Manfaat Buah Naga
Gaya Hidup

Fakta Menarik Seputar 14 Manfaat Buah Naga Merah

Manfaat Buah Naga – Pitaya, atau yang juga dikenal dengan nama buah naga, merupakan buah tropis yang memiliki bentuk dan warna yang unik. Tidak hanya lezat untuk dikonsumsi, buah naga juga kaya akan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Buah naga berasal dari tanaman kaktus dari genus Hylocereus dan Selenicereus, memiliki kulit yang tebal dan berduri, namun saat dibelah, daging buahnya berwarna putih atau merah dengan tekstur yang lembut dan biji yang dapat dikonsumsi. Buah naga banyak ditemukan di daerah tropis dan subtropis di seluruh dunia, terutama di Amerika Latin, Asia Tenggara, dan Australia.

Sebagai makanan sehat, buah naga merah memiliki banyak nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh. Dalam setiap 227 gram buah naga, terdapat sekitar 136 kalori, 3 gram protein, 29 gram karbohidrat, dan 7 gram serat. Buah naga juga mengandung zat besi, magnesium, vitamin C, dan vitamin E. Selain itu, buah naga juga mengandung senyawa antioksidan seperti polifenol, karotenoid, dan betasianin.

Ragam Manfaat Buah Naga Merah bagi Kesehatan

Manfaat Buah Naga

Buah naga merah memiliki berbagai manfaat kesehatan yang luar biasa, inilah beberapa manfaatnya yang dirangkum dari beberapa sumber ilmiah.

1. Mencegah Anemia

Kandungan zat besi dalam buah naga merah juga baik untuk mencegah anemia defisiensi besi, yang dapat menyebabkan kelelahan dan lemah. Sebuah penelitian ilmiah terhadap sekelompok wanita yang dipublikasikan pada The North African Journal of Food and Nutrition Research pada tahun 2023, dengan mengonsumsi buah naga merah secara teratur, dapat menjaga kadar zat besi dalam tubuh dan mencegah risiko anemia.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan serat yang tinggi dalam buah naga merah dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah, sehingga mengurangi risiko terkena penyakit stroke dan jantung seperti kardiovaskular. Studi ilmiah pada Jurnal Pharmaceutics menunjukan bahwa ekstrak buah naga merah mengandung fitokimia yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung.

3. Meningkatkan Fungsi Otak

Buah naga merah mengandung nutrisi penting yang dapat membantu meningkatkan fungsi otak, seperti magnesium dan vitamin B. Pada tahun 2023, Rathi, K. M., et.al, mempublikasikan hasil penelitian ilmiah mereka pada sebuah Jurnal Pharmacognosy Research menunjukan bahwa dengan mengonsumsi buah naga dapat membantu menjaga kesehatan otak dan meningkatkan kemampuan berpikir dan mengingat.

4. Menurunkan Risiko Diabetes

Buah naga merah memiliki indeks glikemik rendah, sehingga aman untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes. Hasil uji penelitian ilmiah tahun 2023 terhadap tikus yang dipublikasikan oleh In The International Conference on Public Health Proceeding menunjukan bahwa kandungan serat buah naga merah dapat membantu mengontrol kadar gula darah, sehingga dapat membantu mencegah diabetes tipe 2.

5. Mengatasi Depresi

Kandungan magnesium dalam buah naga dapat membantu mengurangi risiko depresi. Beberapa hasil penelitian ilmiah telah membuktikan bahwa magnesium memiliki efek positif pada mood dan emosi seseorang, sehingga dengan mengonsumsi buah naga, kita dapat membantu menjaga kesehatan mental.

6. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Buah naga merah mengandung banyak vitamin C dan senyawa antioksidan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melawan kuman penyebab infeksi. Manfaat buah naga merah ini dapat membantu mencegah flu, pilek, dan penyakit infeksi lainnya. Buah ini juga bermanfaat bagi orang yang sedang sakit karena mengandung nutrisi yang dapat mendukung proses pemulihan tubuh.

7. Menjaga Kesehatan Mata

Beberapa hasil studi ilmiah membuktikan bahwa buah naga merah mengandung beta-karoten, yang penting untuk kesehatan mata. Beta-karoten dapat diubah menjadi vitamin A dalam tubuh, yang diperlukan untuk menjaga penglihatan yang baik.

8. Mencegah Kanker

International Journal of Food Science & Technology mempublikasikan hasil penelitian ilmah yang menunjukkan bahwa senyawa-senyawa dalam buah naga merah dapat membantu melawan pertumbuhan sel kanker. Meskipun penelitian lebih lanjut diperlukan, konsumsi buah naga dapat menjadi bagian dari gaya hidup sehat untuk mengurangi risiko kanker.

9. Menjaga Kesehatan Tulang

Buah naga merah mengandung mineral penting, seperti kalsium dan magnesium, yang sangat baik untuk kesehatan tulang. Hasil penelitian ilmiah telah membuktikan bahwa kalsium dan magnesium dapat membantu menjaga kepadatan tulang dan mencegah osteoporosis.

