Manfaat Mandi Pagi
Gaya Hidup

13 Manfaat Mandi Pagi dengan Air Dingin bagi Kesehatan

Manfaat Mandi Pagi – Mandi pagi sering kali dianggap sepele, padahal memiliki banyak manfaat positif untuk kesehatan. Aktivitas yang dilakukan setiap pagi ini ternyata dapat memberikan dampak yang luar biasa bagi tubuh dan pikiran kita.

Mandi pagi merupakan kegiatan membersihkan tubuh dengan menggunakan air pada waktu pagi hari, biasanya setelah bangun tidur. Mandi pagi memiliki berbagai cara, mulai dari mandi dengan air hangat, air dingin, atau kombinasi keduanya. Kegiatan mandi pagi ini dilakukan untuk membersihkan tubuh dari kotoran, keringat, dan minyak yang terkumpul semalaman, serta sebagai cara untuk menyegarkan tubuh dan pikiran sebelum memulai aktivitas sehari-hari.

Ragam Manfaat Mandi Pagi dengan Air Dingin bagi Kesehatan

Inilah ragam manfaat mandi pagi bagi kesehatan yang disadur dari beberapa sumber ilmiah.

1. Mengurangi Stres

Hasil studi ilmiah pada Jurnal Adv. Mind Body Med tahun 2022, menunjukan bahwa mandi pagi dengan air dingin dapat membantu mengurangi tingkat stres kita. Air dingin dapat meningkatkan pasokan oksigen ke seluruh tubuh, termasuk otak, yang dapat membantu menurunkan tingkat stres secara keseluruhan. Selain itu, mandi pagi juga dapat membantu mengurangi ketegangan, kecemasan, dan kesedihan.

2. Melancarkan Metabolisme Tubuh

Mandi pagi dengan air dingin dapat membantu melancarkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh, hal tersebut dibuktikan oleh sebuah penelitian tahun 2024 yang terpublikasi pada Journal of Education, Health and Sport. Hal ini dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan membantu menghilangkan toksin dari tubuh. Selain itu, mandi pagi juga dapat membantu mencegah berbagai masalah kesehatan, seperti hipertensi dan varises.

3. Meredakan Nyeri Otot

Mandi pagi dengan air dingin juga dapat membantu meredakan nyeri otot setelah beraktivitas. Mandi dengan air dingin dapat membantu mengurangi peradangan dan meningkatkan aliran darah ke otot, yang dapat membantu mengurangi nyeri otot secara efektif.

4. Meningkatkan Energi

Mandi pagi dengan air dingin dapat memberikan dorongan energi yang sama dengan minum kopi. Ketika air dingin menyentuh kulit, tubuh kita merespons dengan meningkatkan denyut jantung dan sirkulasi darah, sehingga membuat kita lebih berenergi dan waspada sepanjang hari. Selain itu, air dingin juga membantu membuka saluran napas dan meningkatkan oksigenasi tubuh, yang berkontribusi pada peningkatan kewaspadaan dan energi.

5. Melawan Penyakit

Mandi pagi dengan air dingin dapat membantu meningkatkan produksi sel darah putih, yang dapat membantu tubuh kita melawan berbagai infeksi dan penyakit. Dengan mandi pagi secara rutin, kita dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita secara keseluruhan.

6. Memperbaiki Mood

Mandi pagi bukan hanya membersihkan tubuh, tetapi juga pikiran. Studi pada tahun 2023 yang dipublikasikan oleh Jurnal Biology mengungkapkan bahwa mandi dengan air dingin dapat merangsang produksi hormon endorfin, yang dapat mengurangi tingkat stres dan depresi. Selain itu, aktivitas mandi pagi juga dapat memberikan sensasi menyegarkan dan menenangkan, yang dapat meningkatkan suasana hati secara keseluruhan.

7. Melegakan Saluran Napas

Mandi pagi dapat membantu menyegarkan pernapasan kita. Kontak langsung antara kulit dan air dingin dapat membantu membuka saluran pernapasan, serta memberikan sensasi kesegaran pada hidung dan tenggorokan.

8. Meningkatkan Imune

Mandi pagi dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh kita. Hasil studi ilmiah pada sebuah Jurnal Adv. Mind Body Med membuktikan bahwa air dingin merangsang produksi sel darah putih, yang merupakan bagian penting dari sistem kekebalan tubuh kita. Dengan meningkatkan produksi sel darah putih, mandi pagi dapat membantu tubuh kita melawan berbagai infeksi dan penyakit.

9. Mencegah Rematik

Mandi pagi dengan air dingin dapat membantu mencegah rematik. Air dingin pada pagi hari memiliki kandungan karbon dioksida yang berbeda dengan malam hari, yang dapat membantu mengurangi risiko rematik.

