Manfaat Buah Naga untuk Ibu Hamil
Gaya Hidup

Kandungan Nutrisi dan 13 Manfaat Buah Naga untuk Ibu Hamil

Manfaat Buah Naga untuk Ibu Hamil – Buah naga, dengan warna-warni menariknya, bukan hanya sekadar buah yang indah dipandang, tetapi juga penuh dengan manfaat luar biasa, terutama bagi ibu hamil. Kandungan nutrisi yang melimpah membuatnya menjadi salah satu pilihan camilan sehat yang sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi selama kehamilan.

Kandungan Nutrisi Buah Naga

Berikut adalah beberapa nutrisi utama yang terkandung dalam buah naga:

  • Serat
  • Karbohidrat
  • Asam folat
  • Vitamin C
  • Vitamin B1 (Tiamin)
  • Vitamin B2 (Riboflavin)
  • Kalsium
  • Beta karoten
  • Zat besi
  • Potasium
  • Likopen
  • Antioksidan

Manfaat Buah Naga untuk Ibu Hamil

Berikut ini adalah beberapa manfaat buah naga yang sangat baik bagi kesehatan ibu hamil yang dirangkum dari beberapa sumber ilmiah.

1. Mendukung Perkembangan Otak Janin

Kok, D. E., et.al, melakukan penelitian yang dipublikasi pada sebuah Jurnal Mutagenesis, membuktikan bahwa buah naga mengandung beberapa jenis antioksidan, folat, riboflavin, dan tiamin yang dibutuhkan untuk membantu perkembangan otak janin. Buah naga juga mengandung riboflavin yang bermanfaat untuk membantu tubuh menghasilkan energi, serta mendukung pertumbuhan tulang, otot, dan saraf bayi.

2. Melindungi dan Membantu Perkembangan Janin

Buah naga mengandung vitamin C yang cukup tinggi, yang penting untuk melindungi sel-sel tubuh dan membantu dalam pembentukan kolagen. Beberapa penelitian ilmiah menunjukan bahwa kolagen ini sangat penting untuk pembentukan tulang, otot, kulit, dan pembuluh darah janin. Vitamin C juga membantu dalam penyerapan zat besi, yang sangat diperlukan selama kehamilan.

3. Menurunkan Risiko Cacat Tabung

Beberapa hasil studi ilmiah menunjukan bahwa asam folat yang terkandung dalam buah naga penting untuk menurunkan risiko cacat lahir, seperti kelainan tabung saraf. Meskipun kandungan asam folat dalam buah naga tidak terlalu tinggi, tetapi tetap memberikan kontribusi yang baik untuk kesehatan janin.

4. Memenuhi Kebutuhan Cairan

Selama kehamilan, penting bagi ibu untuk memenuhi kebutuhan cairan harian dengan minum air putih sekitar 2 liter atau 8 gelas per hari. Mengonsumsi makanan yang tinggi kandungan air juga dianjurkan, seperti buah naga untuk ibu hamil. Buah ini kaya akan air dan sangat menyegarkan!

5. Menjaga Berat Badan Ideal

Dengan kandungan seratnya yang tinggi, buah naga dapat memberikan rasa kenyang lebih lama, sehingga membantu mengontrol asupan kalori dan mencegah kenaikan berat badan yang berlebihan selama kehamilan. Buah naga juga rendah kalori, sehingga cocok sebagai camilan sehat untuk ibu hamil yang ingin menjaga berat badan mereka tetap stabil.

6. Memberikan Tambahan Energi

Buah naga memberikan tambahan energi yang penting bagi ibu hamil, terutama saat memasuki trimester akhir kehamilan. Pada tahap ini, ibu hamil membutuhkan tambahan karbohidrat hingga 2.200 kalori per hari untuk mendukung pertumbuhan janin dan memenuhi kebutuhan energi mereka sendiri. Buah naga kaya akan kandungan lemak baik dan juga mengandung karbohidrat yang dapat memberikan energi tambahan bagi tubuh ibu hamil.

7. Mengontrol Kolesterol Jahat

Buah naga mengandung lemak tak jenuh tunggal atau monounsaturated fatty acid. Lemak tak jenuh ini dikenal dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh dan menjaga kesehatan jantung. Lemak tak jenuh tunggal membantu mengurangi kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat) dalam darah, yang merupakan faktor risiko untuk penyakit jantung.

8. Melawan Infeksi

Hasil penelitian membuktikan bahwa buah naga mengandung antioksidan yang dapat membantu melawan infeksi dan memperkuat sistem kekebalan tubuh ibu hamil. Ini sangat penting untuk menjaga kesehatan ibu dan janin dari serangan bakteri dan virus.

9. Mengelola Kadar Gula Darah

Buah naga juga bermanfaat untuk mencegah anemia pada ibu hamil karena mengandung zat besi. Penelitian yang dipublikasikan di National Center for Biotechnology Information menunjukkan bahwa zat besi membantu meningkatkan kemampuan darah dalam mengalirkan oksigen ke seluruh tubuh dengan meningkatkan kadar hemoglobin.

