Cara Tambah Daya Listrik 450 ke 900
Tips

Begini Cara Tambah Daya Listrik 450 ke 900 Subsidi

Cara Tambah Daya Listrik 450 ke 900 – Listrik merupakan kebutuhan utama dalam kehidupan sehari-hari, baik di rumah maupun di tempat kerja. Semakin banyaknya perangkat elektronik yang digunakan, sering kali membuat daya listrik yang ada tidak mencukupi. Salah satu solusi yang bisa diambil adalah menambah daya listrik dari 450 VA ke 900 VA, terutama bagi mereka yang menikmati subsidi listrik dari pemerintah.

Persyaratan Menambah Daya Listrik

Sebelum melakukan proses penambahan daya, ada beberapa persyaratan yang perlu disiapkan. Berikut adalah dokumen dan informasi yang perlu disiapkan:

  • Fotokopi Rekening Listrik Terakhir.
  • Fotokopi KTP Pemohon.
  • Lembar Denah Lokasi Bangunan.
  • Materai.

Cara Tambah Daya Listrik Secara Online

PLN menyediakan layanan online untuk mempermudah proses penambahan daya listrik. Berikut ini langkahnya:

1. Unduh dan Buka Aplikasi PLN Mobile

Langkah pertama adalah mengunduh aplikasi PLN Mobile dari Google Playstore atau Apple Appstore. Setelah diunduh, buka aplikasi tersebut.

2. Pilih Menu Perubahan Daya

Pada halaman utama aplikasi PLN Mobile, pilih menu “Perubahan Daya” dan klik “Mulai”. Menu ini akan mengarahkan kamu ke proses perubahan daya listrik.

3. Masukkan Rincian Identitas

Masukkan ID Pelanggan atau Nomor Meter yang terdaftar. Pastikan data yang dimasukkan benar agar proses berjalan lancar. Setelah selesai, klik “Lanjutkan”.

4. Lengkapi Data Lokasi

Kamu akan diminta untuk menentukan titik koordinat lokasi rumah. Lengkapi data lokasi sesuai dengan keadaan sebenarnya, kemudian klik “Lanjutkan”.

5. Pilih Jenis Listrik dan Daya Baru

Pilih daya baru yang diinginkan, dalam hal ini 900 VA. Tentukan juga jenis koneksi listrik (prabayar atau pascabayar) serta peruntukan listriknya. Klik “Lanjutkan” untuk melanjutkan proses.

6. Kirim Permohonan

Isi jenis permohonan apakah untuk diri sendiri atau orang lain. Jika untuk orang lain, lengkapi Data Pelanggan dan Data Pemohon. Tinjau ringkasan data permohonan dan klik “Kirim Permohonan”.

7. Melakukan Pembayaran Tambah Daya

Setelah permohonan dikirim, kamu akan ditampilkan syarat dan ketentuan. Pahami syarat dan ketentuan tersebut, lalu klik “Setuju”. Pilih metode pembayaran yang diinginkan, baik melalui dompet digital maupun transfer bank dengan virtual account. Setelah memilih metode pembayaran, klik “Bayar”.

Cara Tambah Daya Listrik Secara Offline

Selain secara online, kamu juga bisa menambah daya listrik dengan mendatangi kantor PLN terdekat. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Hubungi Kantor PLN Terdekat

Cari tahu lokasi kantor PLN terdekat dari rumah. Kamu bisa menghubungi kantor tersebut untuk memastikan jam operasional dan persyaratan yang perlu dibawa.

2. Datangi Kantor PLN dengan Membawa Persyaratan

Bawa semua dokumen yang telah disebutkan di atas (fotokopi rekening listrik terakhir, fotokopi KTP, lembar denah lokasi bangunan, dan materai) ke kantor PLN terdekat.

3. Sampaikan Permohonan Tambah Daya

Setibanya di kantor PLN, sampaikan kepada petugas bahwa Anda ingin menambah daya listrik dari 450 VA ke 900 VA. Petugas akan membantu kamu mengisi formulir yang diperlukan dan memproses permohonan Anda.

4. Lakukan Pembayaran di Loket

Setelah permohonan diterima, lakukan pembayaran di loket yang telah disediakan. Pastikan kamu mendapatkan bukti pembayaran sebagai tanda bahwa proses permohonan sedang diproses.

Biaya Tambah Daya Listrik PLN

Berikut adalah rincian biaya untuk menambah daya listrik dari 450 VA ke 900 VA dengan subsidi:

  • Dari 450 VA ke 900 VA: Rp 421.650

PLN sering kali memberikan diskon atau promo untuk penambahan daya, terutama pada periode tertentu seperti bulan Ramadan atau hari besar lainnya. Kamu bisa memanfaatkan promo ini untuk menghemat biaya penambahan daya listrik.

Dengan memahami langkah-langkah dan persyaratan yang diperlukan, kamu bisa menambah daya listrik dengan lancar dan efisien. Pastikan memantau penggunaan listrik dan menggunakan perangkat hemat energi untuk mengoptimalkan konsumsi listrik di rumah.

Bambang Niko Pasla

A seasoned writer in the fields of industry, business, and technology. Enjoys sports and traveling activities.