Manfaat Sari Kurma
Gaya Hidup

16 Manfaat Sari Kurma yang Menakjubkan untuk Kesehatan 

Manfaat Sari Kurma – kurma sirup, atau sering disebut juga dengan Sari kurma, merupakan minuman yang terbuat dari ekstrak kurma yang dihaluskan dan diambil sarinya. Minuman ini memiliki tekstur kental, berwarna hitam pekat, dan memiliki rasa manis alami yang khas dari buah kurma. Selain memiliki rasa yang lezat, sari kurma juga dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh yang luar biasa.

Kurma adalah buah yang telah lama dikenal sebagai makanan yang kaya akan nutrisi. Buah ini kaya akan serat, vitamin (A, B1, B2, C, dan E), mineral (kalsium, besi, magnesium, dan kalium), dan antioksidan yang penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Dalam bentuk sari kurma, nutrisi yang terkandung dalam buah kurma ini menjadi lebih mudah diserap oleh tubuh, sehingga manfaatnya pun dapat dirasakan dengan lebih cepat dan efektif.

Ragam Manfaat Sari Kurma

Manfaat Sari Kurma

Berbagai penelitian pun telah membuktikan bahwa konsumsi sari kurma secara rutin dapat memberikan beragam manfaat positif bagi tubuh. Nah, berikut ini beragam manfaat sari kurma yang bisa kita dapatkan jika mengonsumsinya secara teratur:

1. Sumber Energi Baik

Sari kurma mengandung kadar gula alami yang tinggi seperti sukrosa, glukosa, dan fruktosa, sehingga dapat memberikan sumber energi tambahan yang baik bagi tubuh. Ini membuat sari kurma menjadi minuman yang baik untuk mengatasi kelelahan dan kelesuan.

2. Mencegah Kanker

Antioksidan dalam sari kurma dapat membantu melawan sel-sel kanker yang berkembang di dalam tubuh. Konsumsi sari kurma secara rutin dapat membantu mencegah berbagai jenis kanker.

3. Mencegah Alzheimer

Kandungan antioksidan dalam sari kurma juga dapat membantu mencegah penyakit Alzheimer. Antioksidan ini melindungi sel-sel otak dari kerusakan dan mengurangi risiko terjadinya gangguan kognitif.

4. Meningkatkan Berat Badan

Bagi yang ingin menambah berat badan, konsumsi sari kurma secara rutin dapat membantu meningkatkan berat badan. Sari kurma mengandung gula alami dan protein yang baik untuk meningkatkan berat badan secara sehat.

5. Mempercepat Proses Persalinan

Untuk ibu hamil, konsumsi sari kurma dapat membantu mempercepat proses persalinan. Sari kurma dapat membantu merangsang kontraksi pada rahim, sehingga mempercepat proses persalinan.

6. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Sari kurma mengandung antioksidan yang tinggi, seperti vitamin C dan E, yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Antioksidan ini bekerja melawan radikal bebas yang dapat merusak sel-sel tubuh dan menyebabkan berbagai penyakit.

7. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Sari kurma juga baik untuk kesehatan pencernaan. Tingginya serat dalam sari kurma membantu menjaga kesehatan usus dan mencegah sembelit. Serat yang tidak larut dalam sari kurma membantu meningkatkan sistem pencernaan yang sehat.

8. Menjaga Kesehatan Jantung

Sari kurma mengandung nutrisi penting seperti kalium dan magnesium yang baik untuk kesehatan jantung. Kalium membantu menjaga tekanan darah tetap stabil, sedangkan magnesium membantu mengatur detak jantung.

9. Menjaga Kesehatan Kulit

Vitamin C dan E dalam sari kurma membantu menjaga kesehatan kulit. Antioksidan ini melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas dan menjaga kelembaban kulit.

10. Mengurangi Kerontokan Rambut

Kandungan zat besi dalam sari kurma membantu mengurangi kerontokan rambut. Zat besi meningkatkan aliran darah ke folikel rambut dan memperkuat akar rambut.

11. Mencegah Anemia

Kandungan zat besi dalam sari kurma membantu mengatasi anemia. Konsumsi sari kurma secara rutin dapat meningkatkan produksi sel darah merah dan mengatasi kekurangan zat besi dalam tubuh.

12. Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan vitamin A dalam sari kurma dapat membantu menjaga kesehatan mata, terutama pada malam hari. Konsumsi sari kurma secara rutin dapat membantu mengatasi gangguan penglihatan yang disebabkan oleh kekurangan vitamin A seperti rabun senja.

13. Mengatasi Asam Lambung

Meskipun bersifat basa, sari kurma dapat membantu mengatasi asam lambung. Konsumsi sari kurma dapat membantu menetralkan asam lambung dan mengurangi gejala asam lambung.

14. Menjaga Kesehatan Tulang

Sari kurma mengandung berbagai mineral penting seperti kalsium, kalium, dan magnesium, yang penting untuk kesehatan tulang. Konsumsi sari kurma secara rutin dapat membantu mencegah osteoporosis dan menjaga kepadatan tulang.

15. Mengatasi Gangguan Pencernaan

Sari kurma mengandung serat yang tinggi, yang membantu memelihara kesehatan pencernaan. Serat ini membantu memperlancar proses pencernaan, mencegah sembelit, dan menjaga kesehatan usus.

16. Menurunkan Risiko Diabetes

Meskipun mengandung gula alami, sari kurma memiliki indeks glikemik rendah sehingga aman dikonsumsi oleh penderita diabetes. Konsumsi sari kurma dapat membantu mengontrol kadar gula darah.

Itulah beberapa manfaat sari kurma untuk kesehatan tubuh, semoga berguna ya.

Baca juga:

Referensi

  1. Mahomoodally, M. F., Khadaroo, S. K., Hosenally, M., Zengin, G., Rebezov, M., Ali Shariati, M., … & Simal-Gandara, J. (2023). Nutritional, medicinal and functional properties of different parts of the date palm and its fruit (Phoenix dactylifera L.)–A systematic review. Critical Reviews in Food Science and Nutrition, 1-56.
  2. Al-Dashti, Y. A., Holt, R. R., Keen, C. L., & Hackman, R. M. (2021). Date palm fruit (Phoenix dactylifera): Effects on vascular health and future research directions. International journal of molecular sciences22(9), 4665.
  3. Al-Dashti, Y. A., Holt, R. R., Keen, C. L., & Hackman, R. M. (2021). Date palm fruit (Phoenix dactylifera): Effects on vascular health and future research directions. International journal of molecular sciences22(9), 4665.
  4. Mohamed, H. I., El-Beltagi, H. S., Jain, S. M., & Al-Khayri, J. M. (2021). Date palm (Phoenix dactylifera L.) secondary metabolites: Bioactivity and pharmaceutical potential. In Phytomedicine (pp. 483-531). Academic Press.
  5. El-Far, A. H., Oyinloye, B. E., Sepehrimanesh, M., Allah, M. A. G., Abu-Reidah, I., Shaheen, H. M., … & Mousa, S. A. (2019). Date palm (Phoenix dactylifera): Novel findings and future directions for food and drug discovery. Current drug discovery technologies16(1), 2-10.
  6. Gnanamangai, B. M., Saranya, S., Ponmurugan, P., Kavitha, S., Pitchaimuthu, S., & Divya, P. (2019). Analysis of antioxidants and nutritional assessment of date palm fruits. Sustainable Agriculture Reviews 34: Date Palm for Food, Medicine and the Environment, 19-40.
Bambang Niko Pasla

A seasoned writer in the fields of industry, business, and technology. Enjoys sports and traveling activities.