Manfaat Buah Naga untuk Wajah
Gaya Hidup

Rahasia Kulit Glowing dengan 9 Manfaat Buah Naga untuk Wajah

Manfaat Buah Naga untuk Wajah – Buah naga, atau dragon fruit, mungkin terlihat biasa-biasa saja di pasar buah. Namun, siapa sangka, di balik kulitnya yang berduri, buah ini menyimpan segudang manfaat untuk kesehatan kulit wajah kita. Dengan kandungan nutrisi yang kaya, seperti vitamin A, B, C, dan E, antioksidan, beta-karoten, magnesium, dan masih banyak yang lainnya, hal tersebut membuat buah naga mampu memberikan kebaikan bagi kulit.

Ragam Manfaat Buah Naga untuk Wajah

Manfaat Buah Naga untuk Wajah

Inilah ragam manfaat buah naga untuk wajah yang disadur dari beberapa sumber ilmiah.

1. Menurunkan Risiko Kanker Kulit

Kanker kulit merupakan salah satu masalah kesehatan yang serius. Sebuah hasil studi ilmiah tahun 2023 yang dipublikasikan pada Jurnal Pharmaceutics, dengan konsumsi buah naga, kita dapat membantu mengurangi risiko peanyakit kanker termasuk diantaranya kanker kulit. Kandungan antioksidan dalam buah naga dapat membantu mencegah pertumbuhan sel-sel kanker kulit, seperti melanoma.

2. Mengurangi Minyak Berlebih di Wajah

Sebum atau minyak alami di kulit wajah penting untuk menjaga kelembapan kulit, tetapi jika kadar sebum berlebihan, dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat. Buah naga dapat membantu mengurangi minyak berlebih di wajah, menjaga keseimbangan sebum, dan mencegah jerawat dan komedo.

Campurkan buah naga yang telah dihaluskan dengan air mawar atau air lemon, tambahkan oatmeal, dan aplikasikan masker ini ke wajah. Diamkan selama 20-30 menit, lalu bilas dengan air bersih. Dengan rutin menggunakan masker ini, kita dapat membantu mengurangi minyak berlebih di wajah.

3. Mencerahkan Kulit Wajah

Seorang peneliti yang bernama Taliana, L., mempublikasikan hasil penelitian ilmiahnya pada Journal of Asian Multicultural Research for Medical and Health Science Study menunjukan bahwa buah naga mengandung vitamin C, antioksidan, dan beta-karoten dapat membantu mengurangi produksi melanin. Melanin adalah pigmen kulit yang membuat warna kulit terlihat gelap. Dengan menghambat produksi melanin, buah naga membantu mencerahkan kulit wajah yang kusam.

4. Menjaga Kelembapan Wajah

Buah naga putih mengandung kadar air yang tinggi, sehingga dapat membantu menghidrasi kulit dan mencegahnya dari kekeringan. Selain itu, kandungan vitamin C dan E, serta antioksidan dalam buah naga juga membantu menghidrasi kulit dan membuatnya tetap lembut.

5. Mengurangi Jerawat

Kandungan antioksidan dalam buah naga dapat membantu membersihkan kulit dari radikal bebas yang dapat menyebabkan jerawat. Selain itu, buah naga juga memiliki indeks glikemik rendah, sehingga dapat membantu mengontrol kadar gula darah yang juga berperan dalam mencegah jerawat.

6. Menjaga Kelembapan Wajah

Beberapa hasil studi membuktikan bahwa buah naga putih dan buah naga merah mengandung kadar air yang tinggi, yang dapat membantu menjaga kelembapan kulit wajah. Kandungan nutrisi dan antioksidan lainnya juga membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar UV.

7. Mencegah Penuaan Dini

Salah satu tanda penuaan adalah hilangnya elastisitas kulit dan munculnya garis-garis halus. Namun, dengan mengonsumsi buah naga, Anda dapat membantu mencegah penuaan dini. Kandungan vitamin C dalam buah naga dapat membantu meningkatkan produksi kolagen, protein yang berperan dalam menjaga elastisitas kulit. Dengan produksi kolagen yang cukup, kulit Anda akan tetap kenyal dan bebas dari kerutan.

