Manfaat Wortel
Gaya Hidup

Wajib Coba! 10 Manfaat Wortel yang Jarang Diketahui

Manfaat Wortel – Wortel bukan hanya sekadar sayuran biasa. Di balik warnanya yang cerah, wortel mengandung sejumlah nutrisi penting yang memberikan berbagai manfaat luar biasa bagi kesehatan tubuh. Wortel (Daucus carota) merupakan sayuran umbi yang tumbuh di berbagai belahan dunia, dikenal dengan warna oranye yang khas, tetapi sebenarnya ada juga wortel berwarna putih, ungu, kuning, dan bahkan hitam. Wortel memiliki rasa yang manis dan tekstur yang renyah, sehingga sering digunakan sebagai bahan tambahan dalam berbagai masakan atau dimakan langsung sebagai camilan yang sehat. Adapun kandungan gizi wortel segar sebagai berikut:

  • Energi
  • Air
  • Karbohidrat
  • Protein
  • Serat
  • Lemak
  • Kalium
  • Fosfor
  • Natrium
  • Kalsium
  • Vitamin C
  • Zat besi
  • Niasin
  • Seng
  • Tembaga
  • Tiamin (vitamin B1)
  • Riboflavin (vitamin B2)
  • Beta karoten

Ragam Manfaat Wortel bagi Kesehatan

Manfaat Wortel

Inilah ragam manfaat wortel bagi kesehatan tubuh kita yang dirangkum dari beberapa sumber ilmiah.

1. Mencegah Kanker

Antioksidan dalam wortel dapat melawan efek radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan sel dan pertumbuhan sel kanker. Jurnal Applied Sciences pada tahun 2022 mempublikasikan hasil studi ilmiah yang menunjukan bahwa konsumsi wortel berwarna oranye secara teratur dapat membantu mengurangi risiko berbagai jenis kanker, seperti kanker paru-paru, kanker usus, dan kanker payudara.

2. Menjaga Kesehatan Kulit dan Rambut

Penelitian ilmiah yang dipublikasikan oleh Inven. J dan International Journal of Innovative Research in Engineering & Management mengungkapkan bahwa vitamin A, vitamin C, dan antioksidan dalam wortel tidak hanya baik untuk mata, tetapi juga untuk kulit dan rambut. Vitamin A membantu memperbaiki jaringan kulit dan melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas, sementara vitamin C membantu produksi kolagen, yang penting untuk kulit yang sehat dan rambut yang kuat.

3. Menjaga Kesehatan Tulang

Kesehatan tulang sangat penting untuk kesehatan secara keseluruhan, dan wortel dapat membantu menjaga tulang tetap kuat. Wortel mengandung kalsium dan vitamin K, yang keduanya penting untuk pembentukan dan pengerasan tulang. Studi ilmiah pada Human Health Benefits of Plant Bioactive Compounds: Potentials and Prospects membuktikan, dengan mengonsumsi wortel berwarna hitam secara teratur, kita dapat membantu mencegah osteoporosis dan masalah tulang lainnya.

4. Menjaga Kesehatan Mata

Pada penelitian lainnya yang terpubikasi oleh Journal of Pharmacognosy and Phytochemistry pada tahun 2021 menunjukan bahwa wortel mengandung vitamin A, lutein, dan zeaxanthin, yang semuanya berperan penting dalam menjaga kesehatan mata. Vitamin A membantu mempertahankan retina dan membantu mata beradaptasi dalam kondisi cahaya yang berubah-ubah, sementara lutein dan zeaxanthin melindungi mata dari kerusakan akibat sinar UV.

5. Mengoptimalkan Fungsi Otak

Beberapa studi ilmiah telah membuktkan khasiat antioksidan dalam wortel dapat melawan efek radikal bebas yang dapat merusak sel-sel otak. Ini dapat membantu mencegah kerusakan sel-sel otak dan mempertahankan fungsi otak yang optimal seiring bertambahnya usia.

6. Menjaga Sistem Pencernaan

Wortel juga mengandung serat yang tinggi, yang sangat baik untuk pencernaan. Serat membantu melancarkan proses pencernaan dan mencegah sembelit. Selain itu, serat juga memelihara keseimbangan mikroflora baik di dalam usus, yang penting untuk kesehatan sistem pencernaan secara keseluruhan.

