Cara Ganti Kartu ATM BCA Kadaluarsa
Tips

Syarat dan 3 Cara Ganti Kartu ATM BCA Kadaluarsa

Cara Ganti Kartu ATM BCA Kadaluarsa – Kartu ATM atau debit BCA adalah alat penting dalam kehidupan finansial kita. Namun, seperti halnya barang berharga lainnya, kartu ini memiliki masa kadaluarsa yang perlu diperhatikan. Jika kartu ATM BCA kamu sudah mencapai masa kadaluwarsa, tidak perlu panik.

Setiap kartu ATM memiliki tanggal kedaluwarsa yang tertera dengan jelas di bagian depan kartu, biasanya diberi keterangan “Valid Thru”. Informasi ini mencakup bulan dan tahun kadaluwarsa kartu. Setelah tanggal tersebut lewat, kartu ATM tidak dapat digunakan untuk transaksi apapun, baik itu tarik tunai, transfer, atau pembayaran melalui mesin EDC BCA.

Ketika kartu ATM BCA mencapai masa kadaluwarsa, ada beberapa dampak yang perlu kamu ketahui:

  • Setiap upaya untuk melakukan transaksi menggunakan kartu ATM BCA yang kadaluarsa akan ditolak oleh mesin ATM atau mesin EDC BCA.
  • Kamu tidak dapat melakukan transaksi finansial apa pun melalui ATM BCA, termasuk tarik tunai dan transfer dana.
  • Meskipun kartu ATM tidak bisa digunakan, kamu masih dapat melakukan transaksi non-tunai menggunakan aplikasi BCA Mobile atau MyBCA. Ini termasuk pembayaran tagihan, transfer antar rekening, dan berbelanja di merchant online maupun offline.

Syarat Ganti Kartu ATM BCA Kadaluarsa

Sebelum mengurus penggantian kartu ATM BCA yang kadaluarsa, ada beberapa syarat yang perlu dipenuhi:

  • Identitas diri yang valid, seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP).
  • Buku tabungan BCA.
  • Biaya pengiriman kartu ATM BCA baru sekitar Rp 20.000.

Cara Ganti Kartu ATM BCA Kadaluarsa

Ada beberapa cara yang bisa kamu pilih untuk mengganti kartu ATM BCA yang sudah kadaluarsa, antara lain:

1. Menggunakan Mesin CS Digital BCA

Mesin Customer Service (CS) Digital BCA adalah salah satu cara termudah untuk mengganti kartu ATM BCA. Berikut langkah-langkahnya:

  • Kunjungi cabang BCA terdekat yang dilengkapi dengan mesin CS Digital.
  • Pilih menu “Kartu” pada mesin CS Digital.
  • Ikuti instruksi untuk memilih opsi “Ganti Kartu”.
  • Scan KTP Anda dan buku tabungan BCA.
  • Lakukan scan sidik jari.
  • Kartu ATM BCA baru kamu akan segera diterbitkan setelah proses selesai.

2. Melalui Kantor Cabang BCA

Nasabah dapat mengunjungi kantor cabang BCA terdekat untuk melakukan penggantian kartu ATM. Proses penggantian kartu debit dapat dilakukan di semua kantor cabang BCA yang tersebar di seluruh Indonesia.

Untuk mengajukan penggantian kartu, nasabah diminta untuk membawa beberapa dokumen penting seperti kartu ATM lama, buku tabungan, dan KTP asli.

Caranya sangat mudah, yaitu:

  • Bawa kartu ATM lama yang sudah kadaluarsa, buku tabungan BCA, dan KTP asli.
  • Sampaikan kepada petugas bahwa kamu ingin mengganti kartu ATM BCA yang kadaluarsa.
  • Setelah itu, petugas akan segera memproses pengajuan penggantian kartu tersebut.

3. Menggunakan BCA Mobile

Berikutnya, untuk mengganti Kartu Debit BCA menggunakan aplikasi BCA mobile, langkah pertama adalah masuk ke akun BCA mobile kamu. Kemudian, navigasikan ke menu “Akun Saya” yang terletak di pojok kanan bawah layar. Setelah itu, pilih opsi “Ganti Kartu”. Layanan untuk mengganti kartu melalui BCA mobile dapat diakses mulai dari 3 bulan sebelum kartu Debit BCA habis masa berlakunya, saat kartu sudah kadaluwarsa, atau jika kartu masih menggunakan teknologi magnetic stripe (belum chip).

Selanjutnya, kamu dapat memilih jenis kartu yang diinginkan serta memasukkan alamat lengkap untuk pengiriman kartu baru. Pastikan untuk mengisi semua informasi dengan benar. Setelah itu, masukkan PIN m-BCA untuk menyelesaikan proses. Kartu baru akan dikirimkan ke alamat yang telah kamu cantumkan. Perlu dicatat bahwa penggantian Kartu Debit BCA tidak dikenakan biaya jika dilakukan dalam kurun waktu 3 bulan sebelum kartu kadaluwarsa. Namun, biaya pengiriman akan dikenakan bagi nasabah yang memilih penggantian kartu melalui BCA mobile.

Dengan mengikuti tips di atas, kamu dapat mengganti kartu ATM BCA yang sudah kadaluarsa dengan mudah dan melanjutkan aktivitas finansial tanpa hambatan. Jangan lupa untuk tetap memperbarui informasi kartu baru Anda di semua layanan dan merchant yang digunakan secara online.

Baca juga:

Bambang Niko Pasla

A seasoned writer in the fields of industry, business, and technology. Enjoys sports and traveling activities.