Cek NISN Siswa
Tips

Mudahnya Cara Cek NISN Siswa dengan Nama

Cek NISN Siswa – Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) adalah kode identitas unik yang diberikan kepada setiap siswa di Indonesia oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek). NISN ini sangat penting karena digunakan dalam berbagai proses akademis seperti penerimaan siswa baru, ujian nasional, dan pendaftaran perguruan tinggi negeri (PTN). Namun, tidak jarang orang tua atau siswa lupa atau kehilangan NISN mereka. Untungnya, NISN dapat dicek secara online menggunakan nama.

Cara Cek NISN Siswa dengan Nama

Berikut ini langkah demi langkah yang bisa kamu ikuti untuk mengecek NISN Siswa menggunakan nama melalui situs resmi Kemendikbud:

1. Buka Situs Resmi NISN

Pertama-tama, buka browser di komputer atau ponsel kamu dan akses situs resmi NISN di alamat https://nisn.data.kemdikbud.go.id/.

2. Pilih Opsi “Pencarian Nama”

Setelah halaman utama terbuka, pilih opsi “Pencarian Nama”. Opsi ini memungkinkan kamu untuk mencari NISN berdasarkan nama siswa, tempat lahir, tanggal lahir, dan nama ibu kandung.

3. Masukkan Data Siswa

Masukkan data siswa yang diperlukan. Data yang harus dimasukkan meliputi:

  • Nama lengkap siswa
  • Tempat lahir siswa
  • Tanggal lahir siswa
  • Nama lengkap ibu kandung siswa

Pastikan data yang dimasukkan sudah benar dan sesuai dengan data resmi yang tercatat di sekolah.

4. Verifikasi “I’m Not a Robot”

Centang kotak verifikasi “I’m Not a Robot” untuk memastikan bahwa pencarian dilakukan oleh manusia, bukan oleh program otomatis.

5. Klik “Cari Data”

Setelah semua data terisi dan verifikasi selesai, klik tombol “Cari Data”. Sistem akan memproses pencarian dan menampilkan hasilnya.

6. Tinjau Hasil Pencarian

Jika data yang dimasukkan benar, sistem akan menampilkan NISN beserta data siswa secara lengkap. Namun, jika muncul pesan “No record to display”, artinya data yang dimasukkan tidak sesuai atau tidak tersimpan dalam sistem. Dalam kasus ini, kamu disarankan untuk menghubungi pihak sekolah atau Kemendikbud melalui email atau call center untuk mendapatkan arahan selanjutnya.

Mengapa NISN Penting?

Berikut ini beberapa alasan mengapa NISN dianggap penting untuk siswa/ siswi:

1. Identifikasi Siswa

NISN bertujuan untuk mengidentifikasi setiap siswa di seluruh sekolah di Indonesia secara unik, standar, konsisten, dan berkesinambungan. Dengan adanya NISN, setiap siswa memiliki nomor identitas yang tidak berubah sepanjang masa sekolah mereka, bahkan setelah lulus.

2. Pengelolaan Data Pendidikan

Bagi Kemendikbud, Dinas Pendidikan Daerah, dan sekolah, NISN berfungsi sebagai pusat layanan sistem pengelolaan nomor induk siswa secara online. Sistem ini membantu dalam manajemen data siswa yang terintegrasi dan akuntabel.

3. Dukungan Program Pendidikan

NISN mendukung berbagai program pendidikan seperti Data Pokok Pendidikan (Dapodik), Bantuan Operasional Sekolah (BOS), Ujian Nasional (UN), Program Indonesia Pintar (PIP), dan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Dengan NISN, program-program ini dapat berjalan lebih efektif dan efisien.

Semoga informasi tentang Cek NISN Siswa dengan Nama dapat bermanfaat.

Pertanyaan Umum tentang NISN

1. Apakah NISN Bisa Dicek Setelah Lulus Sekolah?

Ya, NISN tetap bisa dicek meskipun siswa sudah lulus sekolah. Data NISN masih tersimpan dan dapat diakses kapan saja melalui situs resmi Kemendikbud. Hanya saja, statusnya akan bertuliskan “Tidak Aktif di Satuan Pendidikan” karena siswa telah dinyatakan lulus.

2. Apakah NISN Bisa Digunakan di Sekolah Luar Negeri?

Ya, NISN juga mencakup siswa yang bersekolah di Sekolah Indonesia di luar negeri. NISN memastikan bahwa setiap siswa Indonesia memiliki nomor identifikasi yang unik dan konsisten, di mana pun mereka bersekolah.

3. Bagaimana Jika NISN Tidak Ditemukan?

Jika NISN tidak ditemukan, pastikan data yang dimasukkan sudah benar dan sesuai dengan data resmi yang tercatat di sekolah. Jika masih tidak ditemukan, hubungi pihak sekolah atau Kemendikbud untuk mendapatkan arahan selanjutnya.

Bambang Niko Pasla

A seasoned writer in the fields of industry, business, and technology. Enjoys sports and traveling activities.