Manfaat Kolang-Kaling
Gaya Hidup

Kandungan dan 12 Manfaat Kolang-Kaling

Manfaat Kolang-Kaling – Buah kolang-kaling bagi masyarakat Indonesia, tentu bukan lagi nama yang asing. Buah yang kerap menjadi isian es campur atau kolak this ini ternyata menyimpan segudang manfaat untuk kesehatan. Teksturnya yang kenyal dan rasanya yang manis kerap membuat orang ketagihan. Namun, tahukah kamu, di balik kelezatannya, kolang-kaling menawarkan segudang khasiat yang sayang untuk dilewatkan?

Mengenal Kolang-Kaling Lebih Dekat

Kolang-kaling, atau yang dalam dunia ilmiah dikenal dengan nama Arenga pinnata, adalah bagian dari buah aren. Buah aren sendiri berbentuk bulat dan bergelombang, sekilas mirip dengan buah nangka muda. Biji buah aren inilah yang kemudian kita kenal sebagai kolang-kaling. Untuk mendapatkan kolang-kaling, biji aren muda yang belum sepenuhnya matang akan di proses secara khusus. Biasanya, biji aren direbus atau dibakar untuk menghilangkan getah dan lendirnya. Setelah itu, kolang-kaling akan direndam dalam air kapur selama beberapa hari untuk membersihkannya. Proses inilah yang membuat kolang-kaling memiliki tekstur kenyal dan tampilan bening.

Pohon aren sendiri banyak tumbuh di Indonesia, khususnya di daerah Jawa, Sumatera, dan Kalimantan. Selain buahnya, nira aren yang disadap dari bunga jantan pohon aren juga kerap dimanfaatkan untuk membuat gula aren atau kolang-kaling.

Kandungan Kolang-Kaling

Manfaat Kolang-Kaling

Jangan sepelekan si mungil kolang-kaling. Dalam kolang-kaling terkandung berbagai nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh, diantaranya:

  • Air
  • Karbohidrat
  • Serat
  • Protein
  • Lemak
  • Kalsium
  • Fosfor
  • Zat besi
  • Kalium
  • Vitamin A
  • Vitamin B1
  • Vitamin B2
  • Vitamin B6
  • Vitamin C

Meskipun kandungan gizinya tidak setinggi sayuran hijau atau buah-buahan lainnya, kolang-kaling menawarkan keseimbangan nutrisi yang cukup baik.

Manfaat Kolang-Kaling bagi Kesehatan

Berikut ini manfaat kolang-kaling untuk kesehatan yang dirangkum dari beberapa sumber ilmiah.

1. Memelihara Kesehatan Jantung

Senyawa galactomannan yang sama yang berperan dalam menjaga gula darah, juga memiliki efek dalam menurunkan tekanan darah dan kolesterol jahat (LDL). Hasil sebuah penelitian pada Asian Journal of Natural Product Biochemistry menunjukan dengan terjaganya tekanan darah dan kadar kolesterol, risiko penyakit kardiovaskular pun bisa diminimalisir.

2. Menjaga Kadar Gula Darah

Kandungan polisakarida galactomannan dalam kolang-kaling dapat membantu memperlambat penyerapan glukosa ke dalam aliran darah. Dengan begitu, lonjakan kadar gula darah setelah makan bisa diminimalisir. Meskipun penelitian lebih lanjut masih diperlukan, konsumsi kolang-kaling bisa menjadi salah satu langkah untuk menjaga kesehatan gula darah.

3. Memperlancar Sistem Pencernaan

Kolang-kaling mengandung serat tinggi yang dapat membantu memperlancar sistem pencernaan. Serat membantu dalam pembentukan tinja yang lembut, memudahkan pergerakan tinja melalui usus, dan mencegah terjadinya konstipasi. Selain itu, serat juga mendukung pertumbuhan bakteri sehat dalam usus, yang berkontribusi pada kesehatan sistem pencernaan secara keseluruhan.

4. Mencegah Anemia

Zat besi yang terkandung dalam kolang-kaling diperlukan untuk menghasilkan hemoglobin, yang penting untuk pasokan oksigen ke berbagai jaringan tubuh. Sebuah penelitian oleh In E3S Web of Conferences tahun 2021 megungkapkan bahwa kecukupan zat besi dalam tubuh dapat mencegah timbulnya anemia.

5. Menunjang Metabolisme Tubuh

Kandungan mineral seperti zat besi, zink, kalium, dan kalsium dalam kolang-kaling membantu proses metabolisme yang berlangsung di dalam sel-sel tubuh. Tubuh yang memiliki metabolisme yang baik akan memiliki energi dan kebugaran yang cukup untuk menjalankan aktivitas sehari-hari.

6. Baik untuk Kesehatan Kulit

Kandungan air yang tinggi dalam kolang-kaling membantu menjaga kelembapan kulit dan membuatnya tampak lebih segar. Selain itu, kolang-kaling juga dipercaya dapat membantu mengatasi masalah kulit seperti jerawat dan gatal-gatal.

