Manfaat Apel Hijau
Gaya Hidup

13 Manfaat Luar Biasa Apel Hijau untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Apel Hijau – Apel hijau, dengan warna hijau segarnya yang memanjakan mata, bukan hanya menawarkan rasa asam manis yang menggoda, tetapi juga menyimpan segudang manfaat tersembunyi untuk kesehatan dan kecantikan. Di balik teksturnya yang renyah, terkandung berbagai nutrisi penting yang siap membantu Anda mencapai tubuh yang sehat dan penampilan yang menawan.

Apel hijau, yang juga dikenal sebagai Granny Smith, merupakan salah satu varietas apel yang paling populer. Dibandingkan dengan apel merah, apel hijau memiliki rasa yang lebih asam dan kandungan kalori yang lebih rendah. Buah ini kaya akan vitamin dan mineral penting, seperti vitamin C, vitamin A, vitamin K, kalium, magnesium, dan fosfor. Tak hanya itu, apel hijau juga mengandung serat pektin yang tinggi, antioksidan flavonoid, dan polifenol yang berperan penting dalam menjaga kesehatan tubuh dan meningkatkan kecantikan.

Ragam Manfaat Apel Hijau

Manfaat Apel Hijau

Berikut ini manfaat luar biasa apel hijau untuk kesehatan dan kecantikan yang dilangsir dari beberapa sumber ilmiah.

1. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Serat pangan dalam apel hijau tidak hanya membantu melawan sembelit tetapi juga mendukung kesehatan saluran pencernaan secara keseluruhan. Beberapa studi ilmiah telah membuktikan, dengan mengonsumsi apel hijau dapat membantu menjaga keseimbangan bakteri baik dalam usus dan meningkatkan proses pencernaan.

2. Mengurangi Risiko Diabetes Tipe 2

Sebuah studi ilmiah yang dipublikasikan oleh In Functional Foods and Nutraceuticals in Metabolic and Non-Communicable Diseases dan Food & function menunjukan bahwa kandungan serat dalam apel hijau memiliki peran penting dalam mengatur gula darah. Dengan mengontrol penyerapan gula, apel hijau dapat membantu mengurangi risiko diabetes tipe 2. Satu langkah kecil untuk menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh.

3. Meningkatkan Kesehatan Otak

Junal Molecules tahun 2022 mempublikasikan hasil penelitian yang mengungkapkan bahwa kandungan antioksidan dalam apel hijau dapat melindungi sel-sel otak dari kerusakan akibat radikal bebas. Antioksidan ini juga dapat membantu meningkatkan fungsi kognitif dan melindungi otak dari penuaan. Dengan mengonsumsi apel hijau, Anda dapat membantu menjaga kesehatan otak dan meningkatkan daya ingat Anda.

4. Memperkuat Tulang dan Sendi

Mineral seperti kalsium dan fosfor dalam apel hijau memberikan dukungan tambahan untuk kesehatan tulang dan sendi, hal tersebut diungkapkan oleh sebuah studi ilmiah tahun 2020 pada jurnal In Health Benefits of Nuts and Dried Fruits. Membantu mencegah osteoporosis dan meningkatkan kekuatan tulang, apel hijau adalah tambahan yang berharga untuk memastikan mobilitas tubuh tetap optimal.

5. Mendukung Metabolisme dan Penurunan Berat Badan

Manfaat apel hijau untuk mencapai berat badan ideal, apel hijau bisa menjadi sahabat terbaik. Beberapa penelitian membuktikan bahwa kandungan seratnya tidak hanya membuat kenyang lebih lama tetapi juga membantu meningkatkan metabolisme. Dengan mengunyah apel hijau, kita tidak hanya memberikan nutrisi pada tubuh tetapi juga merangsang pembakaran kalori yang lebih efisien.

6. Menyehatkan Gigi dan Gusi

Indonesian Journal of Rheumatology pada tahun 2023 mempublikasikan hasil sebuah penelitian ilmiah yang menunjukan jika apel hijau memiliki keunggulan tambahan dalam merawat kesehatan oral. Mengunyah apel hijau secara alami membersihkan gigi dan gusi, mengurangi risiko pembentukan plak dan masalah gigi lainnya. Sebuah cara sederhana untuk tetap tersenyum dengan percaya diri.

7. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat apel hijau terhadap kesehatan jantung tidak boleh diabaikan. Jurnal In Functional Foods and Nutraceuticals in Metabolic and Non-Communicable Diseases mempublikasikan sebuah hasil penelitian jika kandungan flavonoid dan seratnya dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh, menjaga keseimbangan tekanan darah, dan mengurangi risiko penyakit jantung.

8. Menangkal Penuaan Dini

Rahasia kecantikan kulit seringkali berasal dari dalam tubuh. Apel hijau, dengan antioksidan tinggi seperti quercetin, dapat membantu melawan tanda-tanda penuaan dini. Mengonsumsi apel hijau secara teratur dapat memberikan kilau alami pada kulit dan melindungi dari kerusakan akibat radikal bebas.

