Manfaat Jus Apel
Gaya Hidup

Temukan Kebahagiaan Sehat dengan 12 Manfaat Jus Apel

Manfaat Jus Apel – Siapa yang tidak kenal dengan jus apel? Minuman segar yang berasal dari buah apel ini memang sangat populer di seluruh dunia, tidak terkecuali di Indonesia. Rasanya yang manis dan segar membuat banyak orang menyukainya. Namun, tahukah kamu bahwa jus apel tidak hanya enak, tetapi juga kaya akan manfaat bagi kesehatan?. Buah apel sendiri memiliki banyak nutrisi penting seperti vitamin, mineral, dan antioksidan. Ketika diubah menjadi jus, nutrisi-nutrisi ini tetap terjaga dan dapat memberikan berbagai manfaat bagi tubuh.

Ragam Manfaat Jus Apel bagi Kesehatan

Inilah ragam Ragam Manfaat Jus Apel bagi kesehatan yang wajib kamu ketahui berdasarkan sumber ilmiah.

1. Mencegah Kanker

Jus apel mengandung flavonoid dan asam fenolat, senyawa tersebut telah terbukti pada suatu hasil penelitian ilmiah tahun 2022 yang dipublikasikan oleh jurnal Nutrient, dengan konsumsi jus apel dapat melawan pertumbuhan tumor dan kanker. Konsumsi jus apel secara teratur dapat membantu mengurangi risiko kanker, terutama kanker paru-paru dan usus besar.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Penelitian yang dilakukan oleh Tulummah, M., et.al., tahun 2022 yang terpublikasi pada jurnal Biomedika menunjukan bahwa jus apel mengandung senyawa polifenol yang baik untuk kesehatan jantung. Polifenol dapat membantu mencegah oksidasi kolesterol LDL (jahat) yang dapat menyebabkan penyakit jantung. Studi lainnya juga mengungkapkan bahwa konsumsi jus apel secara teratur dapat meningkatkan aktivitas antioksidan dalam darah, yang dapat melindungi jantung dari kerusakan.

3. Mencegah Diabetes

Meskipun manis, apel memiliki indeks glikemik rendah dan kandungan serat yang tinggi, sehingga tidak menyebabkan lonjakan gula darah yang tajam. Studi ilmiah yang dipublikasikan pada Journal of Functional Foods membuktikan bahwa jus apel juga mengandung vitamin B1 yang dapat membantu mengatur kadar gula darah, sehingga baik untuk pencegahan diabetes tipe 2

4. Mengontrol Berat Badan

Serat tinggi dalam jus apel dapat memberikan rasa kenyang lebih lama, sehingga membantu mengontrol nafsu makan dan mengurangi asupan kalori. Selain itu, polifenol dalam apel juga telah terbukti memiliki efek antiobesitas yang dapat membantu dalam penurunan berat badan.

5. Mengatasi Sembelit

Sembelit merupakan kondisi di mana usus besar menyerap terlalu banyak cairan, membuat proses buang air besar menjadi sulit. Dengan rajin minum jus apel, Anda dapat menghindari masalah sembelit ini. Kandungan serat dan sorbitol dalam apel dapat membantu melancarkan buang air besar.

6. Detoksifikasi Tubuh

Serat tinggi dalam jus apel dapat membantu membersihkan sistem pencernaan dari racun dan zat berbahaya. Jus apel juga dapat membantu mencegah penyakit kanker usus besar dengan cara mengikat kolesterol dan membawanya keluar dari tubuh.

7. Menjaga Kesehatan Mata

Vitamin A adalah salah satu nutrisi penting untuk kesehatan mata. Jus apel mengandung vitamin A yang dapat memperkuat dan mempertajam penglihatan, serta mengandung antioksidan dan fitonutrien yang dapat melindungi retina mata dari radikal bebas.

8. Melawan Alzheimer

Antioksidan kuat dalam jus apel, seperti quercetin, telah terbukti dapat melawan stres oksidatif yang berhubungan dengan Alzheimer. Hasil penelitian terpublikasi pada jurnal Educ. Res menunjukan dengan konsumsi jus apel secara teratur dapat membantu melindungi sel-sel otak dari kerusakan.

