Pantai di Kalimantan
Kalimantan

13 Nama Pantai di Kalimantan yang Terkenal dan Paling Hits

Kalimantan, yang merupakan bagian dari Pulau Borneo, memang tidak selalu terkenal sebagai tujuan wisata pantai seperti Bali atau Maluku. Namun, jangan salah sangka! Pantai-pantai di Kalimantan juga menyimpan pesona yang tak kalah menakjubkan. Dengan keindahan alamnya yang masih alami dan beragam, pantai-pantai ini siap memanjakan mata dan jiwa para pengunjungnya.

Pantai di Kalimantan yang Terkenal dan Paling Hits

Pantai di Kalimantan

Mari kita eksplorasi bersama keindahan alam pantai Kalimantan yang sering kali menjadi sebuah surga bagi wisatawan yang disadur dari beberapa sumber.

1. Pantai Ujung Pandaran

Pantai Ujung Pandaran, yang terletak di Desa Ujung Pandaran, Kecamatan Teluk Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, menawarkan pengalaman snorkeling dan diving yang menakjubkan. Dengan biota laut yang cantik dan pasir putih yang indah, pantai ini cocok untuk bersantai dan menikmati keindahan alam.

Pantai Ujung Pandaran merupakan destinasi yang sempurna bagi para pecinta kehidupan bawah laut yang ingin menjelajahi keajaiban alam Kalimantan Tengah. Dengan pemandangan yang memukau dan fasilitas yang lengkap, pantai ini akan memberikan pengalaman liburan yang tak terlupakan bagi para pengunjungnya.

2. Pantai Kemala

Pantai Kemala, yang terletak di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, menawarkan pengalaman pantai yang menarik di tengah kota. Dengan pasir putih, air biru, dan suasana yang ramai, pantai ini cocok untuk bersantai dan menikmati keindahan alam.

Di sini, pengunjung dapat berjalan-jalan, berenang, menyelam, atau hanya sekadar menikmati pemandangan pantai yang indah. Pantai Kemala adalah destinasi yang sempurna untuk menghabiskan waktu liburan bersama keluarga dan teman-teman di Kota Balikpapan.

3. Pantai Pulau Samber Gelap

Pantai Pulau Samber Gelap, terletak di Kotabaru, Kalimantan Selatan, adalah permata tersembunyi yang layak untuk dikunjungi. Meskipun hanya berukuran kecil, pulau ini menawarkan pemandangan yang luar biasa. Dengan bibir pantai yang dipenuhi terumbu karang hitam dan pasir putih yang halus, Pulau Samber Gelap akan memukau siapa pun yang mengunjunginya.

Selain menikmati keindahan alamnya, Pulau Samber Gelap juga merupakan tempat yang cocok untuk wisata memancing. Para pengunjung juga dapat mengunjungi observasi penyu yang terletak di pulau ini. Perjalanan selama sekitar 2 jam dengan speedboat dari Kotabaru menuju Pulau Samber Gelap akan memberikan pengalaman tak terlupakan bagi para petualang pantai.

4. Pantai Cemara Labat

Pantai Cemara Labat, yang terletak di Desa Sungai Cabang Barat, Kabupaten Sukamara, Kalimantan Tengah, menawarkan pengalaman pantai yang tenang dan damai di tengah alam yang masih alami. Dengan hamparan pasir putih dan pohon cemara yang rindang, pantai ini cocok untuk bersantai dan menikmati keindahan alam.

Pengunjung juga dapat menikmati spot foto instagramable dan rumah-rumahan kayu untuk duduk santai di pantai ini. Pantai Cemara Labat adalah destinasi yang sempurna untuk melarikan diri dari hiruk pikuk kehidupan kota dan menikmati kedamaian alam di Kalimantan Tengah.

5. Pantai Temajuk

Pantai Temajuk, yang terletak di Kabupaten Sambas, Provinsi Kalimantan Barat, merupakan salah satu destinasi pantai yang harus dikunjungi di Kalimantan. Dengan fasilitas lengkap dan pemandangan yang memukau, pantai ini menarik wisatawan tidak hanya dari Indonesia tetapi juga dari negara tetangga, Malaysia, dan bahkan negara lain.

Selain menikmati keindahan pantai dan fasilitas yang disediakan, pengunjung juga dapat menyaksikan petani ubur-ubur yang memanen hewan laut ini. Ubur-ubur yang dijadikan komoditas unggulan di pantai ini bahkan diekspor ke Korea Selatan untuk bahan baku kosmetik. Pantai Temajuk menjadi destinasi yang tidak boleh dilewatkan bagi mereka yang mencari pengalaman pantai yang eksotis di Kalimantan Barat.

6. Gosong Senggora

Gosong Senggora, yang terletak tak jauh dari Taman Nasional Tanjung Puting, Kalimantan Tengah, menawarkan pengalaman snorkeling dan diving yang spektakuler. Dengan terumbu karang dan fauna laut yang dilindungi, seperti penyu, pantai ini menjadi surga bagi para pecinta kehidupan bawah laut.

