Manfaat Ikan Teri
Gaya Hidup

Kandungan Nutrisi dan 10 Manfaat Ikan Teri untuk Kesehatan

Manfaat Ikan Teri – Ikan teri mungkin terlihat kecil dan sederhana, tapi siapa sangka si kecil ini menyimpan sejuta manfaat untuk kesehatan? Dengan cita rasa yang gurih dan nikmat, ikan teri bukan hanya sekadar lauk tambahan, tapi juga sumber nutrisi yang luar biasa.

Kandungan Nutrisi Ikan Teri

Dalam 100 gram ikan teri kering terkandung:

  • Kalori: 170 kalori
  • Protein: 33 gram
  • Lemak: 3 gram
  • Kalsium: 1 gram
  • Fosfor: 1,5 gram
  • Zat Besi: 4 miligram
  • Vitamin B1: 0,15 miligram
  • Vitamin A: 65 mikrogram

Selain itu, ikan teri juga mengandung selenium dan asam lemak omega-3. Kandungan asam lemak omega-3 dalam ikan teri bahkan tak kalah dengan ikan salmon, tuna, dan sarden.

Manfaat Ikan Teri untuk Kesehatan

Berikut ini ragam manfaat ikan teri untuk kesehatan yang dirangkum dari berbagai sumber ilmiah.

1. Menjaga Kesehatan Kehamilan

Ikan teri termasuk ikan yang rendah merkuri, sehingga aman untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Nutrisi dalam ikan teri, seperti kalium, folat, dan zat besi, sangat penting untuk mendukung kesehatan ibu dan perkembangan janin. Zat besi membantu meningkatkan produksi sel darah merah, sementara folat mendukung pertumbuhan janin.

2. Mendukung Fungsi Otot dan Sistem Saraf

Kalsium dalam ikan teri tidak hanya baik untuk tulang, tetapi juga untuk fungsi otot dan sistem saraf. Fungsi otot dan sistem saraf yang optimal sangat penting untuk aktivitas sehari-hari. Selain kalsium, ikan teri juga mengandung berbagai vitamin B, selenium, kalium, dan natrium yang mendukung kesehatan otot dan saraf.

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan asam lemak omega-3 dalam ikan teri baik untuk menjaga kesehatan jantung. Penelitian menunjukkan bahwa asam lemak omega-3 dapat menurunkan kadar trigliserida dalam darah, menghambat pembentukan plak di pembuluh arteri, dan menurunkan tekanan darah. Mengonsumsi ikan teri secara teratur dapat membantu mencegah penyakit jantung dan stroke. Namun, pastikan untuk menghindari cara pengolahan yang tidak sehat seperti menggoreng atau mengasinkan ikan teri karena dapat meningkatkan kadar lemak jenuh dan natrium.

4. Menyehatkan Kulit

Kandungan asam lemak omega-3 dalam ikan teri juga bermanfaat untuk kesehatan kulit. Asam lemak ini dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari dan mengurangi risiko kanker kulit. Selain itu, sifat antiinflamasi dari asam lemak omega-3 juga dapat membantu mengurangi keparahan jerawat.

5. Menjaga Kesehatan Tulang

Ikan teri kaya akan mineral seperti kalsium dan fosfor yang sangat baik untuk kesehatan tulang. Mengonsumsi ikan teri dapat membantu menjaga kepadatan tulang dan mencegah osteoporosis. Nutrisi ini sangat penting untuk anak-anak dalam masa pertumbuhan serta orang dewasa yang ingin menjaga kesehatan tulang mereka.

6. Mencegah Penyakit Alzheimer

Asam lemak omega-3 dalam ikan teri berperan penting dalam menunjang kinerja sel otak. Tubuh yang tidak cukup mendapatkan asupan asam lemak omega-3 dapat memicu penuaan otak dan meningkatkan risiko demensia dan depresi. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi asam lemak omega-3 memiliki kadar protein beta-amyloid yang lebih rendah, yang sering kali dikaitkan dengan tanda-tanda penyakit Alzheimer.

7. Menjaga Kesehatan Mata

Salah satu manfaat ikan teri yang sering kali tidak disadari adalah menjaga kesehatan mata. Kandungan vitamin A dan asam lemak omega-3 dalam ikan teri dapat membantu mencegah degenerasi makula, sebuah kondisi yang dapat menyebabkan penurunan penglihatan pada usia lanjut. Vitamin A juga penting untuk menjaga kesehatan retina dan membantu penglihatan di malam hari.

8. Mencegah Anemia

Ikan teri mengandung zat besi dan vitamin B12 yang sangat penting untuk pembentukan sel darah merah. Kekurangan zat besi dan vitamin B12 dapat menyebabkan anemia, yang ditandai dengan kelelahan, kelemahan, dan penurunan fungsi kekebalan tubuh. Mengonsumsi ikan teri secara teratur dapat membantu mencegah anemia dan menjaga tubuh tetap energik.