9. Mengatasi Asma

Jus apel mengandung senyawa antiradang dan antialergi yang dapat membantu mengurangi risiko serangan asma. Konsumsi jus apel secara teratur juga telah terbukti dapat meningkatkan kesehatan paru-paru.

10. Menghidrasi Tubuh

Kandungan air dalam jus apel dapat membantu menghidrasi tubuh kita. Ini sangat penting terutama di musim panas atau setelah beraktivitas fisik yang melelahkan.

11. Menjaga Kesehatan Kulit

Vitamin C dan antioksidan dalam jus apel dapat membantu menjaga kesehatan kulit Anda. Mengonsumsi jus apel secara rutin dapat mengatasi masalah kulit seperti gatal, kulit pecah-pecah, peradangan, dan infeksi, serta mencegah penuaan dini.

12. Menguatkan Tulang dan Gigi

International Journal of Chemical Sciences pada tahun 2020 mempublikasikan hasil penelitian ilmiah yang mengungkapkan bahwa kandungan vitamin K dan kalsium dalam jus apel dapat membantu memperkuat tulang dan gigi. Kalsium adalah nutrisi penting untuk kesehatan tulang, sedangkan vitamin K dapat membantu dalam penyerapan kalsium oleh tubuh.

Jus apel memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Namun, seperti halnya makanan dan minuman lainnya, konsumsi jus apel sebaiknya dalam jumlah yang seimbang dan tidak berlebihan. Selain itu, pastikan juga untuk memilih jus apel yang segar dan alami, tanpa tambahan gula atau bahan kimia lainnya.

Baca juga:

Referensi

  1. Vallée Marcotte, B., Verheyde, M., Pomerleau, S., Doyen, A., & Couillard, C. (2022). Health benefits of apple juice consumption: A review of interventional trials on humans. Nutrients14(4), 821.
  2. Tulummah, M., Sulistiyowati, R., & Dhanti, K. R. (2022). Apple Juice to Reduce Total Cholesterol Level in Women Over 40 Years Old. Biomedika15(1), 31-35.
  3. Oyenihi, A. B., Belay, Z. A., Mditshwa, A., & Caleb, O. J. (2022). “An apple a day keeps the doctor away”: The potentials of apple bioactive constituents for chronic disease prevention. Journal of food science87(6), 2291-2309.
  4. Zhang, S., Hu, C., Guo, Y., Wang, X., & Meng, Y. (2021). Polyphenols in fermented apple juice: Beneficial effects on human health. Journal of Functional Foods76, 104294.
  5. Xu, L., Tian, Z., Chen, H., Zhao, Y., & Yang, Y. (2021). Anthocyanins, anthocyanin-rich berries, and cardiovascular risks: Systematic review and meta-analysis of 44 randomized controlled trials and 15 prospective cohort studies. Frontiers in Nutrition8, 747884.
  6. Tripathi, S., & Mazumder, P. M. (2020). Apple cider vinegar (ACV) and their pharmacological approach towards Alzheimer’s disease (AD): A review. Indian J. Pharm. Educ. Res54, s67-s74.
  7. Koutsos, A., Riccadonna, S., Ulaszewska, M. M., Franceschi, P., Trošt, K., Galvin, A., … & Lovegrove, J. A. (2020). Two apples a day lower serum cholesterol and improve cardiometabolic biomarkers in mildly hypercholesterolemic adults: A randomized, controlled, crossover trial. The American journal of clinical nutrition111(2), 307-318.
  8. Patil Pandurang, N., Al_hudaiwi, K., Al-Rashdi, Z., & Al-Essai, A. (2020). Physico-chemical evaluation of four different apple juice samples and comparison in their nutritional values. International Journal of Chemical Sciences5, 41-46.
Bambang Niko Pasla

A seasoned writer in the fields of industry, business, and technology. Enjoys sports and traveling activities.