10. Mencegah Sembelit

Sembelit seringkali menjadi masalah yang kerap dialami oleh ibu hamil. Namun, dengan mengonsumsi buah naga yang kaya serat, masalah sembelit ini dapat diatasi. Buah naga mengandung sekitar 3 gram serat per 100 gram, yang membantu melancarkan pencernaan dan mengeluarkan racun dari tubuh.

11. Menjaga Tekanan Darah

Buah naga dapat membantu menjaga tekanan darah tetap stabil, yang dapat mencegah terjadinya preeklamsia, sebuah kondisi serius yang dapat terjadi selama kehamilan dan menyebabkan tekanan darah tinggi, kerusakan organ, dan bahkan kematian jika tidak diobati. Jurnal Microorganisms mempublikasikan hasil studi ilmiah yang menunjukan bahwa kandungan nutrisi dalam buah naga, seperti kalium, membantu mengontrol tekanan darah.

12. Mencegah Anemia

Zat besi merupakan nutrisi penting yang dibutuhkan oleh ibu hamil untuk membantu dalam pembentukan sel darah merah. Kekurangan zat besi selama kehamilan dapat menyebabkan anemia, yang dapat berdampak buruk pada kesehatan ibu hamil dan janin. Indrayani, T., & Kurniati, E, pada tahun 2024 mempublikasikan sebuah penelitian ilmiah yang dipublikasi pada Indonesian Journal of Global Health Research, membuktikan bahwa buah naga mengandung zat besi yang cukup tinggi, sehingga dapat membantu mencegah anemia.

13. Menangkal Radikal Bebas

Buah naga mengandung antioksidan yang dapat membantu melawan radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang dapat menyebabkan kerusakan sel-sel tubuh dan berkontribusi pada perkembangan penyakit kronis seperti kanker dan penyakit jantung. Antioksidan dalam buah naga membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas, sehingga membantu menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan, terutama selama masa kehamilan di mana tubuh membutuhkan perlindungan

Cara Mengonsumsi Buah Naga dengan Aman selama Kehamilan

Meskipun buah naga memiliki banyak manfaat bagi ibu hamil, namun tetap perlu dikonsumsi dengan bijak dan dalam jumlah yang moderat. Berikut adalah beberapa tips untuk mengonsumsi buah naga dengan aman selama kehamilan:

  • Pilih buah naga yang segar dan matang dengan baik.
  • Cuci buah naga dengan bersih sebelum mengonsumsinya.
  • Konsumsi buah naga dalam jumlah yang moderat, tidak berlebihan.
  • Bila memiliki riwayat alergi terhadap buah-buahan tertentu, konsultasikan dengan dokter sebelum mengonsumsi buah naga.
  • Saat mengalami reaksi alergi setelah mengonsumsi buah naga, segera hentikan konsumsinya dan konsultasikan dengan dokter.

    Itulah beberapa manfaat buah naga untuk ibu hami, semoga informasi ini dapat berguna ya.

    Baca juga:

    Referensi

    1. Kok, D. E., Saunders, R., Nelson, A., Smith, D., Ford, D., Mathers, J. C., & McKay, J. A. (2024). Influence of maternal folate depletion on Art3 DNA methylation in the murine adult brain; potential consequences for brain and neurocognitive health. Mutagenesis, geae007.
    2. Ahmad, R., & Haque, M. (2024). Rethinking the Efficacy of Natural and Synthetic Folic Acid on Human Health and Looking into a Better Alternative. Advances in Human Biology14(1), 11-17.
    3. Indrayani, T., & Kurniati, E. (2024). Improvement of Hemoglobin Levels in Pregnant Women with Anemia Through Dragon Fruit Consumption. Indonesian Journal of Global Health Research6(1), 495-500.
    4. Brown, O. (2024). Most women lack essential nutrients during preconception: Study. Global Food, NA-NA.
    5. Pheiffer, C., Riedel, S., Dias, S., & Adam, S. (2024). Gestational Diabetes and the Gut Microbiota: Fibre and Polyphenol Supplementation as a Therapeutic Strategy. Microorganisms12(4), 633.
    6. Nulhakim, L. (2023). IMPROVEMENT OF HEMOGLOBIN LEVELS IN PREGNANT WOMEN WITH ANEMIA THROUGH DRAGON FRUIT CONSUMPTION. INTERNATIONAL JOURNAL OF NURSING AND MIDWIFERY SCIENCE (IJNMS)7(2A), 23-28.
    7. Aznar, B., Grandia, J., Tejedor, M. T., & Falceto, M. V. (2024). Effect of vitamin C and iron supplementation in pregnant hyper-prolific sows. Livestock Science280, 105404.
    8. Mulyani, Y., & Sari, D. N. (2020). The Effect of Dragon Fruit Juice and Honey On The Improvement of Pregnant Women’s Hb. STRADA Jurnal Ilmiah Kesehatan9(2), 1409-1414.
    Bambang Niko Pasla

    A seasoned writer in the fields of industry, business, and technology. Enjoys sports and traveling activities.