Manfaat Buah Apel
Gaya Hidup

Menakjubkan! Ini Dia 12 Manfaat Buah Apel untuk Tubuh

Manfaat Buah Apel – Buah apel telah dikenal sebagai salah satu buah yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Dari generasi ke generasi, apel selalu dianggap sebagai buah yang penting dan memberikan banyak manfaat. Tidak hanya karena rasanya yang lezat dan segar, tetapi juga karena kandungan nutrisi yang kaya.

Kandungan Gizi Buah Apel

Manfaat Buah Apel

Buah apel mengandung berbagai nutrisi penting yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Dalam setiap buah apel berukuran sedang, terdapat kandungan nutrisi sebagai berikut: kalori, karbohidrat, serat, gula, kalsium, magnesium, fosfor, kalium, vitamin C, folat, dan beta karoten.

Selain itu, buah apel juga mengandung antioksidan seperti flavonoid, serat, air, vitamin A, E, D, K, B1, B2, B3, serta B6, dan mineral seperti zinc, tembaga, zat besi, natrium, kolin, lutein, dan zeaxanthin. Karbohidrat dalam buah apel termasuk karbohidrat kompleks yang tidak menyebabkan lonjakan kadar gula darah dalam tubuh.

Ragam Manfaat Buah Apel bagi Kesehatan

Inilah beberapa manfaat buah apel bagi kesehatan yang drangkum dari beberapa sumber ilmiah.

1. Memperkuat Imunitas Tubuh

Penelitian ilmiah yang dipublikasikan oleh Nutrients menunjukan bahwa apel dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh. Kandungan vitamin A dan tembaga di dalam apel berfungsi untuk menjaga sistem kekebalan tubuh, sehingga mencegah tubuh terkena berbagai penyakit. Antioksidan dalam apel juga dapat menangkal radikal bebas penyebab kerusakan sel-sel tubuh.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Tahun 2020 sebuah jurnal ilmiah The American journal of clinical nutrition mempublikasikan hasil studi yang menunjukan bahwa rutin mengonsumsi buah apel dapat menurunkan risiko terkena penyakit jantung. dan menurunkan kolesterol dalam darah dan mencegah penyumbatan serta peradangan pada dinding pembuluh darah arteri. Manfaat ini berasal dari kandungan kalium, pektin, dan flavonoid yang berfungsi untuk mencegah penumpukan kolesterol di lapisan dinding pembuluh darah.

3. Menurunkan Risiko Kanker

Studi ilmiah oleh Bator, P., et.al pada Journal of Education, Health and Sport tahun 2024 telah mengungkapkan bahwa konsumsi apel baik dalam bentuk jus atau olahan secara rutin, dapat membantu melindungi tubuh dari risiko kanker, terutama kanker usus dan paru-paru. Senyawa antioksidan dalam apel dapat membantu menghambat pertumbuhan sel kanker.

4. Mengatasi Asma

Mengatasi Asma Senyawa antioksidan dan antiinflamasi dalam apel dapat membantu mengatur respons imun tubuh dan mengatasi gejala asma, hal tersebut telah banyak dibuktikan pada beberapa penelitian sebelumnya.

5. Menyediakan Energi

Kandungan karbohidrat dalam apel dapat menambah energi bagi tubuh. Mengonsumsi makanan yang kaya karbohidrat akan membuat tubuh mencerna dan mengubahnya menjadi glukosa, sumber energi untuk melakukan berbagai aktivitas.

6. Menjaga Kesehatan Kulit

Antioksidan dalam apel dapat membantu melawan kerusakan sel kulit akibat paparan sinar UV dan polusi udara. Ini dapat membantu menjaga kulit tetap sehat dan bercahaya.

7. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Apel mengandung berbagai nutrisi penting yang sangat baik untuk tubuh kita. Buah ini mengandung serat, vitamin C, vitamin A, dan kalium, serta senyawa antioksidan lainnya. Serat dalam apel membantu menjaga kesehatan pencernaan dan mencegah sembelit.

Serat juga dapat membantu mengurangi risiko penyakit divertikular, suatu kondisi yang terjadi ketika kantung-kantung kecil di dalam dinding usus meradang.

8. Menjaga Berat Badan yang Sehat

Apel rendah kalori dan tinggi serat, sehingga dapat membantu menjaga berat badan yang sehat. Serat dalam apel juga memberikan rasa kenyang lebih lama, sehingga dapat membantu mengurangi keinginan untuk ngemil makanan tidak sehat.

9. Mengatasi Bau Mulut

Apel juga dapat membantu mengatasi masalah bau mulut. Buah ini mengandung senyawa pektin yang dapat meningkatkan produksi air liur untuk membersihkan mulut dan mengontrol bau makanan dalam mulut.

