Tempat Wisata di Jambi
Sumatera

32 Tempat Wisata di Jambi yang Terkenal

Tempat Wisata di Jambi – Jambi, sebuah provinsi yang terletak di pulau Sumatra, Indonesia, mempesona dengan kekayaan alamnya yang melimpah dan budaya yang beragam. Dikelilingi oleh pegunungan yang hijau dan sungai-sungai yang mengalir deras, Jambi menawarkan pengalaman wisata yang berbeda dari yang lain.

Dengan populasi yang beragam dan budaya yang kaya, Jambi memiliki banyak tempat wisata yang menarik untuk dieksplorasi. Dari danau-danau yang memukau hingga situs-situs sejarah yang kuno, ada sesuatu untuk semua orang di Jambi.

Tempat Wisata di Jambi

Tempat Wisata di Jambi

Berikut ini daftar tempat wisata di jambi yang layak dikunjungi untuk wisatawan baik luar maupun dalam daerah.

1. Air Terjun Sigerincing

Salah satu daya tarik alam paling menakjubkan di Jambi, yaitu Air Terjun Sigerincing. Tersembunyi di dalam hutan belantara Kabupaten Merangin, air terjun ini menawarkan pemandangan yang memukau dan suara gemuruh air yang menenangkan.

Setelah menempuh perjalanan singkat melalui trek yang menantang, Anda akan tiba di tempat yang indah ini, di mana Anda dapat menikmati keindahan alam yang masih alami sambil merasakan kesegaran air yang jatuh dari ketinggian. Jangan lupa membawa kamera Anda untuk menangkap momen-momen spektakuler di sekitar air terjun ini!

2. Air Terjun Sungai Medang

Salah satu pilihan utama tempat wisata di Jambi adalah Air Terjun Sungai Medang terletak di Air Hangat Timur, Kabupaten Kerinci, Jambi. Tersembunyi di sepanjang Sungai Medang, air terjun ini menawarkan suasana yang menyejukkan dan pemandangan alam yang menakjubkan. Nikmati momen damai di antara gemuruh air terjun yang menakjubkan ini.

3. Air Terjun Arai Indah

Tidak kalah menariknya, adalah Air Terjun Arai Indah. Terletak di Kabupaten Kerinci, air terjun ini menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan dan suasana yang menenangkan. Dengan ketinggian yang mengagumkan dan air yang jatuh dengan gemuruh, tempat ini adalah surga bagi para pecinta alam dan fotografi.

Jangan ragu untuk berenang atau bermain air di sekitar air terjun ini, menikmati keindahan alam yang masih murni dan mempesona. Jadikan pengalaman ini sebagai momen yang tak terlupakan selama Anda berada di Jambi.

4. Air Terjun Lembah Harau

Air terjun yang mempesona ini terletak di Kabupaten Lima Puluh Kota, sekitar 60 kilometer dari kota Jambi. Dikelilingi oleh tebing-tebing tinggi, Air Terjun Lembah Harau menawarkan pemandangan alam yang memukau dan suasana yang menenangkan. Cocok untuk para pencinta alam dan fotografi.

5. Air Terjun Pulau Padang

Terletak di Kecamatan Batang Masumai, Kabupaten Sarolangun, Air Terjun Pulau Padang adalah salah satu dari sedikit tempat wisata alam yang belum terlalu banyak dikenal di Jambi. Dikelilingi oleh hutan yang lebat, air terjun ini menawarkan suasana yang tenang dan segar bagi para pengunjungnya.

6. Air Terjun Kolam Jodoh

Air Terjun Kolam Jodoh berlokasi Geopark Jambi, Kabupaten Merangin, Jambi, merupakan destinasi wisata unik di Jambi yang tak boleh dilewatkan. Legenda mengatakan bahwa mandi di air terjun ini akan membawa kita kepada jodoh yang lebih cepat. Namun, apapun kebenarannya, keindahan alam sekitar air terjun ini layak untuk dinikmati.

7. Air Terjun Talang Jaya

Air Terjun Talang Jaya, juga dikenal sebagai Air Terjun Tujuh Tingkat, terletak di Desa Telentam, Kecamatan Tabir Ulu, Kabupaten Merangin, Jambi. Menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan. Nikmati keindahan alam dan suara gemericik air di tempat ini.