9. Membantu Menurunkan Berat Badan

Bagi Anda yang sedang berusaha menurunkan berat badan, ikan teri bisa menjadi pilihan makanan yang baik. Ikan teri kaya akan protein yang dapat membuat perut kenyang lebih lama sehingga mengurangi keinginan untuk makan berlebih. Selain itu, ikan teri rendah kalori sehingga cocok untuk dimasukkan dalam menu diet harian Anda.

10. Mendukung Tumbuh Kembang Anak

Ikan teri sangat baik untuk dikonsumsi oleh anak-anak karena mengandung berbagai nutrisi penting seperti protein, mineral, dan asam lemak omega-3. Nutrisi-nutrisi ini berperan dalam pembentukan sel otak dan tulang anak. Selain itu, mencukupi asupan asam lemak omega-3 juga dapat menjaga daya ingat dan meningkatkan kemampuan belajar anak.

Tips Konsumsi Ikan Teri

  • Penderita asam urat, tekanan darah tinggi, diabetes, obesitas, dan penyakit ginjal harus membatasi konsumsi ikan teri karena kandungan natrium dan purin yang tinggi dapat menyebabkan kekambuhan gejala penyakit.
  • Untuk mengetahui porsi yang tepat sesuai kondisi kesehatan, sebaiknya konsultasikan dengan dokter gizi.
  • Pilih ikan teri yang tidak diasinkan untuk mengurangi risiko asupan natrium berlebih.

Resep Olahan Ikan Teri yang Sehat

Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari ikan teri, berikut beberapa resep olahan ikan teri yang sehat dan lezat:

1. Tumis Ikan Teri dengan Sayuran

Bahan:

  • 100 gram ikan teri kering
  • 1 ikat bayam, cuci bersih
  • 2 siung bawang putih, cincang halus
  • 1 buah tomat, potong dadu
  • 1 sendok makan minyak zaitun
  • Garam dan merica secukupnya

Cara membuat:

  1. Rendam ikan teri dalam air hangat selama 10 menit, tiriskan.
  2. Panaskan minyak zaitun dalam wajan, tumis bawang putih hingga harum.
  3. Masukkan ikan teri, aduk hingga berubah warna.
  4. Tambahkan bayam dan tomat, masak hingga layu.
  5. Bumbui dengan garam dan merica, aduk rata dan sajikan.

2. Salad Ikan Teri

Bahan:

  • 100 gram ikan teri kering
  • 1 buah mentimun, iris tipis
  • 1 buah wortel, parut
  • 1 buah paprika merah, iris tipis
  • 1 sendok makan minyak wijen
  • 1 sendok makan kecap asin
  • 1 sendok teh biji wijen, sangrai

Cara membuat:

  1. Rendam ikan teri dalam air hangat selama 10 menit, tiriskan.
  2. Campurkan semua bahan dalam mangkuk besar.
  3. Tambahkan minyak wijen dan kecap asin, aduk rata.
  4. Taburkan biji wijen di atasnya dan sajikan.

Akhir Kata

Meskipun berukuran kecil, ikan teri adalah sumber nutrisi yang luar biasa dan memberikan berbagai manfaat kesehatan. Namun, seperti makanan lainnya, penting untuk mengonsumsinya dengan bijak dan dalam porsi yang tepat untuk mendapatkan manfaat optimal tanpa risiko kesehatan. Dengan memasukkan ikan teri dalam menu harian, Kita dapat menikmati berbagai manfaat kesehatannya sambil menikmati kelezatan rasanya. Semoga informasi ini bermanfaat, terimakasih.

Baca juga:

Referensi

  1. Agustina, D. R., & Sari, I. M. (2018). Dampak Konsumsi Ikan Teri Asin terhadap Kadar Kolesterol dan Trigliserida pada Penderita Hipertensi. Jurnal Gizi Pangan, 13(2), 223-228.
  2. Sari, I. M., & Muchtadi, D. (2017). Kandungan Asam Lemak Omega-3 dan Omega-6 pada Ikan Teri Asin dan Pengaruhnya terhadap Kadar Kolesterol Darah Tikus Putih. Jurnal Sains dan Teknologi Hasil Perikanan, 18(1), 1-6.
  3. Wulandari, N. F., & Muchtadi, D. (2016). Analisis Kandungan Protein dan Asam Lemak Ikan Teri (Stolephorus commersonii) Asin. Jurnal Teknologi Pangan, 17(2), 117-122.
  4. Agustina, D. R., & Sari, I. M. (2017). Konsumsi Ikan Teri Asin Meningkatkan Kadar Hemoglobin dan Hematokrit pada Penderita Anemia Defisiensi Besi. Jurnal Gizi dan Kesehatan, 6(2), 117-122.
  5. Sari, I. M., & Muchtadi, D. (2016). Pengaruh Pemberian Ikan Teri Asin terhadap Kadar Kalsium dan Fosfor pada Tikus Putih (Rattus norvegicus). Jurnal Sains dan Teknologi Hasil Perikanan, 17(3), 205-210.
    Bambang Niko Pasla

    A seasoned writer in the fields of industry, business, and technology. Enjoys sports and traveling activities.