8. Menjaga Kesehatan Kulit Wajah

Kandungan vitamin C dalam buah naga dapat meningkatkan produksi kolagen, yang penting untuk menjaga kekenyalan dan kelembutan kulit. Selain itu, buah naga juga dapat mengurangi hiperpigmentasi kulit, membuat kulit tampak lebih sehat dan cerah.

9. Memperbaiki Penampilan Wajah

Beta-karoten dan antioksidan dalam buah naga tidak hanya melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari, tetapi juga memiliki kemampuan untuk memperbaiki penampilan kulit yang telah rusak akibat paparan sinar UV.

Ketika kulit terpapar sinar UV, radikal bebas dapat merusak struktur kulit dan menyebabkan kerusakan, seperti keriput, bintik-bintik gelap, dan kehilangan elastisitas. Studi ilmiah mengungkapkan bahwa beta-karoten, yang merupakan prekursor vitamin A, dapat membantu mengurangi peradangan dan merangsang produksi sel-sel kulit baru, yang membantu dalam proses penyembuhan kulit yang rusak. Antioksidan dalam buah naga, seperti vitamin C dan E, juga berperan penting dalam melawan radikal bebas dan meredakan

Cara Mengonsumsi Buah Naga untuk Kesehatan Kulit Wajah

Ada banyak cara untuk mengonsumsi buah naga untuk mendapatkan manfaatnya bagi kesehatan kulit wajah kita. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi buah naga secara langsung. Kita juga dapat membuat jus buah naga atau menambahkannya ke dalam smoothie untuk variasi rasa. Selain itu, kita juga dapat menggunakan buah naga sebagai bahan dalam masker alami untuk wajah.

Ternyata, selain menyegarkan buah naga juga merupakan investasi bagi kesehatan dan kecantikan kulit wajah. itulah ragam Manfaat Buah Naga untuk Wajah, semoga informasi ini berguna ya.

Baca juga:

Referensi

  1. Nishikito, D. F., Borges, A. C. A., Laurindo, L. F., Otoboni, A. M. B., Direito, R., Goulart, R. D. A., … & Barbalho, S. M. (2023). Anti-inflammatory, antioxidant, and other health effects of dragon fruit and potential delivery systems for its bioactive compounds. Pharmaceutics15(1), 159.
  2. Dhande, C., & Bagchi, P. (2023, November). A study on the Nutritional and Medicinal Properties in Dragon Fruit: A Review. In International Conference on Advances in Nano-Neuro-Bio-Quantum (ICAN 2023) (pp. 55-63). Atlantis Press.
  3. Khoo, H. E., He, X., Tang, Y., Li, Z., Li, C., Zeng, Y., … & Sun, J. (2022). Betacyanins and anthocyanins in pulp and peel of red pitaya (Hylocereus polyrhizus cv. Jindu), inhibition of oxidative stress, lipid reducing, and cytotoxic effects. Frontiers in Nutrition9, 894438.
  4. Paśko, P., Galanty, A., Zagrodzki, P., Luksirikul, P., Barasch, D., Nemirovski, A., & Gorinstein, S. (2021). Dragon fruits as a reservoir of natural polyphenolics with chemopreventive properties. Molecules26(8), 2158.
  5. Cahyati, W. H., & Putriningtyas, N. D. (2021, October). The Benefits and Uses of Red Dragon Fruit in Food Consumption. In ISMINA 2021: Proceedings of the 5th International Conference on Sports, Health, and Physical Education, ISMINA 2021, 28-29 April 2021, Semarang, Central Java, Indonesia (p. 332). European Alliance for Innovation.
  6. Arivalagan, M., Karunakaran, G., Roy, T. K., Dinsha, M., Sindhu, B. C., Shilpashree, V. M., … & Shivashankara, K. S. (2021). Biochemical and nutritional characterization of dragon fruit (Hylocereus species). Food Chemistry353, 129426.
  7. Luu, T. T. H., Le, T. L., Huynh, N., & Quintela-Alonso, P. (2021). Dragon fruit: A review of health benefits and nutrients and its sustainable development under climate changes in Vietnam. Czech Journal of Food Sciences39(2), 71-94.
  8. Taliana, L. (2020). Facial skin health: antioxidant facial scrub from Red Dragon Fruit Extract. Journal of Asian Multicultural Research for Medical and Health Science Study1(2), 1-5.
Bambang Niko Pasla

A seasoned writer in the fields of industry, business, and technology. Enjoys sports and traveling activities.