8. Danau Kerinci

Danau Kerinci, yang terletak di Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi, Indonesia, berada di kaki Gunung Rayo. Danau Kerinci adalah danau vulkanik yang meliputi luas sekitar 4.200 hektar, dengan kedalaman mencapai 110 meter, diameter sekitar 70 kilometer, dan ketinggian 783 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Akses ke destinasi ini relatif mudah melalui jalur darat. Perjalanan dimulai dari Kota Jambi menuju Kota Sungai Penuh. Dengan jarak sekitar 500 kilometer, waktu tempuhnya sekitar 10 jam akan membawa kita ke destinasi yang menakjubkan ini.

9. Danau Gunung Tujuh

Salah satu daya tarik utama Jambi adalah Danau Gunung Tujuh, dinobatkan sebagai danau vulkanik tertinggi di Asia Tenggara. Terletak di Pesisir Bukit, Gn. Tujuh, Kerinci, Jambi, danau ini menawarkan ketenangan dan keindahan alam yang menakjubkan. Dikelilingi oleh hutan hijau yang lebat, danau ini merupakan tempat yang sempurna untuk melarikan diri dari hiruk pikuk kota dan menikmati ketenangan alam.

10. Danau Belibis

Danau Belibis terkenal karena dibanjiri oleh burung belibis yang ramai, berlokasi di Giri Mulyo, Kayu Aro, Kabupaten Kerinci, Jambi. Walaupun tidak ada yang benar-benar menyerupai bentuk burung tersebut, keunikan danau ini membuatnya menarik bagi para pengunjung. Jelajahi keajaiban alam di sini.

11. Danau Kaco

Dengan air sebening kaca dan pemandangan alam yang menakjubkan, Danau Kaco adalah surga bagi pecinta alam. Terletak di Dusun Baru Lempur, Gunung Raya, Kota Jambi, perjalanan menuju danau ini mungkin agak menantang, tetapi pemandangan yang menakjubkan akan membuat setiap langkah sepadan. Berenang di airnya yang jernih atau sekadar duduk di tepi danau sambil menikmati keindahan sekitarnya adalah pengalaman yang tak terlupakan.

12. Danau Sipin

Untuk pengalaman wisata yang lebih santai dan menenangkan, kunjungilah Danau Sipin di Kota Jambi. Dikelilingi oleh pepohonan hijau dan pepohonan rindang, danau ini adalah tempat yang sempurna untuk bersantai sambil menikmati suasana alam yang tenang dan damai.

Anda dapat menyewa perahu dan menelusuri permukaan danau sambil menikmati pemandangan sekitar yang indah atau hanya duduk di tepi danau sambil menikmati piknik bersama keluarga dan teman-teman. Jangan lupa untuk mencicipi makanan dan minuman lokal yang dijual di sekitar danau untuk merasakan cita rasa khas Jambi.

13. Danau Lingkat

Danau Lingkat merupakan salah satu dari banyak danau indah di wilayah Kerinci. Pemandangannya sama menakjubkannya dengan danau-danau lainnya di sekitar Kerinci. Rasakan kedamaian di sini. Danau Lingkat terletak di Lempur Hilir, Gunung Raya, Kabupaten Kerinci, Jambi

14. Danau Biru Muara Tembesi

Danau Biru Muara Tembesi adalah ciptaan indah yang awalnya terbentuk dari aktivitas penggalian tanah. Warna airnya yang biru kehijauan sangat memukau. Hadirilah dan nikmati keindahan alam yang tak tergantikan. Danau Biru Muara Tembesi terltak di Desa Kebun Baru, Kecamatan Muara Tembesi, Kabupaten Batanghari, Jambi

15. Danau Kumbang

Secara administratif, Danau Kumbang terletak di wilayah Gunung Masurai, dengan titik mulai pendakian di Desa Sungai Lalang, di Kecamatan Lembah Masurai, Sungai Tenang, dan Jangkat. Untuk menikmati keindahan danau ini, diperlukan perjalanan sejauh 100 kilometer atau sekitar 3 jam dari Kota Bangko. Dengan menggunakan bus umum atau kendaraan pribadi, Anda akan tiba di Desa Sungai Lalang, titik awal petualangan.

16. Danau Pauh

Danau Pauh terletak pada ketinggian sekitar 1.200 meter di atas permukaan laut, menyajikan pengalaman udara sejuk khas dataran tinggi bagi pengunjungnya. Udara segar yang bebas dari polusi menjadikannya tempat ideal untuk bersantai dan menikmati ketenangan di tengah kehidupan modern yang sibuk.