10. Menyehatkan Kulit dan Rambut

Rutin mandi pagi dapat membantu menjaga kesehatan kulit dan rambut kita. Studi pada International journal of circumpolar health menunjukan bahwa air dingin membantu mengencangkan pori-pori kulit dan menjaga kelembapan alami kulit. Selain itu, mandi pagi juga dapat membantu meningkatkan aliran darah ke kulit kepala, yang dapat mencegah kerontokan rambut dan menjaga kesehatan rambut secara keseluruhan.

11. Meningkatkan Kesuburan

Seorang peneliti yang bernama Greenfield, B mempublikasikan hasil penelitiannya pada Image, menunjukan bahwa mandi pagi dapat membantu meningkatkan produksi hormon testosteron pada pria dan estrogen pada wanita, yang dapat meningkatkan kesuburan dan gairah seksual. Selain itu, mandi pagi juga dapat membantu meningkatkan produksi sperma yang lebih baik pada pria.

12. Mendukung Fungsi Kognitif

Mandi pagi dapat membantu meningkatkan fungsi kognitif otak kita. Air dingin merangsang aliran darah ke otak, yang dapat meningkatkan kemampuan kita untuk berkonsentrasi dan berpikir jernih. Selain itu, mandi pagi juga dapat membantu menurunkan tekanan darah dan kadar stres, yang dapat meningkatkan fungsi kognitif kita secara keseluruhan.

13. Mengatasi Susah Tidur

Beberapa studi ilmiah mengungkapkan, bila kita sering kesulitan bangun tidur, mandi pagi dengan air dingin dapat menjadi solusi yang efektif. Saat terkena air dingin, tubuh akan merespons dengan meningkatkan detak jantung dan jumlah oksigen yang masuk ke dalam tubuh. Hal ini akan membuat tubuh terjaga secara langsung.

Cara Mandi Pagi yang Benar

Untuk mendapatkan manfaat mandi pagi secara maksimal, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam melakukannya:

  • Pilihlah air yang sesuai dengan preferensi kamu, apakah air hangat, air dingin, atau kombinasi keduanya. Namun, disarankan untuk menggunakan air dingin untuk mendapatkan efek penyegaran yang lebih maksimal.
  • Gunakan sabun atau pembersih tubuh yang sesuai dengan jenis kulit kamu. Hindari penggunaan sabun yang mengandung bahan kimia keras yang dapat merusak kulit.
  • Mulailah mandi dari bagian atas tubuh (misalnya wajah dan kepala) dan turun ke bagian bawah tubuh (misalnya kaki). Gunakan gerakan melingkar dan hindari menggosok kulit terlalu keras.
  • Setelah mandi, keringkan tubuh dengan lembut menggunakan handuk bersih. Hindari menggosok tubuh terlalu keras agar tidak merusak kulit.
  • Gunakan pelembap untuk menjaga kelembapan kulit yang sesuai dengan jenis kulit kamu.

Itulah beberapa manfaat mandi pagi dengan air dingin bagi kesehatan dan cara mandinya, semoga informasi ini dapat berguna ya.

Baca juga:

Referensi

  1. Klimek, K., Bugla, K., Gabryel, Ł., Wikarek, A., Dołęga, J., Grabarczyk, M., … & Grabarczyk, A. (2024). Exploring the benefits of cold exposure in health and athletic performance-review of articles. Journal of Education, Health and Sport55, 52-72.
  2. Greenfield, B. (2024). Comprehensive analysis and hacks for male testosterone optimization. Image2, 3.
  3. Yankouskaya, A., Williamson, R., Stacey, C., Totman, J. J., & Massey, H. (2023). Short-term head-out whole-body cold-water immersion facilitates positive affect and increases interaction between large-scale brain networks. Biology12(2), 211.
  4. Faid, T., Van Gordon, W., & Taylor, E. C. (2022). Breathing Exercises, Cold-Water Immersion, and Meditation: Mind-Body Practices Lead to Reduced Stress and Enhanced Well-Being. Adv. Mind Body Med36, 12-20.
  5. Espeland, D., de Weerd, L., & Mercer, J. B. (2022). Health effects of voluntary exposure to cold water–a continuing subject of debate. International journal of circumpolar health81(1), 2111789.
  6. Allan, R., Akin, B., Sinclair, J., Hurst, H., Alexander, J., Malone, J. J., … & Ihsan, M. (2021). Athlete, coach and practitioner knowledge and perceptions of post-exercise cold-water immersion for recovery: a qualitative and quantitative exploration. Sport Sciences for Health, 1-15.
  7. Tai, Y., Obayashi, K., Yamagami, Y., Yoshimoto, K., Kurumatani, N., Nishio, K., & Saeki, K. (2021). Hot-water bathing before bedtime and shorter sleep onset latency are accompanied by a higher distal-proximal skin temperature gradient in older adults. Journal of Clinical Sleep Medicine17(6), 1257-1266.
  8. Percy, B. The Surprising Health Benefits of Cold Water Therapy.
Bambang Niko Pasla

A seasoned writer in the fields of industry, business, and technology. Enjoys sports and traveling activities.