9. Menyamarkan Garis Halus dan Kerutan

Kandungan antioksidan dalam apel hijau dapat membantu menyamarkan garis halus dan kerutan pada kulit. Gunakan masker apel hijau secara teratur untuk mendapatkan kulit yang tampak lebih muda dan segar.

10. Kulit Sehat dan Bersinar

Apel hijau mengandung antioksidan yang membantu melawan radikal bebas penyebab penuaan dini. Konsumsi rutin apel hijau dapat memberikan kulit Anda kilau alami yang sehat dan bersinar.

11. Meredakan Kulit Kemerahan

Apel hijau mengandung antioksidan yang dapat membantu meredakan kulit yang kemerahan dan iritasi. Gunakan jus apel hijau sebagai toner alami untuk hasil terbaik.

12. Menghilangkan Jerawat

Kandungan vitamin C dalam apel hijau membantu meningkatkan produksi kolagen, yang penting untuk kulit yang sehat. Sebuah jurnal ilmiah International Food Research Journal mengungkapkan hasil studi jika sifat antibakteri apel hijau juga membantu mengurangi kemunculan jerawat.

13. Mengurangi Lingkaran Gelap di Bawah Mata

Apel hijau mengandung vitamin K yang dapat membantu mengurangi lingkaran gelap di bawah mata. Gunakan masker alami dari apel hijau untuk mengatasi masalah ini.

Tips Mengonsumsi Apel Hijau

  • Konsumsi 1-2 apel hijau per hari.
  • Cuci bersih apel hijau sebelum dikonsumsi.
  • Apel hijau dapat dimakan langsung, diolah menjadi jus, salad, atau dicampurkan ke dalam smoothies.

Resep Sederhana dengan Apel Hijau

Untuk mendapatkan khasiat apel hijau agar kita tidak bosan dalam mengkonsumsinya, berikut ini beberapa variasi resep sedehanannya.

1. Smoothie Apel Hijau

Bahan:

  • 1 buah apel hijau, potong-potong
  • 1 gelas yogurt
  • 1/2 gelas susu
  • 1 sendok makan madu
  • Es batu secukupnya

Cara membuat:

  1. Campurkan semua bahan dalam blender.
  2. Blender hingga halus.
  3. Sajikan segera.

2. Salad Apel Hijau

Bahan:

  • 1 buah apel hijau, potong dadu
  • 1/2 cangkir bayam
  • 1/4 cangkir wortel parut
  • 1/4 cangkir kacang almond, cincang
  • 2 sendok makan dressing salad

Cara membuat:

  1. Campurkan semua bahan dalam mangkuk.
  2. Aduk rata.
  3. Sajikan immediately.

Itulah penjelasan terkait manfaat apel hijau untuk kesehatan dan kecantikan, semoga dapat berguna ya.

Baca juga:

Referensi

  1. Tarigan, S., Muharraran, F., & Anjani, A. (2023). Comparison of the Effectiveness of Chewing Manalagi Apples (Malus sylvestris) and Green Melon (Cucumis melo L.) as Self-Cleansing Regarding Changes in the Debris Index on Dentistry Students of Universitas Prima Indonesia. Indonesian Journal of Rheumatology13(3), 776-779.
  2. Jaglan, P., Buttar, H. S., Al-bawareed, O. A., & Chibisov, S. (2022). Potential health benefits of selected fruits: Apples, blueberries, grapes, guavas, mangos, pomegranates, and tomatoes. In Functional Foods and Nutraceuticals in Metabolic and Non-Communicable Diseases (pp. 359-370). Academic Press.
  3. Selek Aksoy, I., & Otles, S. (2022). Effects of Green Apple (Golden Delicious) and Its Three Major Flavonols Consumption on Obesity, Lipids, and Oxidative Stress in Obese Rats. Molecules27(4), 1243.
  4. Jaglan, P., Buttar, H. S., Al-bawareed, O. A., & Chibisov, S. (2022). Potential health benefits of selected fruits: Apples, blueberries, grapes, guavas, mangos, pomegranates, and tomatoes. In Functional Foods and Nutraceuticals in Metabolic and Non-Communicable Diseases (pp. 359-370). Academic Press.
  5. Arjmandi, B. H., & George, K. S. (2020). Dried Fruits: Bone Health and Osteoprotection. In Health Benefits of Nuts and Dried Fruits (pp. 469-486). CRC Press.
  6. Nandi, K., Sen, D. J., & Saha, D. (2020). TEN [5 COMMANDMENTS OF GREEN 5 APPLE 5 IN HEALTH KEEP FIT.
  7. Raphaelli, C. O., Dannenberg, G., Dalmazo, G. O., Pereira, E. S., Radünz, M., Vizzotto, M., … & Nora, L. (2019). Antibacterial and antioxidant properties of phenolic-rich extracts from apple (Malus domestica cv. Gala). International Food Research Journal26(4).
  8. Guo, X. F., Yang, B., Tang, J., Jiang, J. J., & Li, D. (2017). Apple and pear consumption and type 2 diabetes mellitus risk: a meta-analysis of prospective cohort studies. Food & function8(3), 927-934.
Bambang Niko Pasla

A seasoned writer in the fields of industry, business, and technology. Enjoys sports and traveling activities.