Cara Live di TikTok
Tips

Begini Syarat dan Cara Live di TikTok Terbaru untuk Pemula

Cara Live di TikTok – TikTok telah menjadi platform yang sangat populer di seluruh dunia, memungkinkan pengguna untuk berbagi momen-momen kreatif mereka dalam bentuk video pendek. Namun, ada fitur menarik lain yang bisa dimanfaatkan untuk lebih dekat dengan pengikut, yaitu siaran langsung atau live.

Live TikTok memungkinkan pengguna untuk melakukan siaran langsung secara real-time kepada pengikut mereka. Dengan fitur ini, kita dapat berbagi momen langsung, berbicara dengan penggemar, menampilkan keterampilan atau bakat, serta berinteraksi dengan penonton melalui komentar dan hadiah virtual. Siaran langsung menciptakan pengalaman yang lebih mendalam dan langsung antara pembuat konten dan pengikutnya, memungkinkan interaksi yang lebih dekat dan personal.

Syarat Live di TikTok

Tidak semua pengguna TikTok dapat melakukan siaran langsung. Berikut adalah persyaratan yang harus dipenuhi untuk menggunakan fitur LIVE di TikTok:

  • Untuk menjadi pembuat konten yang melakukan siaran langsung, pengguna harus berusia 18 tahun atau lebih.
  • Untuk memberi atau menerima hadiah selama siaran langsung, pengguna juga harus berusia 18 tahun ke atas (atau 19 tahun di Korea Selatan).
  • Untuk bisa melakukan siaran langsung, pengguna perlu memiliki setidaknya 1.000 pengikut di akun mereka.

Cara Live di TikTok Terbaru untuk Pemula

Ingin berbagi momen-momen secara langsung dengan pengikut di TikTok? Berikut ini panduan sederhana tentang cara melakukan siaran langsung di platform ini yang dapat dilakukan walaun kamu seorang pemula:

1. Ketuk Tombol Tambah Postingan (+)

Buka aplikasi TikTok di ponsel dan ketuk tombol “Tambah Postingan +” yang terletak di bagian bawah layar. Ini akan membuka layar untuk membuat postingan baru.

2. Ketuk “Live”

Setelah masuk ke layar pembuatan postingan, cari dan ketuk opsi “Live” yang terletak di bagian bawah layar. Ini akan membawa kamu ke layar persiapan untuk siaran langsung.

3. Tambahkan Detail dan Sesuaikan Pengaturan

Di layar persiapan Live, tambahkan judul yang menarik untuk siaran langsung. Kamu juga dapat memilih filter, efek, atau menyesuaikan alat dan pengaturan lainnya sesuai keinginan.

4. Ketuk Siarkan Live

Setelah puas dengan detail dan pengaturan siaran langsung, ketuk tombol “Siarkan Live” untuk memulai siaran langsung. TikTok akan memberikan hitungan mundur singkat sebelum Live dimulai.

5. Mengatur dan Menyesuaikan selama Siaran Langsung

Selama siaran langsung, kamu juga dapat menyesuaikan alat dan pengaturan Live, termasuk pengaturan keselamatan, sesuai kebutuhan. Ini memungkinkan kita untuk mengontrol pengalaman Live sesuai dengan preferensi.

6. Mengakhiri Siaran Langsung

Bila sudah siap untuk mengakhiri siaran langsung, ketuk tombol “Akhiri Live” yang terletak di bagian atas layar. Kamu akan diberikan opsi untuk mengonfirmasi pengakhiran siaran langsung. Ketuk “Akhiri Sekarang” untuk menyelesaikan siaran langsung.

Tips dan Trik untuk Siaran Langsung di TikTok

Agar siaran langsung lebih menarik dan interaktif, berikut beberapa tips dan trik yang bisa kamu coba:

1. Persiapkan Materi dan Agenda

Sebelum memulai siaran langsung, pastikan kamu memiliki rencana atau agenda tentang apa yang akan dibahas atau dilakukan. Ini membantu menjaga alur siaran langsung dan membuatnya lebih menarik bagi penonton.

2. Gunakan Pencahayaan yang Baik

Pencahayaan yang baik sangat penting untuk kualitas video yang baik. Pastikan kamu berada di tempat dengan pencahayaan yang cukup atau gunakan ring light untuk hasil yang lebih profesional.

3. Libatkan Penonton dengan Pertanyaan dan Polling

Salah satu cara terbaik untuk membuat siaran langsung lebih interaktif adalah dengan melibatkan penonton. Ajukan pertanyaan, buat polling, atau minta pendapat mereka tentang topik yang dibahas.

4. Pantau Komentar dan Tanggapi secara Real-time

Selama siaran langsung, pastikan untuk memantau komentar dan menanggapi pertanyaan atau komentar dari penonton. Ini membantu menciptakan interaksi yang lebih personal dan membuat penonton merasa dihargai.

5. Gunakan Efek dan Filter untuk Menambah Kreativitas

TikTok menawarkan berbagai efek dan filter yang dapat digunakan selama siaran langsung. Manfaatkan fitur ini untuk menambah elemen kreatif dan membuat siaran langsung lebih menarik.

6. Jaga Konsistensi dan Jadwal Siaran

Jika kamu ingin membangun audiens yang setia, penting untuk menjaga konsistensi dan memiliki jadwal siaran yang tetap. Informasikan kepada pengikut kapan kamu akan melakukan siaran langsung berikutnya.

Selain sebagai sarana untuk berinteraksi dengan pengikut, siaran langsung di TikTok juga bisa menjadi peluang bisnis yang menguntungkan. Berikut beberapa cara untuk memanfaatkan TikTok Live sebagai alat bisnis:

  • Promosi Produk atau Layanan.
  • Kerja Sama dengan Influencer.
  • Menerima Hadiah Virtual.
  • Mengadakan Event atau Webinar.

Dengan mengikuti tips di atas, kamu bisa membuat siaran langsung yang menarik dan sukses di TikTok. Semoga bermanfaat ya.

Baca juga:

Bambang Niko Pasla

A seasoned writer in the fields of industry, business, and technology. Enjoys sports and traveling activities.