Manfaat Ikan Gabus untuk Ibu Menyusui
Gaya Hidup

Berikut ini Fakta 7 Manfaat Ikan Gabus untuk Ibu Menyusui

Manfaat Ikan Gabus untuk Ibu Menyusui – Setelah melahirkan, tubuh seorang ibu membutuhkan banyak nutrisi untuk pemulihan dan untuk memastikan produksi ASI yang optimal bagi bayi. Salah satu sumber nutrisi yang sangat bermanfaat adalah ikan gabus. Ikan air tawar yang sering dianggap sepele ini ternyata memiliki banyak manfaat luar biasa bagi ibu menyusui.

Kandungan Nutrisi Ikan Gabus

Berdasarkan Data Komposisi Pangan Indonesia, dalam setiap 100 gram ikan gabus segar, terdapat:

  • Air
  • Kalori
  • Protein
  • Lemak
  • Karbohidrat
  • Omega-3
  • Vitamin A
  • Vitamin B1

Dengan kandungan nutrisi yang lengkap ini, tidak heran jika ikan gabus dianggap sebagai salah satu makanan super untuk ibu menyusui.

Manfaat Ikan Gabus untuk Ibu Menyusui

Berikut ini fakta manfaat ikan gabus untuk ibu menyusui yang disadur dari beragam artikel ilmiah.

1. Meningkatkan Produksi ASI

Protein dan asam lemak omega-3 dalam ikan gabus dapat merangsang hormon prolaktin dan oksitosin, yang penting untuk produksi ASI. Hormon-hormon ini membantu meningkatkan volume dan kualitas ASI, memastikan bayi mendapatkan nutrisi yang cukup.

2. Mengurangi Depresi Pascapersalinan

Depresi pascapersalinan adalah masalah yang umum dialami oleh ibu baru. Asam lemak omega-3 dapat membantu menyeimbangkan hormon dan neurotransmiter yang berhubungan dengan suasana hati, membantu mengurangi risiko depresi pascapersalinan.

3. Membantu Penyembuhan Luka Pasca Melahirkan

Ikan gabus mengandung asam amino dan asam lemak yang sangat baik untuk proses penyembuhan luka. Asam amino membantu sintesis kolagen, yang penting untuk pembentukan jaringan baru, sementara asam arakhidonat merangsang sintesis prostaglandin, yang berfungsi sebagai anti-inflamasi dan analgesik, membantu mengurangi rasa nyeri dan menyamarkan penampakan luka.

4. Meningkatkan Kesehatan Tulang dan Gigi

Ikan gabus mengandung kalsium dan fosfor, yang penting untuk pembentukan dan penguatan tulang dan gigi. Konsumsi ikan gabus secara teratur dapat membantu memenuhi kebutuhan mineral ini, menjaga kesehatan tulang dan gigi ibu dan bayi.

5. Menjaga Kesehatan Jantung dan Pembuluh Darah

Dengan kandungan kolesterol yang rendah dan asam lemak omega-3 yang tinggi, ikan gabus membantu menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah. Asam lemak omega-3 dapat mencegah penyakit kardiovaskular dengan menurunkan kadar trigliserida dan meningkatkan kolesterol baik (HDL).

6. Meningkatkan Kesehatan Rambut dan Kulit

Protein dan asam lemak omega-3 dalam ikan gabus juga bermanfaat untuk kesehatan rambut dan kulit ibu. Nutrisi ini membantu regenerasi sel-sel kulit dan rambut, menjaga kulit tetap sehat dan rambut kuat.

7. Mendukung Pertumbuhan dan Perkembangan Bayi

Omega-3 dalam ikan gabus, terutama DHA (asam docosahexaenoic) dan EPA (asam eicosapentaenoic), sangat penting untuk perkembangan otak dan penglihatan bayi. Konsumsi ikan gabus oleh ibu menyusui dapat mentransfer nutrisi ini melalui ASI ke bayi, mendukung pertumbuhan dan perkembangan yang optimal.

