Rawa Bento
Sumatera

Rawa Bento: Daya Tarik dan Tantangan Ekologis

Rawa Bento, terletak di Desa Jernih Jaya, Kecamatan Gunung Tujuh, Kabupaten Kerinci, berdiri gagah dengan ketinggian mencapai 1333 mdpl. Wilayah seluas sekitar 1000 hektar ini menggoda para penjelajah dengan keindahan rumput rawa gambut yang menjulang, hutan rawa kerdil yang menawan, dan danau rawa kecil yang menyimpan beragam kehidupan.

Akses menuju Rawa Bento tidaklah sulit. Kita dapat menikmati perjalanan yang memikat dengan menggunakan perahu tradisional bermesin dari Desa Jernih Jaya dan Desa Pelompek. Deretan perahu ini siap membawa menyusuri sungai menuju hamparan rumput Bento yang memukau.

Perjalanan ini tidak hanya sekadar petualangan. Selama sekitar satu jam perjalanan dari dermaga Desa Jernih Jaya, kita akan disuguhi pemandangan indah Gunung Tujuh, Gunung Kerinci, hutan rawa kerdil, dan Danau. Jika cuaca bersahabat, hutan rawa kerdil dengan latar belakang Gunung Kerinci akan menyajikan pemandangan yang begitu memesona.

Daya Tarik Rawa Bento

Rawa Bento
Sumber Gambar: Instagram Wisata Alam Exclusie

Rawa Bento bukan hanya sekadar gumpalan air di tengah-tengah hutan. Kawasan ini menghadirkan ekosistem yang luar biasa, mencakup rumput rawa gambut, hutan rawa kerdil, dan danau rawa kecil. Rumput Bento yang mendominasi memberikan karakteristik unik pada rawa ini, sementara hutan rawa kerdil menjadi rumah bagi beragam pohon seperti Eugenia spicata, Palaquium sp., Syzygium sp., Elaeocarpus sp., dan Ficus sp.

Sungai dan danau Bento menjadi rumah bagi berbagai jenis ikan, seperti ikan semah, ikan pareh, ikan saluang, dan belut. Kandungan ikan yang tinggi ini tidak hanya menyajikan keindahan alam, tetapi juga menjadi mata pencaharian utama bagi nelayan setempat.

Bagi para pengamat burung, Rawa Bento menjadi surga yang menakjubkan. Lebih dari 400 jenis burung tersebar di kawasan ini, menciptakan pemandangan yang menakjubkan bagi para pencinta alam. Burung air migran seperti trinil semak, trinil pantai, dan berkik rawa menjadikan rawa ini sebagai rumah mereka. Selain itu, terdapat 38 jenis burung lain yang juga menetap di hutan rawa kerdil ini.

Aktivitas Menarik di Rawa Bento

Rawa Bento

Aktivitas utama di Rawa Bento adalah menyusuri hutan rawa lebat dengan perahu tradisional, memberikan sensasi seperti menjelajah Sungai Amazon di Amerika Selatan. Wisatawan dapat menikmati pengalaman berkemah yang unik di lokasi yang strategis sambil menyaksikan kehidupan alam yang berlimpah.

Hanya dengan biaya Rp 500.000 sampai Rp. 670.000 per perahu yang dapat menampung hingga 10 orang, perjalanan trekking sekitar 30 menit, plus fasilitas seperti pelampung, tikar, kursi, dan meja lipat, kita dapat merasakan pesona menyusuri keindahan Rawanya. Namun, perlu diingat bahwa jumlah perahu di Desa Jernih Jaya lebih banyak dengan kapasitas yang lebih besar, membuat perjalanan semakin nyaman.

Fasilitas di Rawa Bento

Penginapan di sekitar Rawa Bento mungkin terbatas, tetapi beberapa homestay dan hotel dapat ditemukan di Desa Kersik Tuo Kayu Aro. Dengan fasilitas yang sederhana namun ramah lingkungan, kita dapat merasakan kehangatan keramahan penduduk setempat. selain itu

Ancaman dan Tantangan Ekologis

Rawa Bento
Populasi Enceng Gondok di Rawa Bento

Namun, keindahan ini tidak luput dari ancaman. Populasi tanaman invasif seperti eceng gondok dan kayu apu menimbulkan masalah ekologis serius. Ledakan populasi tanaman ini tidak hanya mengganggu kelancaran transportasi dengan menyebabkan penumpukan massa tanaman di sungai, tetapi juga mengancam populasi ikan. Penurunan jumlah populasi fitoplankton dan zooplankton yang merupakan sumber makanan bagi ikan dapat menyebabkan dampak serius pada ekosistem rawa.

Namun, Pemerintah Provinsi Jambi telah berkomitmen untuk mendukung Kabupaten Kerinci dalam mengembangkan potensi wisata alam ini. Dukungan ini diharapkan akan membantu mengatasi tantangan dan menjadikannya sebagai destinasi unggulan yang tidak hanya diminati oleh wisatawan lokal, tetapi juga internasional.

Tips Berwisata

Berikut ini beberapa tips berdasarkan pengalam kita nerkunjung di sana.

  • Pastikan untuk merencanakan perjalanan dengan baik, lakukan reservasi perahu atau paket wisata dengan waktu yang cukup, terutama saat musim liburan atau akhir pekan.
  • Bawa perlengkapan yang sesuai seperti pakaian nyaman, alas kaki yang tahan air, topi, dan kacamata hitam. Jangan lupa membawa kamera atau smartphone untuk mengabadikan momen-momen indah.
  • Meskipun Rawa Bento menawarkan pengalaman yang unik di setiap musim, mengetahui cuaca dapat membantu Anda menyiapkan diri dengan baik.
  • Pilih paket wisata yang sesuai dengan preferensi, apakah lebih suka petualangan singkat, full day, atau pengalaman camping, pastikan paket tersebut memenuhi ekspektasi Anda.
  • Gunakan pakaian yang sesuai dengan aktivitas outdoor dan dapat menjaga kenyamanan selama trekking dan berada di air.
  • Membawa perlengkapan tambahan seperti sleeping bag, peralatan masak ringan, dan perlengkapan pribadi untuk kenyamanan selama bermalam.
  • Patuhi peraturan dan ikuti panduan dari pemandu lokal demi memastikan keamanan tetapi juga memberikan informasi berharga tentang flora dan fauna setempat.
  • Hindari merusak lingkungan, jangan ambil atau merusak tanaman dan hewan, serta pastikan untuk membuang sampah dengan benar.
  • Beberapa aktivitas di Rawa Bento mungkin memerlukan kondisi fisik yang baik. Pastikan untuk beristirahat cukup sebelum perjalanan dan siap untuk petualangan yang menantang.
  • Meskipun fasilitas seperti air galon disediakan, bawa bekalan air minum dan camilan ringan untuk menjaga energi kita selama perjalanan.

Kita cukupin dulu ulasan tentang Rawa Bento, semoga informasi yang kita berikan dapat menarik minat untuk berwisata ke sini, terimakasih.

Peta lokasi

Baca juga:

Photo-Photo

Rawa Bento
Keindahan Alam yang Memukau
Rawa Bento
Rawa Bento dan Gunung Kerinci
Rawa Bento
Wisata Berperahu dengan View Gunung Kerinci
Rawa Bento
Camping di Sekitar Rawa
Wisata Camping dengan view Gunung Kerinci
Bambang Niko Pasla

A seasoned writer in the fields of industry, business, and technology. Enjoys sports and traveling activities.