Fitur Baru di iOS 17.3
Software

4 Fitur Baru di iOS 17.3, Terdapat Stolen Device Protection

Perangkat iPhone dari Apple telah menjadi tonggak penting dalam kehidupan sehari-hari banyak orang. Tidak hanya sebagai alat komunikasi, tetapi juga sebagai pusat hiburan, alat produktivitas, dan bahkan sebagai pengganti dompet fisik. Oleh karena itu, setiap pembaruan sistem operasi yang diluncurkan oleh Apple menarik perhatian besar, karena membawa sejumlah fitur baru yang memperkaya pengalaman pengguna. Begitu juga dengan pembaruan terbaru mereka, iOS 17.3, yang telah menghadirkan sejumlah perubahan besar dalam cara kita menggunakan iPhone.

Fitur Baru di iOS 17.3

Mari kita jelajahi setiap fitur dengan detail yang lebih dalam, dan bagaimana mereka dapat mengubah cara kita berinteraksi dengan iPhone kita sehari-hari.

1. Perlindungan Perangkat yang Dicuri (Stolen Device Protection)

Salah satu fitur paling menonjol yang diperkenalkan dalam iOS 17.3 merupakan Perlindungan Perangkat yang Dicuri, atau yang biasa dikenal sebagai Stolen Device Protection. Fitur ini dirancang untuk memberikan lapisan keamanan tambahan bagi pengguna iPhone, terutama dalam skenario di mana perangkat mereka dicuri atau hilang.

Dengan Stolen Device Protection, pencuri atau penemuan perangkat tidak akan lagi mudah mengakses informasi sensitif di dalam iPhone. Bahkan jika mereka berhasil mendapatkan kode akses perangkat, mereka akan tetap dihadapkan pada penghalang biometrik yang kuat. Fitur ini meminta aktivasi Face ID atau Touch ID untuk melakukan tindakan tertentu, seperti mengubah passcode perangkat atau password Apple ID.

Selain itu, terdapat pula mekanisme yang disebut sebagai “Security Delay”, di mana pengguna harus menunggu selama satu jam dan melewati autentikasi biometrik yang berhasil sebelum dapat melakukan tindakan sensitif. Hal ini memastikan bahwa hanya pemilik asli perangkat yang dapat mengakses informasi tersebut, dan memberikan waktu bagi pemilik perangkat untuk mengambil tindakan preventif jika perangkat mereka hilang atau dicuri.

Dengan diperkenalkannya Stolen Device Protection, Apple telah mengambil langkah besar dalam meningkatkan keamanan perangkat mereka dan memberikan ketenangan pikiran bagi para pengguna iPhone di seluruh dunia.

Untuk memastikan keamanan perangkat dengan fitur Perlindungan Perangkat yang Dicuri yang baru di iOS 17.3, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka aplikasi Settings di iPhone.
  • Gulir ke bawah dan cari opsi “Face ID & Passcode”, ketuk opsi ini.
  • Kita akan diminta untuk memasukkan passcode perangkat untuk melanjutkan.
  • Di antara pengaturan tersebut, kita akan menemukan opsi untuk mengaktifkan fitur “Stolen Device Protection” atau Perlindungan Perangkat yang Dicuri.
  • Aktifkan opsi Stolen Device Protection dengan menggeser tombol ke posisi “On”.
  • Setelah mengaktifkan fitur ini, perangkat akan meminta kita untuk mengkonfirmasi identitas melalui Face ID atau Touch ID setiap kali Anda melakukan aktivitas sensitif, seperti mengganti password atau melakukan tindakan keamanan lainnya.

2. Kolaborasi Playlist di Apple Music

Selain fitur keamanan yang inovatif, iOS 17.3 juga membawa perubahan yang menyenangkan dalam cara kita menikmati musik melalui Apple Music. Salah satu fitur terbaru yang diperkenalkan adalah kemampuan untuk membuat dan mengelola playlist kolaboratif.

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengundang teman-teman mereka untuk bergabung ke dalam playlist yang mereka buat, dan memberikan mereka kemampuan untuk menambahkan lagu, mengatur urutan lagu, atau bahkan menghapus lagu dari playlist tersebut. Ini menciptakan pengalaman mendengarkan musik yang lebih sosial dan interaktif, di mana pengguna dapat berbagi selera musik mereka dengan teman-teman mereka dan menciptakan playlist bersama secara bersamaan.

