Manfaat Black Garlic
Gaya Hidup

Efek Samping dan 14 Manfaat Black Garlic bagi Kesehatan

Manfaat Black Garlic – Bawang putih, bagi masyarakat Indonesia, bukanlah bahan asing. Aroma dan rasanya yang khas sudah mendarah daging di dapur Nusantara. Tapi, tahukah kamu bahwa ada bawang putih jenis lain yang sedang naik daun? Dialah black garlic, atau bawang hitam.

Sejarah black garlic (bawang hitam) sendiri masih menjadi perdebatan. Ada yang percaya asal-usulnya berasal dari Korea Selatan, namun beberapa sumber menyebutkan black garlic sudah dikenal di Asia Timur sejak berabad-abad lalu.

Proses Bawang Putih Biasa Menjadi Black Garlic

Manfaat Black Garlic atau Bawang Hitam

Proses fermentasi black garlic memakan waktu berminggu-minggu, biasanya antara 21 hingga 40 hari. Bawang putih yang dipilih biasanya bawang putih berkualitas tinggi, segar, dan berukuran besar. Selama fermentasi, bawang putih disimpan dalam lingkungan dengan suhu dan kelembapan tinggi. Panas yang dihasilkan selama proses inilah yang membuat bawang putih berubah warna menjadi hitam.

Selama fermentasi, terjadi reaksi Maillard. Ini adalah reaksi kimiawi yang sama dengan yang terjadi saat kita memanggang roti atau membakar steak. Reaksi Maillard inilah yang membuat warna bawang putih menjadi cokelat kehitaman dan menghasilkan aroma khas.

Selain perubahan warna dan aroma, fermentasi juga mengubah kandungan nutrisi dalam black garlic. Senyawa allicin, yang bertanggung jawab atas aroma tajam dan khasiat antibakteri bawang putih putih, berkurang drastis dalam black garlic.

Kandungan Black Garlic

Black garlic mengandung berbagai nutrisi penting seperti protein, lemak, karbohidrat, serat, gula, serta vitamin dan mineral seperti vitamin C, B, folat, kalsium, magnesium, zink, fosfor, dan zat besi. Black garlic memiliki kandungan nutrisi sebagai berikut:

  • Kalori
  • Protein
  • Lemak
  • Karbohidrat
  • Serat
  • Gula

Selain itu, black garlic juga mengandung senyawa bioaktif seperti S-Allylcysteine (SAC) yang memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh. Dengan kandungan nutrisi yang lengkap, black garlic menjadi salah satu bumbu dapur yang sehat dan bermanfaat bagi tubuh.

Manfaat Black Garlic bagi Kesehatan

Berikut ini adalah beberapa manfaat black garlic bagi kesehatan tubuh yang dirangkum dari beberapa sumber ilmiah.

1. Mencegah Diabetes Gestasional

Black garlic dapat membantu menurunkan kadar gula darah, trigliserida, dan kolesterol. Hasil penelitian ilmiah oleh International Journal of Food Properties menunjukan bahwa kandungan antioksidan dan senyawa S-Allylcysteine (SAC) dalam black garlic berperan dalam mengontrol masalah diabetes Gestasional.

2. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Jurnal Aquaculture Nutrition pada tahun 2021 mempublikasikan hasil studi ilmiah yang mengungkapkan, antioksidan dalam black garlic dapat menurunkan risiko peradangan dalam tubuh, meningkatkan sistem imun tubuh untuk melawan berbagai gangguan kesehatan.

3. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Sebuah penelitian ilmiah tahun 2023 yang dipunlikasikan oleh Foods mengungkapkan bahwa black garlic mengandung senyawa antioksidan dan antiperadangan yang baik untuk kesehatan jantung. Senyawa ini membantu melindungi sel-sel dalam sistem kardiovaskular dan menurunkan kadar trigliserida dan kolesterol dalam darah.

4. Menghilangkan Bekas Luka

Untuk mereka yang memiliki bekas luka, black garlic juga dapat memberikan manfaat. Mengoleskan pasta black garlic secara teratur pada bekas luka dapat membantu mengurangi tampilannya. Secara bertahap, bekas luka akan memudar, meninggalkan kulit yang lebih halus dan bersih.

