Filter IG
Software

14 Filter IG Terbaru dan Viral Tahun 2024

Filter IG (Instagram) merupakan salah satu fitur yang sangat populer di kalangan pengguna media sosial, terutama di kalangan anak muda. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk memberikan sentuhan kreatif pada foto atau video yang diunggah, sehingga membuatnya lebih menarik dan unik. Dengan begitu, filter IG menjadi salah satu cara efektif untuk membuat konten yang lebih menonjol dan dapat meningkatkan interaksi dengan pengikut.

Pengertian Filter Instagram (IG)

Filter Instagram (IG) adalah fitur yang memungkinkan pengguna untuk memberikan efek visual pada foto atau video yang diunggah. Dengan menggunakan filter, pengguna dapat mengubah warna, kontras, saturasi, dan efek lainnya pada foto atau video mereka. Hal ini dapat memberikan sentuhan kreatif yang unik pada konten yang diunggah, sehingga membuatnya lebih menarik dan berbeda dari konten lainnya.

Penggunaan Filter Instagram (IG)

Filter Instagram (IG) umumnya digunakan saat pengguna mengunggah foto atau video di Instagram Stories (IG Stories) atau di Reels. Pengguna dapat memilih filter yang diinginkan dari berbagai pilihan yang tersedia di aplikasi Instagram. Setelah memilih filter, pengguna dapat mengatur intensitas filter sesuai dengan keinginan, sehingga mendapatkan hasil yang sesuai dengan preferensi mereka.

Penggunaan filter Instagram (IG) tidak hanya membuat konten lebih menarik, tetapi juga dapat meningkatkan interaksi dengan pengikut. Konten yang menggunakan filter yang menarik cenderung lebih banyak mendapatkan like, komentar, dan tayangan dibandingkan dengan konten yang tidak menggunakan filter. Oleh karena itu, penggunaan filter Instagram (IG) dapat menjadi strategi yang efektif dalam meningkatkan engagement dengan pengikut.

Filter IG Terbaru dan Viral Tahun 2024

Berikut daftar 10 filter IG yang dapat kamu coba untuk membuat konten semakin menarik dan unik.

1. Seminyak

Seminyak merupakan filter Instagram yang menghasilkan tone warna merah kekuningan. Dengan peningkatan saturation dan contrast, filter ini memberikan hasil yang cerah dan putih, cocok untuk mereka yang ingin menghasilkan foto atau video dengan tampilan yang cerah dan segar.

2. Good Skin V.2

Salah satu filter Instagram terbaik yang patut dicoba adalah Good Skin V.2. Dengan filter ini, wajah pengguna dapat terlihat lebih bersih dan cerah, cocok untuk mereka yang ingin tampil cantik dan berseri di Instagram. Filter ini dapat memberikan tampilan yang segar dan alami pada wajah, membuatnya terlihat lebih menarik.

3. GOLDEN

GOLDEN adalah filter Instagram yang aman untuk laki-laki karena tidak menciptakan efek filter yang terlihat lebay, yang mana bisa membuat wajah terlihat halus. Filter ini memberikan tampilan yang natural dan cocok untuk digunakan dalam berbagai kesempatan.

4. Clarendon

Selanjutnya, filter Clarendon juga layak untuk dicoba. Filter ini dapat membuat foto maupun video terlihat lebih cerah dan menarik. Dengan peningkatan saturasi dan kontras, filter ini menghasilkan tone warna yang sedikit merah kekuningan, memberikan efek yang menyenangkan pada foto atau video yang diunggah.

5. Colored Hair

Filter ini mengubah warna rambut secara virtual, cocok untuk melihat penampilan dengan warna rambut yang berbeda tanpa harus ke salon.

6. FAVS

FAVS juga merupakan filter yang unik dan estetik. Dengan konsep grid yang terbagi menjadi 9 kolom, setiap kolomnya memberikan hasil foto yang berbeda-beda, mulai dari zoom, crop, hingga terbalik. Filter ini dapat memberikan sentuhan kreatif yang unik pada foto atau video.

