara dengan mudah. Fitur kamera dalam beberapa aplikasi memudahkan pengguna untuk mentranslate tulisan tanpa perlu mengetikkannya, cukup dengan mengambil gambar.

23. Online Shop

Kecerdasan buatan dalam platform e-commerce memainkan peran penting dalam memberikan rekomendasi produk kepada pengguna. Dengan menganalisis kata kunci, produk yang dilihat atau dicari sebelumnya, platform dapat menyajikan rekomendasi yang tepat pada beranda pengguna.

Semoga penjelasan tentang contoh kecerdasan buatan ini dapat bermanfaat dan kita dapat melihat betapa teknologi ini telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari kita.

Baca juga:

Referensi

  1. Pongtambing, Y. S., Appa, F. E., Siddik, A. M. A., Sampetoding, E. A., Admawati, H., Purba, A. A., … & Manapa, E. S. (2023). Peluang dan Tantangan Kecerdasan Buatan Bagi Generasi Muda. Bakti Sekawan: Jurnal Pengabdian Masyarakat3(1), 23-28.
  2. Rahardja, U. (2022). Masalah etis dalam penerapan sistem kecerdasan buatan. Technomedia Journal7(2 October), 181-188.
  3. Putri, N. I. (2019). Mekanisme umum untuk sistem kecerdasan buatan. COMPUTING| Jurnal Informatika6(2), 58-78.
  4. Amrizal, V., & Aini, Q. (2013). Kecerdasan Buatan.
  5. Nasution, H. (2012). Implementasi Logika Fuzzy pada Sistem Kecerdasan Buatan. jurnal ELKHA4(2).
Bambang Niko Pasla

A seasoned writer in the fields of industry, business, and technology. Enjoys sports and traveling activities.