Bagi para petualang sejati, perjalanan ke Danau Pauh adalah pengalaman yang tak terlupakan. Dari Ibukota Kabupaten Merangin, Bangko, perjalanan membutuhkan waktu sekitar 3 jam. Namun, apabila berasal dari Kota Jambi, perjalanan akan memakan waktu lebih dari 8 jam. Meskipun aksesnya bisa menjadi tantangan dengan jalan berkelok yang ekstrim, kondisi sebagian besar jalan yang sudah diaspal dengan baik membuat perjalanan ini layak untuk diambil.

17. Candi Muaro Jambi

Candi Muaro Jambi adalah candi utama di komplek percandian terkenal Muaro Jambi berlokasi di Desa Muara Jambi, Maro Sebo, Kabupaten Muaro Jambi, Jambi. Jika mengunjungi candi ini, kita juga akan menemukan Candi Tinggi dengan mudah.

18. Candi Tinggi

Walaupun namanya “Tinggi”, Candi Tinggi sebenarnya tidak terlalu besar dengan ketinggian hanya 7,6 meter. Namun demikian, keindahan dan sejarahnya membuatnya menjadi tujuan wisata yang populer di komplek percandian Muaro Jambi. Jelajahi keagungan sejarah di sini. Candi Tinggi berlokasi di Desa Muara Jambi, Maro Sebo, Kabupaten Muaro Jambi, Jambi

19. Telago Biru

Telago Biru adalah persembahan alam yang memukau dari Kabupaten Merangin. Danau kecil ini menawarkan panorama yang indah dan menenangkan, menjadikannya sebagai salah satu destinasi wisata favorit di Jambi. Rasakan kedamaian yang luar biasa di sini. telaga Biru berlokasi di Tanjung Alam, Sungai Tenang, Kabupaten Merangin, Jambi

20. World of Water Water Park

Bagi mereka yang mencari keseruan bersama keluarga, World of Water Water Park adalah tempat yang sempurna. Terletak di Jalan Raya East Avenue Blok A No 1, Mendalo Darat, Kec. Jambi Luar Kota, Kabupaten Muaro Jambi, taman air ini menawarkan berbagai wahana yang menyenangkan bagi semua usia. Dari perosotan setinggi 15 meter hingga Lazy River yang menenangkan, ada sesuatu untuk semua orang di World of Water.

21. GeoPark Merangin

Dengan pemandangan yang mempesona dan berbagai kegiatan ekstrem, GeoPark Merangin adalah surga bagi para petualang. Terletak di Desa Air Batu, Kec. Renah Pembarap, Kab. Merangin, tempat wisata ini menawarkan pengalaman yang tak terlupakan bagi mereka yang mencari petualangan alam. Dari arung jeram hingga penelitian geologi, ada sesuatu untuk semua orang di GeoPark Merangin.

22. Monumen Keris Siginjai

Monumen Keris Siginjai adalah salah satu landmark paling ikonik di kota Jambi. Dengan tinggi mencapai 28 meter, monumen ini merupakan simbol kebesaran dan kepahlawanan raja dan sultan Jambi zaman dahulu. Terletak di Paal Lima, Kota Baru, Jambi City, monumen ini tidak hanya menarik bagi para sejarawan, tetapi juga bagi pengunjung yang tertarik untuk belajar lebih banyak tentang sejarah Jambi.

23. Tugu Pers

Tugu Pers adalah monumen yang memperingati kebebasan pers di Kota Jambi. Terletak di Jl. Sultan Agung, Lb. Bandung, Ps. Jambi, Kota Jambi, tugu ini adalah pengingat yang penting akan pentingnya pers dalam menjaga kebebasan dan demokrasi. Dengan latar belakang pemandangan kota yang menakjubkan, Tugu Pers adalah tempat yang sempurna untuk menghargai peran penting pers dalam masyarakat.

24. Tugu Juang

Tugu Juang adalah monumen yang memperingati perjuangan rakyat Jambi pada masa Agresi Militer Belanda II. Terletak di Jalan HOS. Cokroaminoto, Selamat, Telanaipura, Kota Jambi, monumen ini adalah pengingat yang penting akan ketahanan dan keberanian rakyat Jambi dalam menghadapi penjajah. Dengan relief yang menggambarkan kisah perjuangan mereka, Tugu Juang adalah tempat yang sempurna untuk mempelajari sejarah Jambi.

25. Kampoeng Radja Jambi

Kampoeng Radja Jambi adalah tempat yang sempurna untuk menghabiskan waktu bersama keluarga. Terletak di Jl. Lkr. Barat 3 No.108, Kenali Besar, Kec. Kota Baru, Kota Jambi, kampoeng ini menawarkan berbagai wahana hiburan yang menyenangkan serta kesempatan untuk belajar tentang alam. Dari water park hingga flying fox, ada sesuatu untuk semua orang di Kampoeng Radja Jambi.