Selain itu, pengguna juga dapat menambahkan reaksi emoji ke lagu mana pun dalam playlist kolaboratif, menambahkan dimensi ekspresi emosional yang lebih dalam dalam pengalaman mendengarkan musik bersama. Ini tidak hanya membuat pengalaman mendengarkan musik lebih menyenangkan, tetapi juga memperkuat ikatan sosial di antara pengguna Apple Music.

Dengan kolaborasi playlist di Apple Music, iOS 17.3 telah membawa pengalaman mendengarkan musik ke tingkat berikutnya, memungkinkan pengguna untuk terlibat dalam interaksi yang lebih bermakna dengan teman-teman mereka melalui musik.

3. Streaming Konten Langsung ke TV melalui AirPlay

Selain fitur keamanan dan hiburan, iOS 17.3 juga membawa perubahan yang signifikan dalam cara kita mengonsumsi konten media, terutama ketika kita berada di perjalanan. Dengan AirPlay, pengguna sekarang dapat melakukan streaming konten secara langsung ke TV di kamar hotel, memberikan fleksibilitas dan kenyamanan yang lebih besar dalam menonton film, acara TV, atau presentasi bisnis.

Fitur ini memanfaatkan teknologi AirPlay yang ada di perangkat iPhone, yang memungkinkan pengguna untuk melakukan streaming konten dari perangkat mereka ke perangkat lain yang kompatibel, seperti TV pintar atau speaker pintar. Dengan demikian, pengguna tidak lagi perlu mengandalkan koneksi kabel atau perangkat tambahan untuk menonton konten mereka di layar yang lebih besar.

Ini sangat berguna ketika kita sedang bepergian dan menginap di hotel, di mana seringkali kita ingin menikmati konten multimedia dari perangkat pribadi kita di layar yang lebih besar. Dengan AirPlay di iOS 17.3, pengalaman menonton di hotel menjadi lebih mudah dan lebih nyaman daripada sebelumnya.

4. Peningkatan Keseluruhan Pengalaman Pengguna

Selain fitur-fitur utama yang telah disebutkan di atas, iOS 17.3 juga datang dengan sejumlah perbaikan dan peningkatan keseluruhan dalam pengalaman pengguna. Ini termasuk pembaruan Lock Screen dengan wallpaper Unity baru untuk merayakan Black History Month, serta optimalisasi dan peningkatan dalam deteksi crash dan pengalaman streaming melalui AirPlay.

Peningkatan ini tidak hanya meningkatkan kinerja dan kestabilan sistem operasi, tetapi juga menunjukkan komitmen Apple dalam menyediakan pengalaman pengguna yang terbaik melalui perangkat mereka. Dengan memperhatikan detail-detail kecil seperti wallpaper tema khusus untuk perayaan budaya, Apple menunjukkan bahwa mereka tidak hanya fokus pada fungsionalitas, tetapi juga pada aspek-aspek yang lebih emosional dan estetis dari pengalaman pengguna.

Cara Update ke iOS 17.3

Jika kita ingin memperbarui perangkat iOS Anda ke versi terbaru, iOS 17.3, berikut adalah langkah-langkah yang harus di ikuti:

  • Buka aplikasi Settings di iPhone.
  • Gulir ke bawah dan temukan opsi “General”. Ketuk opsi ini untuk melanjutkan.
  • Di bawah opsi General, cari opsi “Software Update”. Ketuk opsi ini untuk memeriksa apakah ada pembaruan perangkat lunak yang tersedia untuk perangkat.
  • Jika pembaruan iOS 17.3 tersedia, kita akan melihat opsi untuk mengunduh dan menginstalnya. Ketuk opsi ini untuk memulai proses pembaruan.
  • Ikuti instruksi di layar untuk menyelesaikan proses pembaruan.
  • Pastikan perangkat terhubung ke Wi-Fi dan memiliki daya baterai yang mencukupi selama proses ini.
  • Setelah pembaruan selesai diunduh dan diinstal, perangkat akan restart dan kita akan dapat menikmati fitur-fitur baru dan perbaikan yang ditawarkan oleh iOS 17.3.

Dengan demikian, iOS 17.3 bukan hanya tentang fitur-fitur baru yang menarik, tetapi juga tentang bagaimana Apple terus berusaha untuk meningkatkan dan menyempurnakan pengalaman pengguna melalui inovasi dan perbaikan terus-menerus. Demikianlah informasi tentang Fitur Baru di iOS 17.3 yang disadur dari website resmi Appel, semoga bermanfaat.

Baca juga:

Bambang Niko Pasla

A seasoned writer in the fields of industry, business, and technology. Enjoys sports and traveling activities.