Cek NISN dengan NIK
Tips

Cek NISN dengan NIK Melalui Ponsel, Cara dan Linknya

Cek NISN dengan NIK – Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) adalah kode unik yang diberikan kepada setiap siswa di Indonesia. Dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), NISN berguna untuk membedakan satu siswa dengan yang lain serta menjadi syarat penting dalam berbagai administrasi pendidikan. Bams akan membahas bagaimana cara cek NISN dengan NIK melalui ponsel.

NISN bukan hanya sekadar nomor. Nomor ini memiliki banyak kegunaan penting, antara lain:

  • NISN diperlukan saat pendaftaran sekolah, dan pindah sekolah.
  • Banyak program beasiswa yang mensyaratkan NISN untuk verifikasi data siswa seperti Program Indonesia Pintar (PIP).
  • NISN digunakan dalam berbagai seleksi masuk perguruan tinggi, seperti SNMPTN dan SBMPTN.
  • NISN menjadi bagian dari data pokok pendidikan yang digunakan oleh pemerintah untuk berbagai keperluan statistik dan kebijakan pendidikan, baik di tingkat pusat, provinsi, kota, kabupaten, hingga sekolah, seperti: Bantuan Operasional Sekolah (BOS).

Link dan Cara Cek NISN dengan NIK Melalui Ponsel

Untuk mengecek NISN menggunakan NIK, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Buka aplikasi browser yang ada di ponsel, kamu bisa menggunakan browser apa saja seperti Google Chrome, Safari, atau browser bawaan ponsel.
  • Masukkan link berikut di kolom pencarian: https://nisn.data.kemdikbud.go.id.
  • Setelah laman terbuka, klik pada opsi “Pencarian Nama” yang biasanya terletak di sudut kanan atas laman.
  • Masukkan data diri siswa seperti nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, serta nama ibu kandung. Pastikan data yang di masukkan benar dan sesuai dengan dokumen resmi.
  • Untuk memastikan bahwa kamu bukan robot, klik verifikasi CAPTCHA.
  • Setelah semua data terisi dengan benar, klik tombol “Cari Data”. Sistem akan memproses dan menampilkan informasi NISN siswa yang kamu cari.

Cara Memperbaiki Data NISN yang Salah

Bila setelah mengecek NISN menemukan bahwa data yang ditampilkan salah, kamu bisa mengajukan perbaikan data. Menyadur dari situs resmi kemdibud.go.id, berikut langkah-langkah untuk memperbaiki data NISN:

  • Bawa dokumen asli seperti akta kelahiran, Kartu Keluarga (KK), dan ijazah ke sekolah tempat siswa terdaftar.
  • Sampaikan masalah kamu kepada operator Dapodik di sekolah. Operator akan memverifikasi data dan mengajukan perbaikan melalui sistem yang ada.
  • Setelah data diverifikasi oleh operator sekolah, operator Dapodik di tingkat kabupaten akan melakukan verifikasi lanjutan dan menyetujui perbaikan data tersebut.
  • Tunggu konfirmasi dari pihak sekolah atau operator Dapodik. Biasanya, proses ini memakan waktu beberapa hari hingga data berhasil diperbaiki.

FAQ Tentang NISN

1. Apakah setiap siswa wajib memiliki NISN? Ya, setiap siswa di Indonesia wajib memiliki NISN sebagai bukti legalitas yang diakui oleh Kemendikbudristek.

2. Bagaimana cara mendapatkan NISN? NISN akan diberikan secara otomatis saat siswa terdaftar di sekolah melalui sistem Dapodik.

3. Apa yang harus dilakukan jika NISN tidak ditemukan? Jika NISN tidak ditemukan, pastikan data yang dimasukkan sudah benar. Jika masih tidak ditemukan, hubungi pihak sekolah untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.

4. Apakah NISN bisa digunakan untuk mendaftar ke perguruan tinggi? Ya, NISN seringkali digunakan sebagai salah satu syarat dalam proses seleksi masuk perguruan tinggi.

5. Bagaimana cara mengecek NISN siswa yang sudah lulus? Proses pengecekan NISN siswa yang sudah lulus sama dengan siswa yang masih aktif. Kamy tetap bisa mengecek melalui laman resmi Kemendikbud dengan memasukkan data yang diminta.

Semoga Tips ini bermanfaat dan membantu dalam mengecek NISN dengan mudah.

Baca juga:

Bambang Niko Pasla

A seasoned writer in the fields of industry, business, and technology. Enjoys sports and traveling activities.