Cara Melacak iPhone Hilang dengan iCloud
Tips

Cara Melacak iPhone Hilang dengan iCloud

Kehilangan iPhone bisa menjadi pengalaman yang mengecewakan dan merugikan bagi siapa pun. Selain dari aspek materi, kehilangan iPhone juga berpotensi menyebabkan hilangnya data pribadi yang berharga. Namun, tidak perlu khawatir, Apple telah menyediakan fitur yang memungkinkan kita untuk melacak iPhone hilang dengan mudah melalui layanan iCloud.

iCloud adalah layanan yang disediakan oleh Apple untuk menyimpan data pengguna dan mengelola perangkat Apple seperti iPhone, iPad, dan Mac. Dengan menggunakan iCloud, kamu dapat melacak lokasi iPhone yang hilang dan bahkan mengunci perangkat tersebut agar tidak dapat diakses oleh orang lain.

Cara Melacak iPhone Hilang dengan iCloud

Berikut ini lamgkah-langkah tentang cara melacak iPhone hilang dengan iCloud.

1. Pastikan iPhone Dapat Dilacak

Sebelum kamu dapat melacak iPhone Anda dengan iCloud, pastikan bahwa fitur Find My iPhone telah diaktifkan di perangkat. Fitur ini memungkinkan kamu untuk melacak lokasi iPhone yang hilang menggunakan iCloud.com atau aplikasi Find My iPhone di perangkat lain. Untuk mengaktifkan fitur ini, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka aplikasi “Pengaturan” di iPhone kamu.
  • Ketuk nama di bagian atas layar.
  • Pilih “iCloud” dan pastikan bahwa opsi “Find My iPhone” diatur ke posisi “On”.

2. Akses iCloud.com

Setelah kamu yakin bahwa Find My iPhone telah diaktifkan, langkah selanjutnya adalah mengakses iCloud.com melalui browser web di perangkat lain seperti komputer atau tablet. Ikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka browser web dan ketik “www.icloud.com” di bilah alamat.
  • Masukkan alamat email dan kata sandi Apple ID yang digunakan pada iPhone yang hilang.
  • Klik tombol “Sign In” untuk masuk ke akun iCloud Anda.

3. Pilih Fitur “Find iPhone”

Selanjutnya masuk ke akun iCloud Anda, pilih opsi “Find iPhone” untuk melanjutkan proses pelacakan iPhone kamu yang hilang. Kamu akan dibawa ke halaman “Find My iPhone” yang menampilkan peta interaktif dengan lokasi perangkat Anda yang terakhir kali terhubung ke internet.

4. Lacak Lokasi iPhone

Di halaman “Find My iPhone”, kamu akan melihat daftar perangkat yang terhubung ke akun iCloud. Pilih iPhone yang hilang dari daftar tersebut untuk melacak lokasinya. Peta akan menunjukkan lokasi terakhir iPhone kamu yang terhubung ke internet. Bila iPhone kamu sedang dalam keadaan online, dapat melacak pergerakannya secara real-time.

5. Gunakan Fitur “Lost Mode”

Bila iPhone kamu dalam keadaan online dan ingin mengambil tindakan lebih lanjut, kamu dapat menggunakan fitur “Lost Mode”. Fitur ini memungkinkan kamu untuk mengunci iPhone dari jarak jauh dan menampilkan pesan yang dapat ditampilkan pada layar kunci perangkat. Berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakan fitur “Lost Mode”:

  • Di halaman “Find My iPhone”, pilih iPhone kamu dari daftar perangkat.
  • Klik opsi “Lost Mode” untuk mengunci perangkat.
  • Masukkan nomor telepon yang dapat dihubungi untuk mendapatkan informasi tentang perangkat kamu.
  • Masukkan pesan yang ingin ditampilkan pada layar kunci perangkat.
  • Klik “Next” dan ikuti petunjuk untuk menyelesaikan proses penguncian.

6. Hapus Data iPhone (Opsional)

Bila Akamu yakin bahwa iPhone tidak akan dapat ditemukan atau telah jatuh ke tangan yang salah, kamu dapat menghapus semua data di iPhone untuk mencegah akses oleh pihak yang tidak berwenang. Langkah ini akan menghapus semua data dan pengaturan dari iPhone, sehingga perangkat akan kembali ke pengaturan pabrik. Berikut adalah langkah-langkah untuk menghapus data iPhone:

  • Di halaman “Find My iPhone”, pilih iPhone dari daftar perangkat.
  • Klik opsi “Erase iPhone” untuk menghapus semua data di perangkat.
  • Konfirmasi penghapusan dengan memasukkan kata sandi Apple ID kamu.

7. Pantau Pergerakan iPhone (Opsional)

Seandainya iPhone dalam keadaan online dan kamu ingin terus memantau pergerakannya, dapat melakukan hal ini melalui aplikasi Find My iPhone di perangkat lain atau melalui iCloud.com. Kamu akan menerima pembaruan lokasi saat iPhone bergerak atau saat perangkat tersebut terhubung kembali ke internet.

8. Hubungi Pihak Berwenang (Opsional)

Jika kamu yakin bahwa iPhone telah dicuri, sebaiknya hubungi pihak berwenang untuk melaporkan kejadian tersebut. Berikan informasi yang relevan, termasuk nomor seri iPhone kamu, lokasi terakhir perangkat, dan langkah-langkah yang telah di ambil untuk mencoba melacaknya.

Tips Tambahan untuk Melacak iPhone Hilang

Selain menggunakan iCloud, berikut adalah beberapa tips tambahan yang dapat membantu kamu melacak iPhone yang hilang dengan lebih efektif:

1. Gunakan Apple Watch

Menggunakan Apple Watch, kamu juga dapat menggunakan fitur Ping iPhone untuk melacak iPhone yang hilang. Apple Watch dapat mengeluarkan suara sinyal pada iPhone, bahkan jika dalam keadaan senyap.

2. Gunakan Aplikasi Lacak di Perangkat Lain

Seandainya memiliki perangkat Apple lainnya, kamu dapat menggunakan aplikasi Lacak untuk melacak iPhone yang hilang. Aplikasi ini memungkinkan kamu untuk melihat lokasi iPhone yang hilang melalui perangkat lain yang terhubung dengan akun iCloud kamu.

3. Manfaatkan Fitur Keluarga Berbagi

Bila kamu tergabung dalam grup Keluarga Berbagi, iPhone yang hilang dapat muncul di aplikasi Lacak pada perangkat anggota keluarga. Dengan fitur ini, anggota keluarga dapat membantu kamu melacak iPhone yang hilang.

Baca juga:

      Bambang Niko Pasla

      A seasoned writer in the fields of industry, business, and technology. Enjoys sports and traveling activities.