26. Gentala Arasy

Gentala Arasy adalah museum budaya yang populer sebagai simbol Islam di Kota Jambi. Dengan koleksi benda bersejarah yang mengesankan dan pemandangan yang menakjubkan, museum ini menarik ribuan pengunjung setiap tahunnya. Terletak di Arab Melayu, Pelayangan, Kota Jambi, Gentala Arasy adalah tempat yang sempurna untuk belajar tentang sejarah dan budaya Jambi.

27. Jambi Paradise

Jambi Paradise adalah taman air yang menyenangkan yang terletak di Desa Talang Belido, Kecamatan Kumpeh, Kabupaten Muaro Jambi. Dengan berbagai wahana air yang menarik dan pemandangan alam yang menakjubkan, taman ini adalah tempat yang sempurna untuk bersantai dan bersenang-senang bersama keluarga dan teman-teman.

28. Museum Negeri Jambi

Untuk pengalaman wisata yang lebih mendalam tentang sejarah dan budaya Jambi, kunjungilah Museum Negeri Jambi. Terletak di Kota Jambi, museum ini menampilkan berbagai artefak bersejarah dan benda seni yang berasal dari berbagai suku dan etnis yang mendiami wilayah ini.

Dengan koleksi yang luas dan informasi yang mendalam tentang sejarah Jambi, museum ini menjadi tempat yang sempurna untuk belajar tentang asal-usul dan perkembangan provinsi ini dari masa ke masa. Jangan lewatkan kesempatan untuk mengagumi pula seni dan kerajinan lokal yang dipamerkan di sini.

29. Taman Nasional Bukit Duabelas

Bagi para pecinta alam dan penggemar petualangan, Taman Nasional Bukit Duabelas adalah tempat yang wajib dikunjungi di Jambi. Terletak di perbatasan provinsi Jambi dan Riau, taman nasional ini menawarkan panorama alam yang menakjubkan, dari hutan hujan tropis yang lebat hingga sungai yang mengalir deras.

Dengan berbagai jalur trekking yang tersedia, kita dapat menjelajahi keanekaragaman hayati yang luar biasa dan melihat berbagai jenis flora dan fauna yang langka. Jangan lupa untuk membawa peralatan camping dan bersiaplah untuk menginap di tengah alam yang masih liar dan belum tersentuh ini.

30. Taman Telun Berasap

Terletak di dalam Taman Nasional Kerinci, Desa Telun Berasap, Kecamatan Kayu Aro, Kabupaten Kerinci, Jambi. Taman Telun Berasap adalah perpaduan antara keindahan alam dan keajaiban air terjun yang spektakuler. Dengan ketinggian mencapai 50 meter, air terjun ini menghasilkan percikan air yang menciptakan efek asap di sekitarnya, menciptakan pemandangan yang menakjubkan.

31. Hesti’s Garden

Hesti’s Garden merupakan surga foto di Kabupaten Merangin yang menakjubkan. Taman ini menawarkan latar belakang yang sempurna untuk foto selfie. Jelajahi lorong-lorong dan berbagai sudut menarik di sini. Hesti’s Garden di terletak di Desa Muara Madras, Kecamatan Jangkat, Kabupaten Merangin, Jambi,

32. Rawa Bento

Rawa Bento, yang terletak di Desa Jernih Jaya, Kecamatan Gunung Tujuh, Kabupaten Kerinci, tegak dengan bangga dengan ketinggian mencapai 1333 meter di atas permukaan laut. Wilayah seluas sekitar 1000 hektar ini memikat para penjelajah dengan pesonanya, termasuk rumput rawa gambut yang menjulang, hutan rawa kerdil yang menawan, dan danau rawa kecil yang kaya akan kehidupan.

Akses ke Rawa Bento tidak sulit. Perjalanan yang menawan dapat dinikmati dengan menggunakan perahu tradisional bermesin dari Desa Jernih Jaya dan Desa Pelompek. Deretan perahu ini siap membawa penumpang menyusuri sungai menuju padang rumput Bento yang mempesona.

Demikianlah informasi tentang tempat wisata di Jambi, semoga bermanfaat dan terimakasih.

Bambang Niko Pasla

A seasoned writer in the fields of industry, business, and technology. Enjoys sports and traveling activities.