Cara Mengecek Kepesertaan BPJS Kesehatan
Tips

4 Cara Mengecek Kepesertaan BPJS Kesehatan

Cara Mengecek Kepesertaan BPJS Kesehatan – Penting untuk selalu memastikan kepesertaan BPJS Kesehatan kita agar dapat mengakses layanan kesehatan yang diberikan oleh program ini. BPJS Kesehatan atau Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan adalah program asuransi kesehatan yang memberikan perlindungan bagi pesertanya dalam mendapatkan pelayanan kesehatan yang terjangkau dan berkualitas. Dengan mengetahui cara yang tepat, dapat dengan mudah memeriksa status kepesertaan kita dan keluarga.

Memastikan bahwa kepesertaan kita aktif merupakan kunci untuk mendapatkan akses penuh terhadap layanan kesehatan yang disediakan oleh BPJS Kesehatan. Dengan status kepesertaan yang aktif, kita dapat mengunjungi rumah sakit atau puskesmas yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan tanpa harus membayar biaya secara langsung. Ini sangat penting, terutama dalam situasi darurat atau saat kita membutuhkan perawatan medis mendesak.

Selain itu, dengan status kepesertaan yang aktif, kita juga dapat mengikuti program-program kesehatan yang disediakan oleh BPJS Kesehatan, seperti program pencegahan penyakit dan program kesehatan ibu dan anak. Jadi, memastikan bahwa kepesertaan aktif merupakan langkah pertama yang perlu dilakukan untuk memanfaatkan manfaat-program kesehatan yang telah disediakan.

Cara Mengecek Kepesertaan BPJS Kesehatan

Inilah empat metode Cara Mengecek Kepesertaan BPJS Kesehatan, Berikut inilah beberapa cara yang dapat kamu lakukan.

1. Melalui Aplikasi Mobile JKN

Salah satu cara termudah untuk mengecek kepesertaan BPJS dengan menggunakan Aplikasi Mobile JKN. Aplikasi ini dapat diunduh melalui Google Play Store atau App Store. Setelah mengunduh aplikasi, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Buka aplikasi dan login menggunakan nomor NIK atau kartu BPJS Kesehatan kamu serta password yang telah di buat.
  • Setelah berhasil login, pilih menu “Info Peserta” pada layar utama aplikasi.
  • Aplikasi akan menampilkan informasi status kepesertaan BPJS Kesehatan kamu, termasuk keterangan apakah kepesertaan aktif atau tidak.

2. Menghubungi Care Center 165

Cara lain untuk mengecek kepesertaan BPJS Kesehatan melalui Care Center 165.

  • Hubungi Care Center BPJS Kesehatan di nomor 165.
  • Pilih opsi untuk berbicara dengan petugas layanan (biasanya opsi nomor 1).
  • Selanjutnya, pilih opsi untuk mengecek status kepesertaan (biasanya opsi nomor 2).
  • Masukkan nomor peserta atau NIK kamu, kemudian ikuti petunjuk untuk memasukkan tanggal lahir.
  • Petugas akan memberikan informasi mengenai status kepesertaan BPJS Kesehatan.

3. Melalui Chat Assistant JKN “CHIKA”

JKN juga menyediakan layanan Chat Assistant bernama CHIKA yang dapat digunakan untuk mengecek kepesertaan BPJS Kesehatan.

  • Untuk menggunakan layanan ini, kamu bisa mengakses CHIKA melalui aplikasi Telegram (@Chika_BPJSKesehatan_bot) atau WhatsApp (0811-8750-400).
  • Mulai percakapan dengan CHIKA dan ketikkan angka “1” untuk memulai.
  • CHIKA akan memandu kamu untuk memasukkan nomor peserta atau NIK serta tanggal lahir.
  • Setelah kamu memasukkan informasi yang diminta, CHIKA akan memberikan informasi mengenai status kepesertaan BPJS Kesehatan.

4. Mengunjungi Kantor BPJS Kesehatan Terdekat

Bila kamu tidak dapat mengecek kepesertaan BPJS Kesehatan melalui aplikasi atau layanan di atas, kamu juga dapat mengunjungi kantor BPJS Kesehatan terdekat untuk memeriksa status kepesertaan secara langsung.

Demikianlah langkah-langkag menggunakan aplikasi mobile, menghubungi Care Center, atau menggunakan layanan Chat Assistant CHIKA untuk mengecek status kepesertaan BPJS Kesehatan, semoga bermanfaat.

Baca juga:

Bambang Niko Pasla

A seasoned writer in the fields of industry, business, and technology. Enjoys sports and traveling activities.