7. Menjaga Berat Badan

Wortel rendah kalori namun kaya akan nutrisi, sehingga dapat membantu mengontrol berat badan. Serat dalam wortel juga memberikan efek kenyang yang lebih lama, sehingga mengurangi keinginan untuk makan berlebihan.

8. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Studi yang dipublikasikan oleh Journal of Pharmacognosy and Phytochemistry membuktikan bahwa wortel kaya akan vitamin dan antioksidan, seperti vitamin C dan beta-karoten, yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Pada penelitian lainnya menunjukan bahwa antioksidan membantu melawan radikal bebas yang dapat merusak sel-sel tubuh dan menyebabkan penyakit. Dengan mengonsumsi wortel secara teratur, tubuh menjadi lebih kuat dalam melawan infeksi dan penyakit.

9. Kesehatan Jantung

Kandungan kalium dalam wortel baik untuk kesehatan jantung. Kalium membantu menjaga tekanan darah tetap stabil, yang penting untuk mencegah penyakit jantung. Selain itu, serat dan antioksidan dalam wortel juga membantu mengontrol kadar kolesterol dalam darah, yang merupakan faktor risiko untuk penyakit jantung.

10. Mengontrol Kadar Gula Darah

Sebuah jurnal Nutritional Composition and Antioxidant Properties of Fruits and Vegetables mempublikasikan hasil studi ilmiah, bahwa wortel memiliki indeks glikemik yang rendah, yang berarti konsumsi wortel tidak menyebabkan lonjakan gula darah yang drastis. Ini membuat wortel aman dikonsumsi oleh orang dengan diabetes. Selain itu, serat yang terkandung dalam wortel juga membantu mengontrol kadar gula darah dengan mencegah penyerapan glukosa yang terlalu cepat.

Cara Mengonsumsi Wortel

Wortel dapat dikonsumsi dalam berbagai cara, baik mentah maupun dimasak atau menambahkan wortel ke dalam salad, sup, atau sajian sayuran lainnya. Kita juga dapat membuat jus wortel segar untuk mendapatkan manfaat nutrisi yang optimal. Pastikan untuk mencuci wortel dengan bersih sebelum mengonsumsinya, dan pilihlah wortel yang segar dan berwarna cerah untuk kualitas yang terbaik.

Itulah beberapa manfaat wortel bagi kesehatan tubuh, semoga berguna ya.

Baca juga:

Referensi

  1. Rasheed, H., Shehzad, M., Rabail, R., Kowalczewski, P. Ł., Kidoń, M., Jeżowski, P., … & Aadil, R. M. (2022). Delving into the nutraceutical benefits of purple carrot against metabolic syndrome and cancer: A review. Applied Sciences12(6), 3170.
  2. Anjani, G., Ayustaningwarno, F., & Eviana, R. (2022). Critical review on the immunomodulatory activities of carrot’s β-carotene and other bioactive compounds. Journal of Functional Foods99, 105303.
  3. Varshney, K., & Mishra, K. (2022). An analysis of health benefits of carrot. International Journal of Innovative Research in Engineering & Management9(1), 211-214.
  4. Sumit, K., Vivek, S., Sujata, S., & Ashish, B. (2012). Herbal cosmetics: used for skin and hair. Inven. J2012, 1-7.
  5. Turturică, M., & Bahrim, G. E. (2021). Carrot–Application in food industry and health benefits–review. Innovative Romanian Food Biotechnology, (21), 1-21.
  6. Singh, M. N., Srivastava, R., & Yadav, I. (2021). Study of different varietis of carrot and its benefits for human health: a review. Journal of Pharmacognosy and Phytochemistry10(1), 1293-1299.
  7. Singh, M. N., Srivastava, R., & Yadav, I. (2021). Study of different varietis of carrot and its benefits for human health: a review. Journal of Pharmacognosy and Phytochemistry10(1), 1293-1299.
  8. Nagraj, G. S., Jaiswal, S., Harper, N., & Jaiswal, A. K. (2020). Carrot. Nutritional Composition and Antioxidant Properties of Fruits and Vegetables, 323-337.
  9. IAHTISHAM-UL-HAQ, M. S. B., SHAMSHAD, A., & SULERIA, H. A. R. (2019). HEALTH BENEFITS OF ANTHOCYANINS IN BLACK CARROT (Daucus carota). Human Health Benefits of Plant Bioactive Compounds: Potentials and Prospects, 69.
Bambang Niko Pasla

A seasoned writer in the fields of industry, business, and technology. Enjoys sports and traveling activities.