7. Jet Lag

Filter Jet Lag membantu memfokuskan kamera dan memberikan efek bokeh pada objek, cocok untuk foto produk yang ingin terlihat profesional.

8. Soft-blur

Selain itu, filter Soft-blur juga menarik untuk dicoba. Meskipun hasil foto blur mungkin kurang disukai banyak orang, namun bagi anak muda zaman sekarang, foto blur dapat terlihat estetik karena wajah tidak terlihat dengan jelas. Dengan filter ini, pengguna dapat menghasilkan foto blur yang keren dan estetik.

9. Don’t Look Physical

Filter Don’t Look Physical merubah wajah yang awalnya acak-acakan menjadi lebih cantik dan menawan, cocok untuk membuat pengikut terkesan dengan penampilanmu.

10. Filtros Do VSCO

Filtros Do VSCO juga patut untuk dicoba. Filter ini mengusung konsep filter foto VSCO yang populer di kalangan anak muda. Dengan menggunakan filter ini, pengguna tidak perlu repot-repot lagi mengedit foto di VSCO, karena hasilnya sudah bagus.

11. Photo Crop

Filter Photo Crop mengambil tangkapan layar secara acak dengan efek crop 1:1, diiringi dengan musik yang membuat konten terlihat menarik.

12. Retro Fish Eye

Retro Fish Eye juga menjadi salah satu filter Instagram yang digandrungi banyak anak muda. Dengan efek seperti mata ikan yang terlihat cembung, filter ini dapat memberikan tone warna cerah yang cocok untuk mereka yang hobi membuat video estetik.

13. Old Film

Old Film juga cocok untuk mereka yang senang mengambil gambar atau merekam video ala-ala kamera jadul. Dengan tone warna kuning agak kecoklatan, filter ini mirip seperti hasil foto dari kamera analog.

14. VHS

VHS merupakan filter Instagram yang cocok bagi mereka yang senang merekam video ala-ala kamera zaman dahulu. Dengan setiap pengambilan foto atau video, akan muncul tulisan ‘Play’ di pojok kiri atas layar, seolah-olah merekam dengan kamera handycam.

Dampak Filter IG dalam Dunia Digital

Filter IG memiliki dampak yang cukup signifikan dalam dunia digital, terutama dalam hal penggunaan media sosial. Beberapa dampak positif dari penggunaan filter IG antara lain:

  • Pengguna filter Instagram dapat menghasilkan konten yang lebih kreatif dan menarik, sehingga meningkatkan daya tarik konten mereka di media sosial.
  • Foto atau video yang menggunakan filter IG cenderung mendapatkan lebih banyak interaksi dari pengguna lain, seperti like, komentar, dan bagikan.
  • Konten yang menggunakan filter Instagram cenderung memiliki potensi untuk lebih mudah ditemukan oleh pengguna lain, sehingga memperluas jangkauan konten tersebut.

Namun, penggunaan filter IG juga memiliki dampak negatif, seperti:

  • Penggunaan filter IG yang berlebihan dapat menyembunyikan keaslian foto atau video, sehingga membuat konten tersebut terlihat tidak alami.
  • Beberapa filter Instagram yang dirancang untuk memperbaiki tampilan wajah dapat menciptakan standar kecantikan yang tidak realistis.
  • Penggunaan filter IG yang terlalu sering dapat membuat pengguna menjadi tergantung pada filter untuk membuat konten yang menarik.

Filter IG adalah fitur yang sangat populer di kalangan pengguna Instagram. Dengan berbagai efek kreatifnya, filter IG memungkinkan pengguna untuk membuat foto atau video yang lebih menarik dan unik. Namun, penggunaan filter IG juga perlu dilakukan dengan bijak, agar tidak menghilangkan keaslian konten yang diunggah. Semoga informasi tentang Filter IG bermanfaat ya, terimakasih.

Baca juga:

Bambang Niko Pasla

A seasoned writer in the fields of industry, business, and technology. Enjoys sports and traveling activities.