Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka
Hukum & Pemerintahan

Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka

Pramuka merupakan gerakan pendidikan di luar sekolah yang bertujuan untuk membentuk kepribadian yang tangguh, mandiri, dan bertanggung jawab. Salah satu hal yang menjadi landasan utama dalam gerakan Pramuka adalah kode kehormatan yang terdiri dari Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka. Kedua kode kehormatan ini menjadi pedoman bagi setiap anggota Pramuka dalam menjalani kehidupan sehari-hari dan bertindak sesuai dengan nilai-nilai yang dijunjung tinggi dalam Pramuka.

Pengertian Tri Satya Pramuka

Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka

Tri Satya berasal dari bahasa Sansekerta yang artinya tiga janji. Secara sederhana, Tri Satya Pramuka adalah tiga janji kesetiaan yang harus dijalankan oleh setiap anggota Pramuka. Tri Satya Pramuka memiliki tiga unsur, yaitu religi, nasionalisme, dan kemanusiaan yang berbunyi sebagai berikut:

  1. Patuh kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  2. Patuh kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Pancasila.
  3. Membantu sesama hidup dan mempersiapkan diri membangun masyarakat.

Bunyi Tri Satya Pramuka

Berikut bunyi Tri Satya Pramuka: “Demi kehormatanku, aku berjanji akan bersungguh-sungguh menjalankan kewajibanku terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia, mengamalkan Pancasila, menolong sesama hidup, ikut serta membangun masyarakat, serta menepati Darma Pramuka”.

Pengertian Dasa Darma Pramuka

Dasa Darma berasal dari bahasa Sansekerta yang artinya sepuluh tuntutan moral adalah sepuluh tindakan baik dan mulia yang harus dipahami dan diamalkan oleh setiap anggota Pramuka dalam aktivitas mereka. Dasa Darma Pramuka berfungsi untuk membentuk karakter, mengembangkan potensi diri, meningkatkan solidaritas antar anggota, menumbuhkan jiwa kepemimpinan, dan menanamkan nilai-nilai luhur kepada setiap anggota pramuka.

Makna Bunyi Dasa Darma Pramuka

Berikut urutan makna bunyi 10 Dasa Darma Pramuka:

1. Takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa

Anggota pramuka harus bertakwa kepada Tuhan, menjunjung tinggi harkat dan martabat sebagai makhluk Tuhan, menjalankan perintah Tuhan, menjauhi larangan-Nya, dan beribadah sesuai dengan kepercayaan masing-masing, serta memiliki sikap toleransi antar agama.

2. Cinta alam dan kasih sayang sesama manusia

Anggota pramuka harus memiliki sifat cinta dan kasih sayang tidak hanya kepada manusia, tetapi juga kepada seluruh makhluk hidup, termasuk hewan dan tumbuhan, untuk menciptakan lingkungan yang aman, nyaman, dan damai.

3. Patriot yang sopan dan ksatria

Anggota pramuka harus menjadi patriot yang sopan dan berperilaku kesatria, menunjukkan sikap sopan dan santun sebagai cerminan diri, serta ikut serta dalam menjaga kesatuan dan persatuan negara Indonesia untuk menciptakan negara yang aman dan sejahtera.

4. Patuh dan suka bermusyawarah

Anggota pramuka harus patuh pada setiap tugas, tidak menolak tugas, dan siap melaksanakan perintah, serta dalam pengambilan keputusan harus melalui musyawarah untuk mencapai kata mufakat.

5. Rela menolong dan tabah

Anggota pramuka harus memiliki rasa kemanusiaan tinggi, siap menolong makhluk hidup yang sedang kesusahan, serta bersikap tabah dan tidak mudah menyerah dalam menghadapi musibah atau cobaan.

6. Rajin, terampil, dan gembira

Anggota pramuka harus rajin, terampil dalam memecahkan masalah, serta menjalani kegiatan dengan riang dan gembira tanpa beban.

7. Hemat, cermat, dan bersahaja

Anggota pramuka harus hemat, tidak menghambur-hamburkan segala sesuatu, serta bersahaja dalam berperilaku.

8. Disiplin, berani, dan setia

Anggota pramuka harus disiplin dalam melaksanakan kegiatan, berani menghadapi tantangan, dan setia dalam menjunjung tinggi panduan pramuka.

9. Bertanggung jawab dan dapat dipercaya

Anggota pramuka harus bertanggungjawab atas segala perbuatannya, dapat dipercaya, dan tidak mengkhianati kepercayaan yang diberikan.

10. Suci dalam pikiran, perkataan, dan perbuatan

Anggota pramuka harus memiliki pikiran, perkataan, dan perbuatan yang baik, menjadi suri tauladan bagi masyarakat dengan mengontrol perkataan, perbuatan, dan pikiran yang buruk.

    Peran Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka

    Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka memiliki peran yang sangat penting dalam gerakan kepramukaan. Kedua kode kehormatan ini menjadi pedoman bagi setiap anggota Pramuka dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Dengan mengikuti Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka, diharapkan anggota Pramuka dapat menjadi manusia yang berkarakter, berjiwa patriot, dan cinta alam. Selain itu, kedua kode kehormatan ini juga menjadi landasan bagi setiap kegiatan Pramuka, sehingga dapat membantu dalam pembentukan kepribadian yang tangguh dan bertanggung jawab, serta membantu dalam pembangunan masyarakat dan bangsa.

    Semoga penjelasan tentang Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka dapat bermanfaat, terimakasih.

    Baca juga:

    Referensi

    1. Sianturi, R. M. R. (2021). Pengamalan Nilai-Nilai Pancasila dalam Kepramukaan. Jurnal Pancasila dan Bela Negara1(1).
    2. Juardi, I. F., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Menerapkan Nilai–nilai Pancasila dalam Kegiatan Kepramukaan (Studi Kasus SDN Pasirbitung). Jurnal Pendidikan Tambusai5(3), 7119-7124.
    3. Prahesti, D. (2021). Internalisasi Nilai-Nilai Pancasila Melalui Peran Dasadharma Pramuka. EDUTAMA.
    4. FADHOLI, A. (2020). NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM YANG TERKANDUNG DALAM TRI SATYA PRAMUKA TINGKAT PENGGALANG (Studi Analisis Buku Boyman Karya Andri Bob Sunardi) (Doctoral dissertation, UNISNU Jepara).
    5. MUNANDAR, M. (2019). PENGEMBANGAN NILAI-NILAI PANCASILA MELALUI EKSTRAKURIKULER PRAMUKA (Doctoral dissertation, STKIP PGRI SUMENEP).
    6. Damanik, S. A. (2014). Pramuka ekstrakurikuler wajib di sekolah. Jurnal Ilmu Keolahragaan13(02), 16-21.
    7. Rizky, K. S. (2012). Mengenal dunia pramuka Indonesia. Galangpress Publisher.
    Bambang Niko Pasla

    A seasoned writer in the fields of industry, business, and technology. Enjoys sports and traveling activities.