Manfaat Air Kelapa Muda
Gaya Hidup

Yuk, Ganti Minuman Manis dengan 10 Manfaat Air Kelapa Muda

Manfaat Air Kelapa Muda – Air kelapa muda telah dikenal sejak lama sebagai minuman yang menyegarkan dan kaya manfaat untuk kesehatan. Berasal dari kelapa muda yang masih hijau, minuman ini tidak hanya menyegarkan, tetapi juga mengandung berbagai nutrisi penting yang bermanfaat bagi tubuh.

Ragam Manfaat Air Kelapa Muda untuk Kesehatan

Manfaat Air Kelapa Muda

Mari simak lebih lanjut tentang manfaat air kelapa muda untuk kesehatan yang dirangkum dari beberapa sumber ilmiah.

1. Mencegah Kanker

Antioksidan yang terdapat dalam air kelapa muda dapat menangkal bahaya radikal bebas dalam tubuh yang dapat menyebabkan kerusakan sel tubuh. Sel yang rusak bisa mati atau bahkan tumbuh tanpa kendali, sehingga terbentuklah sel kanker. Penelitian terbaru tahun 2023 pada Journal of Health and Translational Medicine (JUMMEC) dan Int. J. Pharm. Sci. Rev. Res menunjukan jika mengonsumsi air kelapa muda secara teratur, kita dapat membantu mencegah risiko terjadinya kanker.

2. Mencegah Batu Ginjal

Beberapa hasil studi mengungkapkan bahwa air kelapa muda juga dapat mencegah risiko penyakit batu ginjal. Kandungan dalam air kelapa muda membantu mengeluarkan zat pemicu terbentuknya batu ginjal dari tubuh, bersama dengan urine. Meskipun demikian, bagi penderita gagal ginjal kronis atau sedang dalam pengobatan batu ginjal, sebaiknya konsultasi ke dokter lebih dulu sebelum mengonsumsi air kelapa muda.

3. Mencukupi Kebutuhan Cairan Tubuh

Air kelapa muda sangat efektif dalam memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Kandungan airnya yang tinggi, mencapai sekitar 95,5 gram per 100 gram, membuatnya menjadi minuman yang sangat efektif untuk mengatasi dehidrasi. Selain itu, air kelapa muda juga mengandung elektrolit seperti kalium dan natrium, yang membantu menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit dalam tubuh.

4. Mencegah Penyakit Jantung

Tekanan darah tinggi dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit jantung. Hasil studi yang dipublikasikan pada Int J Pharm Sci Res menunjukan bahwa air kelapa muda dengan kemampuannya menurunkan tekanan darah, air kelapa muda juga dapat membantu mencegah penyakit jantung dan liver. Selain itu, kandungan antioksidan dalam air kelapa muda juga dapat menjaga kesehatan dan fungsi sel jantung.

5. Kaya Akan Nutrisi Penting

Tidak hanya sebagai minuman penyegar, air kelapa muda juga kaya akan nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh. Di dalamnya terdapat karbohidrat, serat, kalsium, protein, vitamin C, kalium, dan fosfor. Nutrisi-nutrisi ini memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga kesehatan tubuh dan memberikan berbagai manfaat bagi kesehatan.

6. Mencegah Osteoporosis

Kalsium yang terdapat dalam air kelapa muda sangat baik untuk kesehatan tulang. Kalsium merupakan nutrisi penting yang diperlukan untuk memperkuat tulang. Sebuah hasil studi ilmiah yang dipublikasikan pada  Indian Journal of Public Health Research & Development mengungkapkan, dengan mengonsumsi air kelapa muda secara teratur, kita dapat membantu mencegah risiko terjadinya osteoporosis atau pengeroposan tulang.

7. Mencegah Jerawat

Manfaat air kelapa muda lainnya adalah kemampuannya untuk mencegah jerawat. Senyawa antibakteri dalam air kelapa muda dapat membantu melawan bakteri penyebab jerawat. Meskipun belum ada bukti ilmiah yang menyatakan secara pasti, namun penggunaan air kelapa muda pada kulit diduga dapat membantu mencegah jerawat.

