Desa Wisata di Jambi
Sumatera

Pesona 4 Desa Wisata di Jambi

Desa Wisata di jambi – Jambi, sebuah provinsi yang terletak di pulau Sumatera, Indonesia, tidak hanya dikenal dengan keindahan alamnya yang memukau, tetapi juga dengan keberagaman budaya dan warisan sejarahnya yang kaya. Salah satu daya tarik utama di Jambi adalah keberadaan desa-desa wisata yang menawarkan pengalaman wisata yang unik dan berkesan bagi para pengunjung. Dari pesona alam yang menakjubkan hingga kebudayaan yang kaya, desa-desa wisata di Jambi memiliki segala sesuatu yang dibutuhkan untuk menjadikan liburan tak terlupakan.

Desa Wisata di Jambi

Berikut ini pesona empat desa wisata di Jambi, dimana desa ini tidak hanya menawarkan keindahan alam, tetapi juga memberikan pengalaman wisata yang kaya akan budaya dan sejarah lokal.

1. Desa Wisata Pentagen

Desa Wisata Pentagen adalah contoh nyata bagaimana kreativitas dan inovasi dapat mengubah sebuah desa menjadi destinasi wisata yang menarik. Dengan berbekal Dana Desa, desa ini berhasil menyulap embung desa menjadi lahan outbond yang menarik minat wisatawan dari berbagai penjuru.

Taman Pertiwi, yang merupakan hasil transformasi dari embung desa, menawarkan berbagai wahana outbond yang menarik, mulai dari flying fox hingga sepeda air. Selain itu, desa ini juga menampilkan seni pertunjukan dan ritual adat yang kaya, yang memberikan pengalaman budaya yang mendalam bagi para pengunjung.

2. Desa Wisata Muaro Jambi

Desa Wisata Muaro Jambi merupakan salah satu destinasi utama bagi para wisatawan yang ingin menelusuri kekayaan sejarah Jambi. Terletak berdampingan dengan Cagar Budaya Muaro Jambi, desa ini menawarkan pengalaman yang tak terlupakan dengan situs-situs bersejarahnya yang menakjubkan. Dari kanal kuno hingga Candi Muaro Jambi yang megah, pengunjung dapat merasakan aura kebesaran masa lalu yang terpatri dalam setiap sudut desa ini.

Namun, pesona Desa Wisata Muaro Jambi tidak hanya terbatas pada warisan sejarahnya. Desa ini juga menawarkan keunikan budaya Melayu yang kaya, dengan seni pertunjukan tradisional seperti rebana siam, Tari Topeng, Tari Bayangan, pencak silat, dan hadrah. Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati keindahan alam sekitar, seperti Sungai Batanghari yang mengalir tenang dan rumah adat Melayu kuno yang memukau.

3. Desa Wisata Lekuk 50 Tumbi Lempur

Desa Wisata Lekuk 50 Tumbi Lempur adalah surga bagi para petualang yang ingin merasakan keindahan alam yang masih asri dan belum tersentuh oleh perkembangan modern. Dikelilingi oleh panorama Bukit Barisan yang memukau, desa ini menawarkan pengalaman wisata yang mendalam dan memuaskan bagi para pengunjung.

Salah satu daya tarik utama desa ini adalah keberadaan lima danau yang menakjubkan, yang telah diberdayakan sebagai objek wisata utama. Pengunjung dapat menjelajahi keindahan alam sekitar dan menikmati pesona alam yang memikat dalam paket wisata ekspedisi lima danau selama tiga hari. Selain itu, Sungai Larangan yang ada di desa ini juga dimanfaatkan untuk menawarkan pengalaman arung jeram yang mendebarkan.

4. Desa Muara Madras

Desa Muara Madras adalah tempat yang sempurna bagi para pencinta alam yang ingin melarikan diri dari hiruk-pikuk perkotaan. Dikenal dengan pemandangan alamnya yang memukau, desa ini menawarkan kedamaian dan keindahan yang sulit untuk diungkapkan dengan kata-kata. Setiap sudut desa ini dipenuhi dengan kecantikan alam yang memikat, mulai dari Puncak Goa Tirau yang menakjubkan hingga kebun jeruk Gerga yang subur.

Namun, pesona Desa Muara Madras tidak hanya terbatas pada keindahan alamnya. Desa ini juga memiliki budaya lokal yang unik, yang tercermin dalam seni pertunjukan tradisional dan kegiatan adat yang dilaksanakan secara rutin. Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati produk ekraf lokal, seperti kopi Jangkat yang terkenal akan cita rasanya yang khas.

Demikianlah informasi tentang desa wisata di Jambi, semoga dapat bermanfaat.

Baca juga:

Bambang Niko Pasla

A seasoned writer in the fields of industry, business, and technology. Enjoys sports and traveling activities.