5. Membantu Menurunkan Berat Badan

Meskipun bukan obat langsung untuk penurunan berat badan, konsumsi bawang hitam dapat membantu meningkatkan metabolisme dan mengurangi nafsu makan, yang dapat mendukung program penurunan berat badan, hal tersebut diungkapkan oleh penelitian sebuah jurnal Biomedicine & Pharmacotherapy dan Food & function.

6. Membersihkan Komedo dan Mengatasi Jerawat

Black garlic tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan, tetapi juga dapat menjadi pilihan terbaik dalam merawat kulit. Menghancurkan black garlic dan mengaplikasikannya pada area wajah dapat membantu membersihkan pori-pori yang tersumbat dan mengatasi masalah jerawat, sehingga kulit wajah terlihat lebih bersih dan sehat.

7. Baik untuk Pengidap Asam Lambung

Beberapa studi mengungkapkan bahwa black garlic aman untuk pengidap gangguan asam lambung karena senyawa SAC-nya bersifat larut dalam air, membantu penyerapan allicin dengan lebih mudah.

8. Menurunkan Risiko Peradangan

Beberapa studi ilmiah mengungkapkan bahwa black garlic adalah salah satu jenis bawang yang memiliki kadar antioksidan tinggi. Antioksidan ini penting untuk melindungi tubuh dari kerusakan sel atau jaringan akibat radikal bebas. Kerusakan pada sel atau jaringan tubuh dapat menyebabkan peradangan yang meningkatkan risiko penyakit kronis.

9. Mengurangi Risiko Kanker

Jurnal International Journal of Molecular Sciences tahun 2024 mempublikasikan hasil penelitian ilmiah yang mengungkapkan bahwa senyawa bioaktif dalam black garlic diyakini memiliki kemampuan untuk membunuh sel kanker, menghambat pertumbuhan sel tumor, dan merangsang pembentukan protein tertentu yang dapat menghancurkan sel kanker.

10. Mencegah Kerusakan Hati

Black garlic dapat membantu mengurangi kerusakan pada hati. Hal ini menunjukkan bahwa black garlic tidak hanya bermanfaat dalam penyempurnaan rasa masakan, tetapi juga dapat membantu melindungi organ penting seperti hati.

11. Menjaga Kesehatan Otak

Tahun 2021, jurnal Molecules mempublikasikan studi ilmiah yang menunjukan bahwa kandungan antioksidan dalam black garlic dapat membantu melindungi sel-sel otak dari kerusakan akibat radikal bebas, sehingga dapat membantu mencegah penyakit neurodegeneratif seperti Alzheimer dan Parkinson.

12. Menurunkan Dampak Alergi

Bawang putih terkenal karena sifat antialerginya yang berasal dari senyawa allicin di dalamnya. Namun, bawang putih hitam diketahui memiliki efek yang lebih baik daripada bawang putih segar. Manfaat kesehatan bawang putih telah didokumentasikan dalam sebuah studi ilmiah. Penelitian tersebut membandingkan efek antialergi antara bawang putih segar dan bawang putih hitam.

Hasilnya menunjukkan bahwa black garlic lebih efektif dalam meredakan gejala alergi dan mengurangi tingkat keparahannya.

13. Rahasia Awet Muda

Black garlic membantu mengganti sel-sel yang rusak, membantu tubuh tetap segar dan memperbarui diri, meningkatkan peluang hidup yang lebih panjang, hal tersebut diungkapkan oleh sebuah jurnal Comprehensive reviews in food science and food safety, tahun 2020.

14. Mengatasi Masalah Sakit Gigi

Beberapa hasil studi ilmiah menunjukan bahwa sifat antibakteri dan antivirus di dalam black garlic membantu membunuh bakteri penyebab gigi berlubang, memberikan bantuan cepat dari rasa sakit gigi.

Efek Samping Black Garlic

Beberapa Efek Samping Bawang Hitam Efek Samping Bawang Hitam diantaranya:

1. Interaksi Dengan Obat Lain

Perlu diingat bahwa black garlic bisa berinteraksi dengan antikoagulan, obat yang digunakan untuk mencegah pembekuan darah. Interaksi ini dapat meningkatkan risiko perdarahan. Selain itu, black garlic juga dapat memperburuk penyakit gastroesophageal reflux (GERD) dengan mengiritasi mukosa esofagus.

