Cara Menambahkan Email di Mobile JKN
Tips

Cara Menambahkan Email di Mobile JKN

Cara Menambahkan Email di Mobile JKN – Mobile JKN atau Jaminan Kesehatan Nasional adalah aplikasi yang dirancang untuk memudahkan peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan dalam mengakses berbagai layanan kesehatan secara online. Dengan adanya aplikasi ini, masyarakat dapat melakukan pendaftaran, pengecekan tagihan, reservasi layanan kesehatan, dan berbagai keperluan lainnya dengan lebih mudah dan efisien.

Salah satu fitur penting yang ada di aplikasi Mobile JKN adalah kemampuan untuk menambahkan atau mengganti email. Email ini berfungsi sebagai sarana komunikasi utama antara BPJS Kesehatan dan peserta.

Cara Menambahkan Email di Mobile JKN

Untuk menambahkan atau mengganti email di Mobile JKN, kamu perlu mengikuti beberapa langkah berikut yang disadur dari situs resmi BPJS kesehatan:

1. Mengunduh dan Menginstal Aplikasi Mobile JKN

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mengunduh aplikasi Mobile JKN di perangkat ponsel. Aplikasi ini tersedia di Google Play Store untuk pengguna Android dan di App Store untuk pengguna iOS. Pastikan aplikasi terinstal dengan baik di perangkat sebelum melanjutkan ke langkah berikutnya.

2. Membuka Aplikasi Mobile JKN

Setelah aplikasi terinstal, buka aplikasi Mobile JKN di ponsel. Kamu akan melihat layar login di mana diminta untuk memasukkan username, password, dan kode captcha, bila belum memiliki akun, perlu mendaftar terlebih dahulu di kantor BPJS Kesehatan terdekat.

3. Masuk ke Akun Mobile JKN

Masukkan username, password, dan kode captcha yang diminta. Setelah itu, klik tombol “Login” untuk masuk ke akun Mobile JKN. Pastikan informasi yang kamu masukkan benar agar tidak terjadi masalah saat login.

4. Mengakses Menu Perubahan Data Peserta

Setelah berhasil masuk ke akun, kamu akan melihat halaman utama aplikasi Mobile JKN. Di sini, pilih menu “Perubahan Data Peserta”. Menu ini biasanya terletak di bagian bawah layar atau dapat diakses melalui ikon pengaturan di sudut kanan atas.

5. Memilih Menu Email

Untuk mengganti atau menambahkan email, pilih menu “Email” yang terletak di bagian bawah kolom nomor ponsel dan data pribadi. Menu ini memungkinkan kamu untuk memasukkan alamat email baru atau mengganti alamat email yang sudah terdaftar sebelumnya.

6. Memasukkan Email Baru

Masukkan alamat email baru yang ingin ditambahkan atau ganti. Pastikan email yang dimasukkan aktif dan kamu memiliki akses ke email tersebut. Setelah itu, klik “Simpan” untuk menyimpan perubahan.

7. Verifikasi Email

Kamu akan diminta untuk memverifikasi alamat email yang baru dimasukkan. Kode verifikasi akan dikirimkan melalui email tersebut. Buka email dan salin kode verifikasi. Kemudian, masukkan kode tersebut pada aplikasi Mobile JKN untuk memverifikasi alamat email, lalu klik “Verifikasi”.

8. Simpan Perubahan

Setelah berhasil memverifikasi email baru, masukkan PIN Mobile JKN untuk menyimpan perubahan dan klik tombol “Verifikasi”. PIN ini biasanya berupa kombinasi angka yang di buat saat pertama kali mendaftar di aplikasi Mobile JKN.

9. Email Berhasil Ditambahkan

Selanjutnya memasukkan PIN dengan benar, email baru kamu sudah berhasil ditambahkan ke akun Mobile JKN. Kamu akan menerima konfirmasi melalui email dan di aplikasi bahwa perubahan email telah berhasil dilakukan.

Mengatasi Masalah Lupa Email di Mobile JKN

Seandainya lupa alamat email yang digunakan untuk akun Mobile JKN, ada beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk mengatasinya:

1. Kunjungi Kantor BPJS Terdekat

Cara pertama dengan mengunjungi kantor BPJS Kesehatan terdekat. Petugas di kantor BPJS dapat membantu dalam proses pemulihan akun. Ikuti instruksi yang diberikan petugas untuk mengembalikan akses ke akun Mobile JKN.

2. Hubungi Care Center BPJS

Selain mengunjungi kantor BPJS Kesehatan, kamu juga dapat menghubungi Care Center 165. Care Center 165 merupakan kanal layanan informasi yang dapat diakses oleh peserta BPJS maupun masyarakat umum selama 24 jam. Kamu bisa menghubungi layanan BPJS Kesehatan Care Center dengan melakukan panggilan ke nomor 165. Nantinya, agen Care Center 165 akan membantu proses pemulihan alamat email.

3. Reset Akun JKN Mobile

Dalam beberapa kasus, bila email yang digunakan pada akun sudah tidak aktif atau tidak dapat diakses, kamu mungkin perlu melakukan pendaftaran ulang dengan akun dan email baru. Proses ini dapat dilakukan di kantor cabang BPJS Kesehatan terdekat. Mereka akan membantu membuat akun dengan alamat email baru.

Semoga tips ini bermanfaat, jangan lupa untuk selalu menjaga keamanan informasi pribadi dan melakukan pembaruan data secara berkala agar layanan BPJS Kesehatan dapat berjalan dengan lancar dan optimal.

Baca juga:

Bambang Niko Pasla

A seasoned writer in the fields of industry, business, and technology. Enjoys sports and traveling activities.