10. Membantu Menurunkan Berat Badan

Kandungan serat dalam buah naga merah dapat membantu menjaga perut kenyang lebih lama, sehingga kita tidak mudah lapar dan cenderung makan berlebihan. Buah naga merah juga rendah kalori, sehingga cocok untuk menjadi camilan sehat saat diet.

11. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Buah naga merah juga baik untuk kesehatan pencernaan karena kandungan seratnya yang tinggi. Serat membantu dalam proses pencernaan dan mencegah sembelit. Selain itu, buah naga merah mengandung prebiotik alami yang dapat meningkatkan pertumbuhan bakteri baik di usus, sehingga mendukung kesehatan usus.

12. Menjaga Kesehatan Kulit

Pada tahun 2020, Chandramogan, E., et.al, mempublikasikan hasil penelitian mereka pada Jurnal Neurologico Spinale Medico Chirurgico yang mengungkapkan bahwa Antioksidan dalam buah naga merah dapat membantu melawan tanda-tanda penuaan dini dan menjaga kulit tetap sehat dan bercahaya. Buah naga merah juga mengandung vitamin C yang penting untuk produksi kolagen, yang membuat kulit tetap kencang dan elastis.

13. Mencegah Preeklamsia

Preeklamsia merupakan masalah pada kehamilan yang dicirikan oleh tekanan darah tinggi atau kadar protein yang tinggi dalam urin. Untuk mengurangi risiko preeklamsia, disarankan bagi ibu hamil untuk memastikan asupan yang cukup dari vitamin B2. Salah satu buah yang kaya akan vitamin B2 atau riboflavin adalah buah naga merah.

14. Meningkatkan Kesehatan Organ Reproduksi

Buah naga merah dapat membantu menurunkan risiko penyakit endometriosis pada wanita. Beberapa hasil studi ilmiah membuktikan bahwa buah naga dapat membantu menjaga kesehatan organ reproduksi dan mencegah menopuose diri

Ada berbagai cara untuk mengonsumsi buah naga merah untuk mendapatkan manfaat maksimal. Salah satu cara yang paling sederhana adalah dengan mengonsumsinya secara langsung. Kita dapat memotong buah naga menjadi dua bagian dan mengambil daging buahnya dengan sendok.

Selain itu, buah naga merah juga dapat diolah menjadi berbagai macam makanan dan minuman. Kita dapat membuat jus buah naga, smoothie, atau tambahkan potongan buah naga merah ke dalam salad atau yogurt atau menggunakan buah naga sebagai bahan tambahan dalam pembuatan es krim, selai, atau saus.

Itulah beberapa manfaat buah naga merah bagi kesehatan, semoga informasi ini dapat berguna ya.

Baca juga:

Referensi

  1. Khuzaimah, U., Sulistiarini, R., Rija’i, H. R., & Alfiani, R. (2023). The effect of giving combination boiled chicken egg and red dragon fruit (Hylocereus polyrhizus) to increase hemoglobin levels in women during menstruation. The North African Journal of Food and Nutrition Research7(16), 46-53.
  2. Nulhakim, L. (2023). IMPROVEMENT OF HEMOGLOBIN LEVELS IN PREGNANT WOMEN WITH ANEMIA THROUGH DRAGON FRUIT CONSUMPTION. INTERNATIONAL JOURNAL OF NURSING AND MIDWIFERY SCIENCE (IJNMS)7(2A), 23-28.
  3. Nishikito, D. F., Borges, A. C. A., Laurindo, L. F., Otoboni, A. M. B., Direito, R., Goulart, R. D. A., … & Barbalho, S. M. (2023). Anti-inflammatory, antioxidant, and other health effects of dragon fruit and potential delivery systems for its bioactive compounds. Pharmaceutics15(1), 159.
  4. Putri, M. D., Wiboworini, B., & Dirgahayu, P. (2023, September). Red Dragon Fruit Juice in Reducing Blood Sugar Level in Rats with Type 2 Diabetes Melitus. In The International Conference on Public Health Proceeding (Vol. 4, No. 02, pp. 366-366).
  5. Rathi, K. M., Singh, S. L., Gigi, G. G., & Shekade, S. V. (2023). Nutrition and Therapeutic Potential of the Dragon Fruit: A Qualitative Approach. Pharmacognosy Research16(1).
  6. Le, N. L. (2022). Functional compounds in dragon fruit peels and their potential health benefits: a review. International Journal of Food Science & Technology57(5), 2571-2580.
  7. Attar, Ş. H., Gündeşli, M. A., Urün, I., Kafkas, S., Kafkas, N. E., Ercisli, S., … & Adamkova, A. (2022). Nutritional analysis of red-purple and white-fleshed pitaya (Hylocereus) species. Molecules27(3), 808.
  8. Chandramogan, E., Sugiritama, I. W., Ratnayanti, I. G. A. D., Wiryawan, I. G. N. S., & Wahyuniari, I. A. I. (2020). Red dragon fruit (Hylocereus polyrhizhus) in preventing collagen decrease in menopause induced rats skin. Neurologico Spinale Medico Chirurgico3(1), 5-8.
Bambang Niko Pasla

A seasoned writer in the fields of industry, business, and technology. Enjoys sports and traveling activities.