Manfaat Apel Merah
Gaya Hidup

Ubah Gaya Hidup dengan 12 Manfaat Luar Biasa Apel Merah

Manfaat Apel Merah – Buah apel merah sudah tidak asing lagi bagi kita. Buah yang memiliki warna merah cerah ini bukan hanya enak untuk dinikmati, tapi juga kaya akan manfaat bagi kesehatan. Apel merah mengandung berbagai nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh, seperti serat, vitamin C, dan antioksidan.

Ragam Manfaat Apel Merah bagi Kesehatan

Inilah ragam manfaat apel merah bagi kesehatan yang telah kita sadur dari beberapa artikel ilmiah.

1. Meningkatkan Kesehatan Otak

Hasil penelitian pada jurnal Nutrients tahun 2022 menunjukan jus apel merah dapat membantu menjaga kesehatan otak, buah ini mengandung senyawa yang dapat melindungi sel-sel otak dari kerusakan, sehingga dapat membantu mencegah penyakit Alzheimer dan dementia. Selain itu, apel merah juga dapat membantu meningkatkan konsentrasi dan daya ingat.

2. Menjaga Kesehatan Tulang

Tidak hanya itu, buah apel merah juga dapat membantu menjaga kesehatan tulang. Buah ini mengandung senyawa yang dapat membantu meningkatkan kepadatan tulang dan mencegah kerusakan tulang. Studi ilmiah yang dipublikasikan oleh In Health Benefits of Nuts and Dried Fruits dan Phytotherapy Research menunjukan buah apel merah dapat membantu mengurangi risiko osteoporosis, terutama pada wanita yang sudah memasuki masa menopause.

3. Menurunkan Risiko Diabetes

Buah apel merah mengandung pektin, sebuah jenis serat larut yang dapat membantu mengatur kadar gula darah. Sebuah penelitian oleh Bator, P., et.al, tahun 2024 yang dipublikasikan oleh Journal of Education, Health and Sport mengungkapkan bahwa mengonsumsi apel secara teratur dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2.

4. Mengurangi Peradangan

Apel merah dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh, beberapa studi telah membuktikan bahwa buah ini mengandung senyawa antiinflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh, yang dapat menyebabkan berbagai penyakit kronis, seperti arthritis.

5. Meningkatkan Sistem Imun

Buah apel merah juga mengandung vitamin C yang tinggi, sehingga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin C juga penting untuk menjaga kesehatan kulit dan mempercepat penyembuhan luka. Selain itu, apel merah juga mengandung senyawa antiinflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh.

6. Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan antioksidan dalam apel merah dapat membantu melindungi jantung dari kerusakan akibat radikal bebas. Selain itu, serat yang terdapat dalam apel juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

7. Mencegah Kanker

Selain itu, apel merah juga dapat membantu mengurangi risiko kanker. Buah ini mengandung senyawa antioksidan yang dapat melawan sel-sel kanker dalam tubuh. Studi yang terpublikasi pada NY Fruit Q membuktikan dengan mengonsumsi apel merah secara rutin dapat membantu mencegah beberapa jenis kanker, seperti kanker paru-paru, payudara, dan usus besar.

8. Menjaga Berat Badan

Manfaat dari apel merah ini dapat membantu menurunkan berat badan. Buah ini mengandung banyak air dan serat, sehingga dapat membuat kita merasa kenyang lebih lama. Hal ini dapat membantu mengurangi nafsu makan dan mengontrol berat badan. Penelitian lainnya pada In Functional Foods and Nutraceuticals in Metabolic and Non-Communicable Diseases mengungkapkan jika apel merah juga mengandung senyawa yang dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga membantu dalam proses pembakaran lemak.

9. Mengurangi Tingkat Stres

Buah ini mengandung senyawa yang dapat membantu merangsang produksi hormon yang dapat membantu mengurangi stres dan meningkatkan mood. Selain itu, mengonsumsi apel merah juga dapat membantu meningkatkan energi dan stamina tubuh.

10. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Apel merah mengandung serat larut yang dapat membantu memperlancar pencernaan. Selain itu, apel juga mengandung senyawa antiinflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan dalam saluran pencernaan.

11. Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat lain dari apel merah dapat membantu menjaga kesehatan mata. Buah ini mengandung vitamin A yang penting untuk kesehatan mata. Studi yang dipublikasikan oleh Asian Journal of Nursing Education and Research menunjukan jika vitamin A dapat membantu menjaga kesehatan retina dan mencegah timbulnya masalah mata, seperti rabun senja dan katarak.

Cara Mengonsumsi Apel Merah

Untuk mendapatkan manfaat kesehatan maksimal dari apel merah, ada beberapa tips yang bisa kita ikuti:

  • Pilihlah apel merah yang segar dan berkualitas baik.
  • Cucilah apel merah dengan air bersih sebelum dikonsumsi.
  • Hindari mengupas kulit apel, karena sebagian besar nutrisi terdapat di kulitnya.
  • Konsumsilah apel merah secara utuh, bukan dalam bentuk jus, untuk mendapatkan manfaat seratnya.

Dengan berbagai manfaat yang luar biasa ini, tidak ada alasan untuk tidak mengonsumsi apel merah secara rutin. Buah ini bukan hanya enak, tapi juga sangat baik untuk kesehatan tubuh kita. Semoga informasi ini bermanfaat ya, terimakasih.

Baca juga:

Referensi

  1. Bator, P., Razik, M., Rozwadowska, P., Ramian, J., Rybak, J., Magiera, B., … & Razik, W. (2024). An apple a day keeps the doctor away?-a review of health benefits of apples. Journal of Education, Health and Sport55, 73-86.
  2. Vallée Marcotte, B., Verheyde, M., Pomerleau, S., Doyen, A., & Couillard, C. (2022). Health benefits of apple juice consumption: A review of interventional trials on humans. Nutrients14(4), 821.
  3. Jaglan, P., Buttar, H. S., Al-bawareed, O. A., & Chibisov, S. (2022). Potential health benefits of selected fruits: Apples, blueberries, grapes, guavas, mangos, pomegranates, and tomatoes. In Functional Foods and Nutraceuticals in Metabolic and Non-Communicable Diseases (pp. 359-370). Academic Press.
  4. Bhende, B. B. (2021). Vitamin A: A Review Article. Asian Journal of Nursing Education and Research11(4), 582-584.
  5. Arjmandi, B. H., & George, K. S. (2020). Dried Fruits: Bone Health and Osteoprotection. In Health Benefits of Nuts and Dried Fruits (pp. 469-486). CRC Press.
  6. Igwe, E. O., & Charlton, K. E. (2016). A systematic review on the health effects of plums (Prunus domestica and Prunus salicina). Phytotherapy Research30(5), 701-731.
  7. Matsuoka, K. (2019). Anthocyanins in apple fruit and their regulation for health benefits. Flavonoid–a Coloring Model for Cheering Up Life.
  8. Boyer, J., & Liu, R. H. (2004). Antioxidants of apples. NY Fruit Q11(4), 11-15.
Bambang Niko Pasla

A seasoned writer in the fields of industry, business, and technology. Enjoys sports and traveling activities.