Manfaat Daun Binahong Merah
Gaya Hidup

Menjaga Kesehatan  dengan 12 Manfaat Daun Binahong Merah

Manfaat Daun Binahong Merah – Binahong merah, tanaman yang sering diabaikan oleh sebagian orang, ternyata memiliki banyak manfaat yang luar biasa untuk kesehatan. Tanaman ini dikenal dengan nama latin Anredera cordifolia dan sering ditemukan tumbuh liar di tembok atau pagar. Bentuk daunnya yang menyerupai tanda hati sehingga sering disebut juga sebagai Heartleaf maderavine madevine membuatnya mudah dikenali.

Tanaman ini biasanya ditemui di beberapa negara seperti Korea Selatan, China, Madagaskar, dan tentunya Indonesia. Tanaman ini telah lama dikenal oleh nenek moyang kita sebagai tanaman obat yang berkhasiat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Berikut beberapa kandungan utama binahong merah:

Vitamin dan Mineral

  • Vitamin A
  • Vitamin B Kompleks
  • Vitamin C
  • Vitamin E
  • Kalsium
  • Zat Besi

Senyawa lainnya seperti Saponin, Flavonoid, Polifenol, dan Minyak Atsiri.

Ragam Manfaat Daun Binahong Merah untuk Kesehatan

Manfaat Daun Binahong Merah

Berikut ini beberapa manfaat daun binahong merah yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Mencegah Kanker

Hasil riset ilmiah terbaru pada GSC Biological and Pharmaceutical Sciences dan Open Access Macedonian Journal of Medical Sciences menunjukan bahwa kandungan antioksidan dalam daun binahong merah dapat membantu melawan radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan sel dan meningkatkan risiko kanker. Mengonsumsi daun binahong merah secara teratur dapat membantu mencegah perkembangan sel kanker dalam tubuh.

2. Anti Diabetes

Jurnal Pharmacia mempublikasikan hasil penelitian bahwa kandungan steroid, flavonoid, dan kumarin dalam daun ini dapat menghambat penyerapan gula pada usus, sehingga membantu mengontrol kadar gula darah. Hasil penelitian lainnya di Journal of Pharmacy and Bioallied Sciences, daun binahong merah juga cocok untuk menjadi obat alami untuk penyakit kencing manis atau diabetes.

3. Mengatasi Luka dan Peradangan

Daun binahong merah mengandung saponin yang memiliki sifat anti-inflamasi dan antibakteri. Hal ini membuatnya efektif dalam mengatasi luka dan peradangan pada kulit. Kamu dapat mengoleskan daun binahong merah yang telah dihaluskan secara langsung pada area yang terluka atau meradang.

4. Membersihkan Saluran Pernapasan

Penelitian menunjukkan bahwa daun binahong memiliki kemampuan untuk membersihkan saluran pernapasan, terutama paru-paru, dari lendir yang dapat menyebabkan kesulitan bernapas. Selain itu, kandungan antibakteri dalam daun binahong juga efektif dalam membunuh bakteri yang dapat menyebabkan infeksi pada saluran pernapasan akut (ISPA).

5. Mengatasi Masalah Asam Urat

Daun binahong merah juga efektif untuk mengatasi masalah asam urat. Air rebusan daun binahong merah dapat menurunkan purin yang menjadi penyebab asam urat, serta mencegah pembentukan asam urat yang berlebihan. Kandungan flavonoid dalam daun binahong merah juga berkhasiat untuk mencegah pembentukan asam urat, sehingga cocok untuk menjadi obat alami asam urat.

6. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Kandungan flavonoid dalam daun binahong merah dapat membantu menjaga kesehatan jantung dengan melindungi arteri dari kerusakan akibat radikal bebas. Selain itu, kandungan seratnya juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah.

7. Mengatasi Masalah Pencernaan

Daun binahong merah dapat membantu mengatasi masalah pencernaan seperti sakit perut dan sembelit. Kandungan saponin dalam daun ini dapat membantu mengatasi peradangan pada saluran pencernaan dan meningkatkan pergerakan usus.

8. Meningkatkan Tekanan Darah

Bagi yang memiliki masalah tekanan darah rendah, Hasil riset pada Journal of Advanced Pharmaceutical Technology & Research, mengonsumsi daun binahong merah dapat membantu menjaga tekanan darah tetap normal. Ambil delapan lembar daun binahong merah dan rebus dalam dua gelas air, kemudian minum ramuannya sekali sehari.

9. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Beberapa riset ilmiah menunjukan bahwa kandungan minyak atsiri dalam daun binahong merah dapat membantu merawat kulit dan mencegah penuaan dini. Kamu dapat menggunakan ekstrak daun binahong merah sebagai masker wajah atau tambahkan dalam produk perawatan kulit.