Cara Mengolah Ikan Gabus untuk Ibu Menyusui

Agar mendapatkan manfaat maksimal dari ikan gabus, penting untuk mengolahnya dengan cara yang benar. Berikut beberapa resep ikan gabus yang mudah dan enak:

1. Ikan Gabus Tumis Jahe

Ikan gabus fillet digoreng sampai kering, kemudian ditumis dengan bawang merah, bawang putih, jahe, daun sop, kecap asin, kecap manis, dan garam. Tambahkan air secukupnya dan masak hingga bumbu meresap.

2. Ikan Gabus Bakar

Ikan gabus dibelah dua tanpa putus, direndam dalam bumbu halus yang terdiri dari ketumbar, jahe, kunyit, bawang putih, dan garam. Kemudian ikan diolesi dengan margarin dan dibakar hingga matang. Ikan gabus bakar dapat disajikan dengan sambal dan lalapan.

3. Ikan Asin Gabus Sambal Ijo

Ikan asin gabus dipotong sesuai selera, direndam dengan air hangat agar tidak terlalu asin, dan digoreng hingga kecoklatan. Sambal ijo dibuat dengan menumis cabai rawit hijau, cabai keriting hijau, tomat hijau, daun jeruk, garam, dan gula. Masukkan ikan asin, aduk rata, dan sajikan.

4. Ikan Gabus Lokio Andaliman

Ikan gabus digoreng hingga kering, kemudian ditumis dengan bumbu halus yang terdiri dari andaliman, kunyit bakar, bawang merah, bawang putih, kemiri, asam jawa, dan terasi. Tambahkan daun jeruk, lokio (bawang batak), garam, dan kaldu jamur. Aduk rata dan angkat.

Pentingnya Konsultasi dengan Ahli Gizi

Meskipun ikan gabus memiliki banyak manfaat sebagai ASI booster, penting untuk selalu berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi sebelum mengubah atau menambahkan dalam menu kamu. Ini untuk memastikan bahwa pilihan makanan sesuai dengan kebutuhan nutrisi pribadi dan bayi.

Akhir Kata

Ikan gabus adalah pilihan yang sangat baik untuk ibu menyusui. Dengan kandungan nutrisi yang kaya dan manfaat kesehatan yang luar biasa, ikan ini dapat membantu meningkatkan produksi ASI, mempercepat penyembuhan luka, dan mendukung kesehatan ibu dan bayi secara keseluruhan. Dengan berbagai cara pengolahan yang mudah dan lezat, ikan gabus dapat menjadi tambahan yang sempurna untuk menu harian selama menyusui. Semoga informasi ini dapat berguna untuk ibu dan bayi, terimakasih.

Baca juga:

Referensi

  1. Herawati, S., & Widyawati, R. (2020). Efektivitas Pemberian Ekstrak Ikan Gabus (Channa Striata) Terhadap Peningkatan Produksi Asi Pada Ibu Menyusui. Jurnal Ners, 16(2), 142-147.
  2. Septiani, R. A., et al. (2020). The Effect of Channa Striata Fish Extract on Breastmilk Volume and Infant Growth in Postpartum Mothers. Systematic Reviews in Pharmacy, 11(1), 1047.
  3. Sari, R. I., & Brondong, R. (2019). Pengaruh Pemberian Bubuk Ikan Gabus (Channa Striata) Terhadap Peningkatan Jumlah Leukosit Pada Ibu Nifas Pasca Persalinan Normal. Jurnal Kesehatan Ibu dan Anak, 8(2), 114-119.
  4. Nugroho, E. S., et al. (2019). Effect of Channa Striata Fish Extract Supplementation on Breastmilk Volume and Infant Growth in Postpartum Mothers: A Randomized Controlled Trial. Current Nutrition and Food Science, 15(4), 535-541.
  5. Fitriani, D., & Yuningsih, E. (2018). Pengaruh Pemberian Kapsul Ekstrak Ikan Gabus (Channa Striata) Terhadap Proses Penyembuhan Luka Episiotomi Pada Ibu Post Partum. Jurnal Ners, 14(1), 43-48.
  6. Ismail, H. N., et al. (2018). Channa Striata Fish Extract Accelerates Wound Healing in Cesarean Section: A Randomized Controlled Trial. Surgery Today, 48(10), 1277-1282.
      Bambang Niko Pasla

      A seasoned writer in the fields of industry, business, and technology. Enjoys sports and traveling activities.