Perbedaan Notebook dan Laptop
Hardware

10 Perbedaan Notebook dan Laptop

Perbedaan Notebook dan Laptop – Notebook dan laptop telah menjadi bagian penting dalam kehidupan sehari-hari di era digital seperti sekarang ini. Kedua perangkat ini sering dianggap sama, tetapi sebenarnya ada perbedaan yang cukup signifikan antara keduanya dan masih banyak orang yang bingung tentang perbedaan antara keduanya.

Perbedaan Notebook dan Laptop

Berikut ini beberapa perbedaan notebook dan laptop sebagai panduan untuk memilih perangkat yang tepat.

1. Dimensi dan Berat

Salah satu perbedaan utama antara keduanya adalah dimensi dan beratnya. Notebook biasanya lebih kecil dan ringan dibandingkan dengan laptop. Notebook memiliki dimensi sekitar 1 sampai 2 kg, sementara laptop memiliki dimensi sekitar 1,5 kg sampai 2,5 kg. Selain itu, notebook juga lebih tipis, dengan ketebalan sekitar 0,5 hingga 1 inci, sedangkan laptop memiliki ketebalan sekitar 1,5 hingga 2 inci. Karena ukurannya yang ringkas, notebook lebih mudah dibawa-bawa dan cocok untuk digunakan saat bepergian.

2. Ukuran Layar

Ukuran layar juga menjadi perbedaan antara notebook dan laptop. Laptop biasanya memiliki layar lebih besar, mulai dari 14 hingga 17 inci, sedangkan notebook memiliki layar lebih kecil, mulai dari 8 hingga 13 inci. Namun, dengan perkembangan teknologi, ada beberapa laptop yang memiliki layar besar namun tetap ringkas karena menggunakan bezel tipis.

3. Prosesor dan Performa

Laptop umumnya memiliki performa yang lebih tinggi dibandingkan dengan notebook. Hal ini karena laptop biasanya ditenagai oleh prosesor yang lebih kencang, seperti Intel Core i3, i5, i7, atau bahkan i9 untuk keperluan gaming berat. Sedangkan notebook biasanya menggunakan prosesor hemat daya, seperti Intel Celeron atau Pentium, yang lebih fokus pada efisiensi energi daripada performa tinggi.

4. Spesifikasi Grafis

Selain prosesor, spesifikasi grafis juga menjadi perbedaan antara keduanya. Laptop umumnya dilengkapi dengan kartu grafis diskrit yang dapat mengolah grafis yang rumit, seperti AMD Radeon atau NVIDIA GeForce, yang cocok untuk para gamer atau desainer grafis. Sementara notebook biasanya menggunakan kartu grafis terintegrasi dari prosesor, seperti Intel Iris Xe atau AMD Radeon, yang lebih cocok untuk penggunaan multimedia atau editing standar.

5. Kapasitas RAM

Kapasitas RAM juga menjadi perbedaan keduanya. Laptop biasanya memiliki kapasitas RAM yang lebih besar, mulai dari 8GB hingga 32GB, karena harus mampu menjalankan program berat dan banyak. Sedangkan notebook memiliki kapasitas RAM yang lebih kecil, biasanya sekitar 4GB, karena lebih fokus pada komputasi harian yang ringan.

6. Sistem Pendingin

Karena laptop memiliki performa yang lebih tinggi, mereka juga membutuhkan sistem pendingin yang lebih efektif. Laptop biasanya dilengkapi dengan dua kipas yang masing-masing diletakkan di prosesor dan kartu grafis, serta ventilasi di sisi kanan, kiri, atau belakangnya untuk membuang udara panas. Sementara notebook biasanya tidak memiliki kipas dan hanya mengandalkan heat pipe untuk mengatur suhu prosesor.

7. Daya Tahan Baterai

Daya tahan baterai juga menjadi perbedaan, notebook umumnya memiliki daya tahan baterai yang lebih lama daripada laptop, karena menggunakan prosesor hemat daya dan fokus pada efisiensi energi. Sehingga, notebook lebih cocok digunakan untuk bekerja dalam waktu yang lama tanpa perlu pengisian daya yang sering.

8. Harga

Karena spesifikasi yang lebih tinggi, laptop umumnya memiliki harga yang lebih tinggi daripada notebook. Laptop bisa memiliki harga mulai dari beberapa juta hingga puluhan juta rupiah, tergantung pada spesifikasi dan mereknya. Sementara notebook lebih terjangkau, dengan harga mulai dari satu hingga beberapa juta rupiah, tergantung pada fitur dan mereknya.

9. DVD ROM

Perbedaan antara keduanya juga terlihat dari keberadaan DVD ROM. Laptop biasanya dilengkapi dengan DVD ROM internal yang memungkinkan pengguna untuk membaca dan menulis kepingan kaset. Namun, notebook tidak memiliki DVD ROM bawaan. Meskipun demikian, hal ini tidak menjadi masalah besar karena sebagian besar aplikasi dan media saat ini dapat diakses secara digital melalui internet.

10. Produsen

Bila kamu merasa bingung dengan istilah notebook dan laptop, dapat menyempitkan pencarian dengan mempertimbangkan produsennya.

Produsen Laptop

  • HP
  • MSI
  • Acer
  • Asus
  • Dell
  • Apple
  • Sony
  • Samsung
  • Lenovo
  • Alienware
  • Microsoft
  • Toshiba

Produsen Notebook

  • HP
  • Dell
  • Apple
  • Sony
  • Samsung
  • Toshiba

Itulah beberapa Perbedaan Notebook dan Laptop, semoga bermanfaat ya.

Baca juga:

Bambang Niko Pasla

A seasoned writer in the fields of industry, business, and technology. Enjoys sports and traveling activities.