10. Mengatasi Jerawat

Selain itu, daun binahong merah juga baik untuk mengatasi jerawat. Kandungan antibakteri dalam daun ini dapat membantu membunuh bakteri penyebab jerawat, sehingga jerawat dapat sembuh dengan cepat. Daun binahong merah juga efektif untuk menghilangkan komedo dan mengurangi penampilan wajah.

11. Mengatasi Gejala Hemoroid

Hemoroid merupakan kondisi yang ditandai dengan rasa gatal yang kuat di sekitar area anus, iritasi, nyeri, pembengkakan di dekat anus, dan ketidaknyamanan saat buang air besar. Sifat antiinflamasi dan analgesik dari daun binahong dapat membantu mengurangi pembengkakan, peradangan, dan pendarahan yang terkait dengan hemoroid.

12. Melindungi Tubuh dari Radikal Bebas

Daun binahong merah juga bermanfaat untuk mencegah dan melindungi tubuh dari radikal bebas. Radikal bebas adalah senyawa kimia yang dapat merusak sel-sel tubuh dan menyebabkan berbagai penyakit. Dengan mengonsumsi daun binahong merah yang kaya antioksidan, tubuh kita dapat terlindungi dari bahaya radikal bebas.

Cara Mengkonsumsi Daun Binahong Merah

Daun binahong merah dapat dikonsumsi dalam bentuk rebusan atau ekstrak. Kamu dapat mengonsumsinya sebagai teh atau mencampurkan ekstrak daun binahong merah ke dalam minuman atau makanan lainnya. Namun, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter atau ahli kesehatan sebelum mengonsumsinya, terutama bila memiliki kondisi kesehatan tertentu atau sedang dalam pengobatan.

Itulah beberapa Manfaat Daun Binahong Merah untuk Kesehatan, semoga bermanfaat ya.

Baca juga:

Referensi

  1. Silalahi, M. (2024). Utilization and bioactivity of Anredera cordifolia (Ten.) Steenis. GSC Biological and Pharmaceutical Sciences26(2), 128-134.
  2. Suliska, N., Insanu, M., & Sukandar, E. Y. (2021). Antihypertensive activity of combination of anredera cordifolia (Ten.) V. Steenis and Sonchus arvensis L. leaves on Epinephrine Induced male Wistar Rat. Journal of Advanced Pharmaceutical Technology & Research12(4), 384-388.
  3. Sulfianti, A., Firdausi, N., Nurhadi, N., Ngatinem, N., Agustini, K., & Ningsih, S. (2023). Antidiabetic activity of Anredera cordifolia (Ten.) Stennis extracts with different ethanol percentages: an evaluation based on in vitro, in vivo, and molecular studies. Pharmacia70(1), 39-47.
  4. Kusriani, H., Susilawati, E., & Nurafipah, L. (2023). Antidiabetic Activity of Combination of Binahong (Anredera cordifolia Ten. Steenis), Cherry (Muntingia calabura L.) and Brotowali (Tinospora crispa L.) Extracts. Journal of Pharmacy and Bioallied Sciences15(2), 75-80.
  5. Rissa, M. M., & Handayani, Y. O. (2022). Comparison of The Effectiveness of Ethanol Extract and Infusion of Leaf of Binahong (Anredera Cordifolia Steen) as Antidiabetes In Male Rats Alloksan Induced. Asian Journal of Healthy and Science1(2), 68-73.
  6. Taslim, N. A., Yuliana, I., Djide, M. N., & Rifai, Y. (2021). Antioxidant activity of binahong (Anredera cordifolia (Tenore) Steen) simplicia Leaves. Nveo-Natural Volatiles & Essential Oils Journal| NVEO, 4413-4419.
  7. Salim, A., Kristanto, D. F., Subianto, F., Sundah, J. E., Jamaica, P. A., Angelika, T., & Maulida, N. F. (2021). Phytochemical Screening and Therapeutic Effects of Binahong (Anredera cordifolia (Ten.) Steenis) Leaves. Indonesian Journal of Life Sciences, 43-55.
  8. Febriansah, R., & Lakshita, H. A. (2021). Co-Chemotherapeutic Effect of n-Hexane Fraction of Binahong (Anredera cordifolia [Tenore] Steen.) on WiDr Colon Cancer Cell Line. Open Access Macedonian Journal of Medical Sciences9(T4), 77-82.
Bambang Niko Pasla

A seasoned writer in the fields of industry, business, and technology. Enjoys sports and traveling activities.