Pengunjung dapat menyewa perahu motor nelayan untuk menyeberang ke Gosong Senggora dan menikmati keindahan alam yang masih alami dan tersembunyi. Gosong Senggora merupakan destinasi yang sempurna bagi para petualang yang mencari pengalaman pantai yang berbeda di Kalimantan Tengah.

7. Pantai Ambalat

Pantai Ambalat, dengan pemandangan pasir putih kecokelatan yang dipadu dengan birunya laut, menawarkan pengalaman pantai yang unik di timur Kalimantan. Terletak di daerah Amborawang Laut, Kecamatan Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara, pantai ini mempesona dengan deretan pohon pinus yang melengkapi keindahan alamnya.

Selain menikmati suasana pantai, pengunjung juga dapat melakukan berbagai aktivitas seperti bermain ATV, berkemah, atau camping. Pantai Ambalat menjadi destinasi yang menarik bagi para petualang yang mencari pengalaman pantai yang berbeda di Pulau Borneo.

8. Pantai Biduk Biduk

Pantai Biduk Biduk, yang terletak di Desa Wisata Biduk Biduk, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur, menawarkan pengalaman pantai yang eksotis di timur Kalimantan. Dengan pasir putih halus dan laut yang berwarna biru bening, pantai ini cocok untuk bersantai dan menikmati keindahan alam.

Di sini, pengunjung dapat menikmati matahari terbit, berenang, bermain pasir, snorkeling, dan mencoba berbagai wahana air. Pantai Biduk Biduk merupakan destinasi yang sempurna untuk menghabiskan waktu liburan bersama keluarga dan teman-teman.

9. Pulau Derawan

Pulau Derawan, yang terletak di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur, dikenal dengan keindahan hayati bawah lautnya yang spektakuler. Objek wisata ini dianggap sebagai salah satu destinasi bahari terindah di dunia setelah Raja Ampat. Dengan pasir putih yang lembut dan air laut yang bergradasi warna biru, Pulau Derawan menjadi surga bagi para pecinta snorkeling dan diving.

Selain menikmati keindahan bawah laut, pengunjung juga dapat menyaksikan konservasi penyu, kura-kura raksasa, lumba-lumba, pari manta, duyung, dan berbagai spesies laut lainnya. Pulau Derawan adalah destinasi impian bagi para penggemar kehidupan laut yang ingin menjelajahi keajaiban bawah laut Kalimantan Timur.

10. Pantai Sungai Umbang

Pantai Sungai Umbang, yang terletak di Desa Umbang, Kecamatan Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, menawarkan pengalaman pantai yang tenang dan damai. Dengan pasir putih, ombak tenang, dan pepohonan rindang, pantai ini cocok untuk bersantai dan menikmati keindahan alam.

Di sini, pengunjung dapat berenang, berfoto-foto, atau hanya sekadar menikmati suasana pantai yang tenang. Pantai Sungai Umbang adalah destinasi yang sempurna untuk melarikan diri dari hiruk pikuk kehidupan kota dan menikmati kedamaian alam.

11. Pulau Lemukutan

Pulau Lemukutan, yang terletak di Kecamatan Sungai Raya Kepulauan, Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat, menawarkan pengalaman pantai yang berbeda dari yang lain. Dengan pemandangan air laut yang bening dan keindahan terumbu karang di bawah laut, pulau ini merupakan surga tersembunyi bagi para penggemar snorkeling dan diving.

Selain menikmati keindahan alamnya, pengunjung juga dapat merasakan kehidupan pulau yang masih sangat alami. Dengan rumah-rumah warga yang masih terbuka meski sudah malam, dan nelayan yang pergi mencari ikan di pagi hari, Pulau Lemukutan menawarkan pengalaman yang autentik bagi para pengunjungnya.

12. Pantai Tanjung Penghujan

Pantai Tanjung Penghujan, yang terletak di Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, menawarkan pengalaman pantai yang menenangkan di tengah hiruk pikuk kehidupan kota. Dengan pantai pasir kecokelatan yang lembut dan matahari terbenam yang menenangkan, pantai ini cocok untuk bersantai dan menikmati keindahan alam.

Fasilitas yang lengkap, seperti mushola, tempat makan, dan toilet, membuat pengunjung merasa nyaman saat berada di pantai ini. Pantai Tanjung Penghujan adalah destinasi yang sempurna untuk menghabiskan waktu liburan bersama keluarga dan teman-teman.

13. Pantai Batu Lamampu

Pantai Batu Lamampu, yang terletak di Pulau Sebatik, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara, menawarkan pengalaman pantai yang berbeda di bagian utara Kalimantan. Dengan garis pantai yang panjang dan pasir putih kecokelatan, pantai ini cocok untuk bersantai dan berenang.

Untuk mencapai Pantai Batu Lamampu, pengunjung harus menyeberang laut dengan perahu atau kapal feri. Namun, perjalanan ini akan terbayar dengan pemandangan alam yang memukau dan pengalaman yang tak terlupakan di Pulau Sebatik.

Demikianlah informasi tentang nama pantai di kalimantan yang terkenal dan paling hits, semoga bermanfaat.

Baca juga:

Bambang Niko Pasla

A seasoned writer in the fields of industry, business, and technology. Enjoys sports and traveling activities.