10. Mengurangi Risiko Diabetes

Apel juga dapat mengatur kadar gula darah dalam tubuh sehingga dapat membantu mencegah diabetes tipe 2. Sebuah studi ilmiah yang dipublikasikan oleh jurnal Current Opinion in Food Science dan Critical Reviews in Food Science and Nutrition menunjukan bahwa kandungan flavonoid di dalam buah apel dapat mencegah lonjakan gula darah dengan cara merangsang sel-sel pankreas untuk memproduksi insulin, menghambat proses pemecahan karbohidrat menjadi gula sederhana, dan mengurangi penyerapan gula.

11. Meningkatkan Kesehatan Otak

Apel mengandung kalium yang dapat mengurangi rusaknya sel saraf akibat penuaan. Kandungan antioksidan yang tinggi pada kulit apel juga membantu fungsi memori dan memelihara kesehatan otak. Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa apel memiliki efek yang baik untuk menurunkan risiko terkena penyakit Alzheimer dan stroke.

12. Menjaga Kesehatan Mata

Apel juga baik untuk kesehatan mata, hal tersebut diungkapkan pada hasil penelitian ilmiah yang dipublikasikan oleh jurnal Heliyon tahun 2020. Buah ini mengandung senyawa antioksidan seperti lutein dan zeaxanthin, yang penting untuk menjaga kesehatan mata Anda. Konsumsi apel secara teratur dapat membantu mengurangi risiko masalah mata, seperti degenerasi makula terkait usia.

Cara Mengonsumsi Buah Apel

Untuk memaksimalkan manfaat kesehatan dari buah apel, disarankan untuk mengonsumsinya secara utuh dengan kulitnya. Kulit apel mengandung sebagian besar antioksidan dan serat, sehingga sangat baik untuk kesehatan. Namun, pastikan untuk mencuci apel dengan bersih sebelum mengonsumsinya.

Selain itu, buah apel juga bisa diolah menjadi berbagai hidangan yang lezat dan sehat, seperti jus, pai, atau kue apel. Jika anak-anak tidak menyukai mengonsumsi apel dalam bentuk buah, kita dapat mencoba memberikan mereka jus apel alami atau mengolah apel menjadi hidangan yang lebih menarik bagi mereka.

Itulah manfaat buah apel untuk kesehatan, semoga informasi ini berguna ya.

Baca juga:

Referensi

  1. Bator, P., Razik, M., Rozwadowska, P., Ramian, J., Rybak, J., Magiera, B., … & Razik, W. (2024). An apple a day keeps the doctor away?-a review of health benefits of apples. Journal of Education, Health and Sport55, 73-86.
  2. Pandohee, J., Kaur, P., Sharma, A., Ali, A., Yasmin, S., & Kulshreshtha, S. (2023). Apple. In Fruits and Their Roles in Nutraceuticals and Functional Foods (pp. 69-85). CRC Press.
  3. Chalotra, R., Gupta, T., Chib, S., Amanat, M., Kumar, P., & Singh, R. (2023). Treatment of diabetic complications: do flavonoids holds the keys?. Critical Reviews in Food Science and Nutrition, 1-22.
  4. Xiao, J. (2022). Recent advances in dietary flavonoids for management of type 2 diabetes. Current Opinion in Food Science44, 100806.
  5. Jaglan, P., Buttar, H. S., Al-bawareed, O. A., & Chibisov, S. (2022). Potential health benefits of selected fruits: Apples, blueberries, grapes, guavas, mangos, pomegranates, and tomatoes. In Functional Foods and Nutraceuticals in Metabolic and Non-Communicable Diseases (pp. 359-370). Academic Press.
  6. Barnett, M. P., Young, W., Armstrong, K., Brewster, D., Cooney, J. M., Ellett, S., … & Ferguson, L. R. (2021). A polyphenol enriched variety of apple alters circulating immune cell gene expression and faecal microbiota composition in healthy adults: a randomized controlled trial. Nutrients13(4), 1092.
  7. Koutsos, A., Riccadonna, S., Ulaszewska, M. M., Franceschi, P., Trošt, K., Galvin, A., … & Lovegrove, J. A. (2020). Two apples a day lower serum cholesterol and improve cardiometabolic biomarkers in mildly hypercholesterolemic adults: A randomized, controlled, crossover trial. The American journal of clinical nutrition111(2), 307-318.
  8. Ikonne, E. U., Ikpeazu, V. O., & Ugbogu, E. A. (2020). The potential health benefits of dietary natural plant products in age related eye diseases. Heliyon6(7).
  9. Mushtaq, R., Wani, A. W., & Nayik, G. A. (2020). Apple. Antioxidants in Fruits: Properties and Health Benefits, 507-521.
Bambang Niko Pasla

A seasoned writer in the fields of industry, business, and technology. Enjoys sports and traveling activities.