Lubuk Penyengat
Sumatera

Lubuk Penyengat Muaro Jambi, Destinasi Wisata yang Memikat

Lubuk Penyengat, terletak di Desa Baru, Muara Sebo, Kabupaten Muaro Jambi. Perjalanan menuju Lokasi dimulai dari kota Jambi, menempuh perjalanan sekitar 15 kilometer hingga tiba di destinasi ini. Pengunjung yang menggunakan kendaraan roda dua akan merasakan keasyikan perjalanan selama sekitar 30 menit sebelum mencapai simpang tiga yang mengarah ke komplek percandian Muara Jambi. Di simpang ini, beloklah menuju desa kecil sekitar 500 meter dari simpang tersebut, dan kita akan memulai petualangan tak terlupakan.

Daya Tarik Lubuk Penyengat

Sumber Gambar: Instagram Lubuk_Penyengat

Salah satunya daya tarik wisata lubuk penyengat adalah konsep wisatanya yang unik, hasil kolaborasi antara pemuda desa dan masyarakat sekitar. Mereka berhasil menciptakan lingkungan alam yang mempesona, memberikan pengalaman tak terlupakan bagi para pengunjung.

Ketibaan di Lubuk Penyengat akan menghadirkan pemandangan menakjubkan, pondok-pondok di atas aliran sungai desa yang tenang, mengalir sepanjang jalan lintas Jambi Muara Sebo. Suasana alam yang tenang ini memberikan ketenangan dan keindahan yang sulit diungkapkan dengan kata-kata.

Lubuk Penyengat bukan hanya tentang alam, tetapi juga tentang budaya lokal yang kaya. Komunitas pemuda setempat tidak hanya berperan aktif dalam pengembangan wisata, tetapi juga menciptakan oleh-oleh khas untuk pengunjung. Pernak-pernik unik, seperti gelang dan kalung sebalik sumpah dari pohon Sebalik Sumpah, menjadi kenang-kenangan yang autentik.

Selain itu, destinasi wisata tersebut juga menawarkan spot-spot foto yang menarik, mulai dari ayunan sarang burung di atas sungai hingga arena bermain dengan patung dinosaurus dan SpongeBob terbuat dari sabut kelapa. Pastikan membawa kamera untuk mengabadikan momen tak terlupakan selama berkunjung.

Aktivitas Wisata di Lubuk Penyengat

Lubuk Penyengat
Sumber Gambar: Instagram Lubuk_Penyengat

Lubuk Penyengat bukan hanya tentang panorama alamnya, tetapi juga tentang aktivitas menarik yang ditawarkan. Pengunjung dapat bersantai di pondok-pondok sungai desa sambil menikmati aliran air yang tenang, menciptakan momen damai dan penuh keindahan.

Berpetualang di sungai dengan perahu sampan menjadi pengalaman yang tak boleh dilewatkan. Apakah Anda ingin mengemudi sendiri atau diantar oleh petugas berpengalaman, penggunaan rompi pelampung juga disediakan untuk keselamatan. Nikmati eksplorasi candi-candi kuno di kompleks percandian Muara Jambi, menyusuri jejak sejarah Hindu-Buddha di Indonesia.

Setelah menjelajahi keindahan alam dan budaya, gairah makan akan muncul. Jangan khawatir, di sekitar area wisata terdapat beragam pilihan kuliner lezat. Rasakan nikmatnya rendang khas Jambi yang pedas dan gurih, atau cicipi kelezatan ikan air tawar seperti patin atau nila.

Warung-warung dan pedagang kaki lima di sekitar Lubuk menawarkan berbagai makanan lokal, mulai dari kerupuk kulit, bakso ikan, hingga otak-otak. Sajikan nasi goreng atau mi goreng sebagai hidangan utama, dan selesaikan dengan minuman segar lokal seperti jus kelapa muda atau es kacang merah.

Harga Tiket

Gerbang masuk dipercantik dengan ornamen serabut kelapa, dan di atasnya terdapat tulisan khas Jambi yang mengundang dengan kata-kata, “Ko Dio E Pintu Masuk Lubuk Penyengat.” Nikmati pengalaman masuk wisata hanya dengan membayar tiket masuk seharga 5000 rupiah per orang. Harga yang ramah di kantong untuk menjelajahi keindahan alam dan budaya yang menanti.

Jam Buka

Lubuk Penyengat Muaro jambi terbuka untuk wisata dari jam 7.00 sampai 5.00 WIB.

Peta Lokasi

Tips Wisata di Lubuk Penyengat

Berikut beberapa tis dan saran jika berencana berwisata ke sana berdasarkan pengalaman kita selama ini.

  • Untuk pengunjung tanpa kendaraan pribadi, periksalah opsi transportasi umum atau shuttle yang mungkin tersedia.
  • Pastikan mengetahui fasilitas umum seperti toilet, area istirahat, dan tempat pembelian suvenir di sekitar Lokasi.
  • Periksa jam operasional wisata, termasuk informasi tentang hari libur atau perubahan jam operasional khusus.
  • Jika berencana melakukan aktivitas air, seperti mengendarai perahu sampan, pastikan untuk mengikuti petunjuk keselamatan dan menggunakan peralatan pelindung yang disediakan.
  • Tetap perbarui informasi sebelum pergi ke Lubuk Penyengat melalui situs web resmi atau kunjungi instagram lubuk_penyegat yang tersedia, berikut ini no Whatsapp yang dapat di hubungi 085266366446.

Dengan keindahan alam yang luar biasa, konsep wisata yang unik, dan peran aktif komunitas pemuda setempat, Lubuk Penyengat telah menjadi destinasi yang sangat populer di Muaro Jambi. Jangan lewatkan kesempatan untuk merasakan pesona keindahan alam dan budaya yang unik ini sendiri. Selamat menikmati petualangan di Lubuk Penyengat!

Baca juga:

Photo-Photo

Lubuk
Kunjungan Wisat di lubuk Penyengat
Lubuk Penyengat
Bermain Ayunan
Lubuk Penyengat
Bersantai dan Bermain
Bambang Niko Pasla

A seasoned writer in the fields of industry, business, and technology. Enjoys sports and traveling activities.