8. Menurunkan Tekanan Darah

Hasil penelitian ilmiah pada Cham: Springer International Publishing dan International Medical Journal membuktikan jika air kelapa muda juga dapat membantu menurunkan tekanan darah. Hal ini dikarenakan kandungan kalium di dalamnya yang dapat mengurangi ketegangan otot di dinding pembuluh darah, sehingga tekanan darah dapat tetap stabil.

9. Menurunkan Kadar Gula Darah

Manfaat lain dari air kelapa muda adalah kemampuannya untuk menurunkan kadar gula darah. Hasil penelitian pada tikus yang dipublikasikan pada Pharmacognosy Journal dan PeerJ tahun 2021 menunjukan bahwa kandungan magnesium, kalium, dan L-arginine dalam air kelapa muda dapat meningkatkan kerja insulin dan menurunkan kadar gula darah. Hal ini membuat air kelapa muda sangat baik dikonsumsi oleh penderita diabetes tipe 2 dan prediabetes.

10 Melancarkan Sistem Pencernaan

Air kelapa mengandung serat yang dapat membantu melancarkan sistem pencernaan. Serat merupakan komponen penting dalam makanan yang membantu mendorong pergerakan makanan melalui saluran pencernaan.

Bila rutin mengonsumsi air kelapa, ini dapat membantu mencegah atau mengatasi sembelit. Serat membantu melunakkan tinja dan memudahkan proses buang air besar, sehingga dapat mencegah atau meredakan sembelit.

Itulah ragam dari Manfaat Air Kelapa Muda untuk Kesehatan, semoga informasi ini dapat berguna ya.

Baca juga:

Referensi

  1. Ansor, N. M., Ramlee, S. N. L., Mail, M. H., Saifuddin, S. N., Murtey, M. D., Ahmad, A. M. C., … & Mohamed, M. A. B. P. S. (2023). CHEMOPREVENTIVE ACTIVITY OF TWO VARIETIES OF FREEZE-DRIED COCONUT WATER AGAINST CERVICAL CANCER CELLS, HELA.: Received 2023-01-05; Accepted 2023-03-19; Published 2023-06-06. Journal of Health and Translational Medicine (JUMMEC), 122-132.
  2. Rethinam, P., & Krishnakumar, V. (2022). Health benefits of coconut water. In Coconut water: a promising natural health drink-distribution, processing and nutritional benefits (pp. 385-455). Cham: Springer International Publishing.
  3. Zulaikhah, S. T., Wahyuwibowo, J., Suharto, M. N., Enggartiasto, B. H., Ortanto, M. I. R., & Pratama, A. A. (2021). Effect of tender coconut water (TCW) on TNF-α, IL-1 and IL-6 in streptozotocin (STZ) and nicotinamid (NA) induced diabetic rats. Pharmacognosy Journal13(2).
  4. Dai, Y., Peng, L., Zhang, X., Wu, Q., Yao, J., Xing, Q., … & Xie, Q. (2021). Effects of coconut water on blood sugar and retina of rats with diabetes. PeerJ9, e10667.
  5. Fadlilah, S., Sucipto, A., Judha, M., Rahil, N. H., Fitriana, L. B., Sukismanto, S., & Anita, D. C. (2021). Benefits of young coconut water, watermelon, and papaya for blood pressure among hypertension. International Medical Journal28(2), 202-207.
  6. Tuyekar, S. N., Tawade, B. S., Singh, K. S., Wagh, V. S., Vidhate, P. K., Yevale, R. P., … & Kale, M. (2021). An overview on coconut water: As a multipurpose nutrition. Int. J. Pharm. Sci. Rev. Res68(2), 63-70.
  7. Zulaikhah, S. T. (2019). Health benefits of tender coconut water (TCW). Int J Pharm Sci Res10(2), 474-80.
  8. Reddy, E. P., Lakshmi, T. M., & Kiran, S. R. (2018). Tender Coconut Water Uses, Health Benefits, Good Nutritive Value and Antioxidant Capacity. Indian Journal of Public Health Research & Development9(4).
Bambang Niko Pasla

A seasoned writer in the fields of industry, business, and technology. Enjoys sports and traveling activities.