2. Ganguan Pencernaan

Mengonsumsi bawang hitam secara berlebihan setiap hari dapat menyebabkan gangguan pencernaan. Ini bisa menyebabkan perut terasa mual, diare, dan meningkatkan produksi asam lambung. Oleh karena itu, disarankan untuk mengonsumsinya dengan porsi yang tepat.

3. Alergi

Mengonsumsi black garlic dalam jumlah banyak juga dapat menyebabkan gejala alergi, terutama bagi mereka yang memiliki alergi terhadap bawang putih. Gejala alergi yang mungkin timbul meliputi iritasi usus, sariawan, sakit tenggorokan, kesulitan bernafas, mual, pilek, asma, atau masalah kulit seperti dermatitis.

Meskipun bawang hitam umumnya aman dikonsumsi dalam jumlah yang wajar, jika efek samping seperti yang disebutkan di atas muncul, sebaiknya hentikan konsumsinya dan konsultasikan dengan dokter. Semoga informasi tentang manfaat black garlic atau bawang hitam untuk kesehatan beserta efek sampingnya ini dapat berguna dan memberi wawasan.

Baca juga:

Referensi

  1. Stępień, A. E., Trojniak, J., & Tabarkiewicz, J. (2024). Anti-Cancer and Anti-Inflammatory Properties of Black Garlic. International Journal of Molecular Sciences25(3), 1801.
  2. Chae, J., Lee, E., Oh, S. M., Ryu, H. W., Kim, S., & Nam, J. O. (2023). Aged black garlic (Allium sativum L.) and aged black elephant garlic (Allium ampeloprasum L.) alleviate obesity and attenuate obesity-induced muscle atrophy in diet-induced obese C57BL/6 mice. Biomedicine & Pharmacotherapy163, 114810.
  3. Recinella, L., Libero, M. L., Citi, V., Chiavaroli, A., Martelli, A., Foligni, R., … & Leone, S. (2023). Anti-Inflammatory and Vasorelaxant Effects Induced by an Aqueous Aged Black Garlic Extract Supplemented with Vitamins D, C, and B12 on Cardiovascular System. Foods12(7), 1558.
  4. Ahmed, T., & Wang, C. K. (2021). Black garlic and its bioactive compounds on human health diseases: A review. Molecules26(16), 5028.
  5. Ahmed, T., & Wang, C. K. (2021). Black garlic and its bioactive compounds on human health diseases: A review. Molecules26(16), 5028.
  6. Amoah, K., Liu, H., Dong, X. H., Tan, B. P., Zhang, S., Chi, S. Y., … & Yang, Y. Z. (2021). Effects of varying dietary black garlic supplementation on the growth, immune response, digestive and antioxidant activities, intestinal microbiota of Litopenaeus vannamei and its resistance to Vibrio parahaemolyticus infection. Aquaculture Nutrition27(5), 1699-1720.
  7. Ahmed, T., & Wang, C. K. (2021). Black garlic and its bioactive compounds on human health diseases: A review. Molecules26(16), 5028.
  8. Afzaal, M., Saeed, F., Rasheed, R., Hussain, M., Aamir, M., Hussain, S., … & Anjum, F. M. (2021). Nutritional, biological, and therapeutic properties of black garlic: A critical review. International Journal of Food Properties24(1), 1387-1402.
  9. Qiu, Z., Zheng, Z., Zhang, B., Sun‐Waterhouse, D., & Qiao, X. (2020). Formation, nutritional value, and enhancement of characteristic components in black garlic: A review for maximizing the goodness to humans. Comprehensive reviews in food science and food safety19(2), 801-834.
  10. Wu, J., Liu, Y., Dou, Z., Wu, T., Liu, R., Sui, W., … & Zhang, M. (2020). Black garlic melanoidins prevent obesity, reduce serum LPS levels and modulate the gut microbiota composition in high-fat diet-induced obese C57BL/6J mice. Food & function11(11), 9585-9598.
Bambang Niko Pasla

A seasoned writer in the fields of industry, business, and technology. Enjoys sports and traveling activities.