7. Menjaga Kesehatan Tulang

Penelitian yang dipublikasikan tahun 2022 oleh Heliyon menunjukan bahwa kolang-kaling mengandung kalsium, mineral penting yang berperan dalam menjaga kesehatan tulang. Konsumsi kolang-kaling secara rutin dapat membantu mencegah osteoporosis dan menjaga kepadatan tulang.

8. Menjaga Kesehatan Mata

Beberapa hasil penelitian ilmiah menunjukan bahwa kolang-kaling mengandung vitamin A yang penting untuk menjaga kesehatan mata. Vitamin A membantu menjaga fungsi penglihatan dan mencegah penyakit mata seperti rabun senja dan katarak.

9. Menghalau Dehidrasi

Kandungan air yang tinggi dalam kolang-kaling, mencapai sekitar 94%, membuatnya efektif dalam mencegah dehidrasi atau kekurangan cairan dalam tubuh. Dengan mengonsumsi kolang-kaling yang menyegarkan, hal ini dapat membantu memenuhi kebutuhan cairan tubuh.

10. Sebagai Sumber Vitamin

Kolang-kaling mengandung banyak zat gizi, termasuk vitamin seperti vitamin A, vitamin B7, asam folat, dan sebagainya. Dengan mengonsumsi kolang-kaling, Anda membantu mencukupi kebutuhan vitamin dalam tubuh Anda.

11. Sebagai Sumber Energi

Salah satu manfaat kolang-kaling untuk kesehatan adalah dapat meningkatkan energi. Dalam 100 gram kolang-kaling mentah mengandung 21 gram karbohidrat, sehingga kolang-kaling dapat digunakan sebagai sumber energi.

12. Sebagai Anti-Aging

Buah kolang-kaling mengandung galaktomanan, yaitu jenis polisakarida yang dipercaya dapat berfungsi sebagai anti-aging, hal tersebut diungkapkan pada sebuah penelitian tahun 2017 oleh Pharmacognosy Research. Galaktomanan dapat menghambat efek tirosinase yang terjadi pada proses aging.

Tips Mengkonsumsi Kolang-Kaling

  • Konsumsi kolang-kaling secukupnya, tidak berlebihan.
  • Hindari konsumsi kolang-kaling yang mengandung banyak gula.
  • Olah kolang-kaling dengan cara yang sehat, seperti direbus atau dibakar.
  • Jika kamu memiliki kondisi kesehatan tertentu, konsultasikan dengan dokter sebelum mengkonsumsi kolang-kaling.

Kolang-kaling bukan hanya makanan yang lezat dan menyegarkan, tetapi juga kaya akan manfaat kesehatan terutama kita konsumsi di bulan puasa. Konsumsi kolang-kaling secara rutin dan dalam porsi yang wajar dapat membantu kita menjaga kesehatan tubuh dan meningkatkan kualitas hidup.

Semoga informasi tentang manfaat kolang-kaling untuk kesehatan ini dapat berguna ya.

Baca juga:

Referensi

  1. Victor, I., Wikarsa, L., & Orsat, V. (2023). Identification of changes in the freshness of palm (Arenga pinnata) sap. Sugar Tech25(1), 250-256.
  2. LIPUTO, S. M., LAMONDO, D., & SOLANG, M. (2022). Effect of palm sap (Arenga pinnata) on blood glucose levels of mice (Mus musculus) alloxan-induced diabetic. Asian Journal of Natural Product Biochemistry20(1).
  3. Sartinah, A., Nugrahani, I., Ibrahim, S., & Anggadiredja, K. (2022). Potential metabolites of Arecaceae family for the natural anti-osteoarthritis medicine: A review. Heliyon8(12).
  4. Latifah, S., Purwoko, A., Fachrudin, K. A., & Siregar, J. W. (2021). Identification non-timber forest products as a source of halal food for village communities around the forest. In E3S Web of Conferences (Vol. 332, p. 04001). EDP Sciences.
  5. Maryani, Y. (2021). The Local Food Innovation of Aren Beras Kencur as a Healthy Drink.
  6. Li, F., Huo, J., Zhuang, Y., Xiao, H., Wang, W., & Huang, L. (2020). Anti-nociceptive and anti-inflammatory effects of the ethanol extract of Arenga pinnata (Wurmb) Merr. fruit. Journal of ethnopharmacology248, 112349.
  7. Sovia, E., & Anggraeny, D. (2019). Sugar palm fruits (Arenga pinnata) as potential analgesics and anti-inflammatory agent. Molecular and Cellular Biomedical Sciences3(2), 107-14.
  8. Khotimah, H., Riawan, W., Trisnaini, H. A., & Zubaidah, E. (2018). Sugar palm fruit (Arenga pinnata) diminish pain and inflammatory symptoms of osteoarthritis in male wistar rat (Rattus norvegicus). Research Journal of Pharmacy and Technology11(9), 3745-3751.
  9. Ali, S. (2017). Cosmeceutical effects of galactomannan fraction from Arenga pinnata fruits in vitro. Pharmacognosy Research9(1), 39.
Bambang Niko Pasla

A seasoned writer in the fields of industry, business, and technology. Enjoys sports and traveling activities.